blog dokter taura big ad

SEHAT ITU DIJAGA, SAKIT ITU DICEGAH

Di era pandemi yang serba tak menentu ini, menjadi "sehat" adalah dambaan semua orang. Doa agar kita selalu sehat, menjadikan doa paling diamini oleh semua orang. Kata Aamiin yang benar-benar keluar dari lubuk hati.


mari-jaga-kesehatan

Di era pandemi yang serba tak menentu ini, menjadi "sehat" adalah dambaan semua orang. Doa agar kita selalu sehat, menjadikan doa paling diamini oleh semua orang. Kata Aamiin yang benar-benar keluar dari lubuk hati.

Namun, "sehat" bukan datang begitu saja.  Iya betul, untuk menjadi sehat itu butuh usaha. Gak cukup hanya bermodal rajin minum vitamin, rajin cek up ke dokter dan rajin berdoa. Gaya hidup sehat adalah koentji. Apa saja yang termasuk gaya hidup sehat itu? Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi healthy food.

Gaya hidup sehat adalah koentji

1. Nikmat sehat

Selain nikmat islam, nikmat iman dan nikmat umur panjang, nikmat mana lagi yang sering kita lupakan?

Yes, nikmat sehat!

Sering kali kita tak merasa bahwa sehat itu suatu kenikmatan yang sangat luar biasa. Sehat itu suatu anugerah terindah. 

Mengapa kita sering lupa bahwa sehat itu nikmat? Karena sehat itu melenakan, kadang bahkan membutakan mata hati kita. Kita sering dibuat lupa karenanya, lupa bahwa ada zat yang dengan mudahnya mencabut kesehatan kita, ada zat yang dengan penuh kasih melimpahkan kesehatan buat kita setiap detik, sepanjang hari bahkan tak ada yang tahu kapan anugerah terindah itu tiba-tiba lenyap tak bersisa.

Sering kali kita baru sadar akan betapa nikmatnya sehat itu, manakala kita merasa sakit. Siapa diantara kalian yang pernah terkonfirmasi covid-19? Bagaimana perasaan kalian saat merasakan demam hingga menggigil? Batuk yang tak kunjung reda? Napas yang cekak? Dan Saturasi yang naik turun?

Sering kali kita baru sadar akan betapa nikmatnya sehat itu, manakala kita merasa sakit.

Di saat itu, apa kalian merasakan betapa nikmatnya kesehatan?

Jika ya, di saat kalian sembuh, tidak adakah pikiran bahwa "saya akan berjanji untuk menjaga kesehatan"?

2. Sehat itu Dijaga, Sakit itu Dicegah

Mana ada di dunia ini manusia yang menginginkan sakit? 

Manakala sakit mendera, saat itu kita baru merasakan nikmatnya sehat.

Apakah itu terlambat?

Tidak!

Tak ada kata terlambat untuk sebuah kebaikan. Menyadari bahwa sehat itu nikmat adalah sebuah kebaikan. Untuk kemudian akan membawa pada sebuah kesadaran bahwa "sehat itu harus dijaga", yang pada akhirnya bermuara pada tekad bahwa "sakit itu harus dicegah"

Mana ada di dunia ini manusia yang menginginkan sakit? Tidak ada, kan?

Tapi apakah semua manusia sadar bahwa sakit itu harus dicegah? Tidak juga, kan?

Jadilah manusia yang beruntung, yaitu yang menyadari bahwa sehat itu dijaga dan sakit itu dicegah.

3. Gaya Hidup Sehat 

Healthy-lifestyle-is-the-key

Lantas, apa upaya nyata kita agar kita selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit? 

Paket lengkap itu bernama: Gaya Hidup Sehat

  • Menjaga berat badan ideal
  • Olahraga secara teratur 
  • Mengelola stres
  • Istirahat cukup dan teratur
  • Berpikir positip
  • Konsumsi makanan sehat

Seperti saya tekankan di awal, tak cukup hanya bermodal rutin minum vitamin, cek up berkala ke dokter dan menghindari makanan tertentu. Harus paket lengkap!

Paket lengkap itu bernama: Gaya Hidup Sehat.

Apa itu gaya hidup sehat?

Gaya hidup sehat adalah cara kita menjalani hidup guna menurunkan risiko terkena penyakit, terutama penyakit degeneratif seperti hipertensi, kencing manis, obesitas, stroke, penyakit jantung koroner dll.

Bagaimana penerapan gaya hidup sehat?

4. Sekilas tentang Penyakit Degeneratif 

Penyakit Degeneratif paling sering disebabkan oleh proses penuaan
Pengertian-penyakit-degeneratif

Mengutip artikel tentang penyakit degeneratif di halodoc dijelaskan bahwa penyakit degeneratif terjadi karena adanya perubahan pada sel-sel tubuh yang akhirnya memengaruhi fungsi organ secara menyeluruh. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh proses penuaan. Ya, semakin bertambah usia, fungsi jaringan dan organ tubuh pun semakin mengalami penurunan. Itulah mengapa orang lansia lebih berisiko mengalami berbagai jenis penyakit degeneratif dibandingkan orang-orang muda.

Meski demikian, penyakit degeneratif sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia. Beberapa faktor yang memengaruhi risiko seseorang untuk terkena penyakit ini adalah faktor genetik, riwayat penyakit dan gaya hidup.

Yang termasuk penyakit degeneratif adalah penyakit jantung koroner, hipertensi, stroke, diabetes mellitus, obesitas, hyperuricemia (kadar asam urat tinggi), hypercholesterolemia (kadar kolesterol yang tinggi), osteoporosis, kanker, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, dan masih banyak yang lain.

5. Healthy Food

Salah satu bagian dari gaya hidup sehat, adalah mengonsumsi makanan sehat atau healthy food. Ini bukan berarti harus vegetarian ya. 

Menurut Wikipedia   yang dimaksud healthy food atau Diet sehat adalah  diet yang membantu menjaga atau meningkatkan  kesehatan secara keseluruhan. Diet sehat menyediakan gizi yang penting bagi tubuh, yaitu cairan, macronutrient, micronutrient, dan energi makanan yang cukup.  Diet sehat dapat mengandung buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian dan mungkin hanya mengandung sedikit (atau bahkan tidak sama sekali) makanan olahan atau minuman manis. Diet sehat dapat dipenuhi oleh berbagai makanan yang berasal dari sumber nabati dan hewani.
Menurut  Hardiansyah   selaku Kepala PERGIZI PANGAN Indonesia,  tidak ada istilah 'healthy food' atau makanan sehat melainkan "pangan aman", bergizi dan berkualitas yang kalau diracik sesuai kebutuhan gizi,  manfaatnya bisa membuat sehat


personal-healthy-food-by-dokter-taura


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

4 komentar

  1. Andai deket, aku mau pesan menu sehat buat naikin BB😅

    BalasHapus
  2. Saya kurus, apa harus diet juga dok? Btw GPP juga ya kan Konsul. Siap catet nomernya.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah bersyukur ketika diberikan kesehatan itu yang sering dilupakan, terimakasih dokter atas informasinya 🙏🏻

    BalasHapus
  4. Latifa Nur Windari19 Juli 2021 11.00

    Setuju dokter, penting untuk mengusahakan gaya hidup yang sehat disamping rajin minum vitamin, rajin check up, dan juga berdoa, agar kesehatan tetap terjaga. Terima kasih dokter atas informasinya

    BalasHapus

Posting Komentar