blog dokter taura big ad

CONTENT PLAN: RAHASIA PARA BLOGER JUARA

Yang dimaksud dengan Content Plan adalah merencanakan konten/ artikel blog dalam jangka waktu tertentu. Dengan content plan yang matang dan realisasi yang tepat waktu, maka blog akan terjaga konsistensinya. Dalam hal ini, bukan hanya konsistensi dalam frekuensi update blog, tapi juga konsistensi judul artikel yang sesuai dengan niche blog. Konsistensi ini diperlukan untuk memperkuat personal branding.

content-plan-rahasia-jaga-konsistensi

Pernahkah teman-temin berniat untuk menulis artikel baru dan sudah siap di depan laptop, tapi malah bingung mau nulis apa, alias writing block?
Mau nulis apa nih?
Mau bahas apalagi nih?
Topik A sudah, topik B sudah. Lantas kali ini topik apalagi ya?
Jika teman-temin pernah atau bahkan sering mengalami kebingungan seperti itu, berarti kini saatnya menyusun content plan.
Apa itu content plan? Bagaimana cara membuatnya? Apa manfaatnya?
Baiklah, mari kita bahas satu persatu sambil ngopi dan makan snack ya…

Content Plan: Awal Keberhasilan Seorang Bloger

Content Plan adalah suatu perencanaan pengembangan konten yang dilakukan agar tujuan akhir bisa tercapai. Mulai dari menentukan konten yang seperti apa, platform yang akan digunakan, sampai kapan dipublikasikannya konten tersebut, semua harus direncanakan.

Content Plan akan menjaga kita para blogger supaya tetap pada jalur yang benar

Dengan memiliki Content Plan, kita bisa lebih konsisten untuk membuat postingan blog. Saya sendiri mempunyai target untuk mempublish postingan baru dua hingga tiga kali seminggu. Content Plant tentu saja sangat membantu dalam mewujudkan cita-cita mulia ini, karena kita jadi tahu pada tanggal berapa harus memposting tulisan dengan tema yang sudah direncanakan sebelumnya. Dengan demikian kita akan terlatih untuk rutin menulis dan mengasah kita untuk selalu mematuhi kaidah SEO.

Selan itu, Content Plan akan menjaga kita para blogger supaya tetap pada jalur yang benar. Karena memang ini jadi panduan, mau dibawa ke mana blog kita? Mau seperti apa blog kesayangan kita? Mau ala kadarnya, atau justru ingin menjadi blog dengan jutaan pembaca?

Tidak ada satupun keberhasilan yang instan. Semua butuh proses dan perencanaan yang matang. Demikian juga dengan seorang bloger profesional. Keberhasilannya dimulai dengan menyusun rencana yang konstruktif.

rahasia-jadi-bloger-juara

Manfaat Content Plan

Menjaga Konsistensi dalam Menulis

Secantik apapun template sebuah blog. Sehebat apapun pemilik blog. Bahkan sekuat apapun personal branding dari si empunya blog, akan sia-sia jika tidak terjaga konsistensinya dalam mengisi blog dengan tulisan-tulisan berbobot dan inspiratif. Salah satu cara agar konsisten adalah dengan membuat perencanaan mengenai tema tulisan apa saja yang akan di buat. Perencanaan tersebut bisa dibuat per minggu atau perbulan tergantung dari target yang ingin dicapai oleh masing-masing blogger. Tentu saja dibutuhkan tekat dan komitmen yang kuat untuk merealisasikannya.

Salah satu cara agar konsisten adalah dengan membuat Content Plan

Bye-bye Writer Block

Terkadang ide datangnya tidak selalu muncul tiba-tiba. Ada kalanya seorang penulis kehabisan ide, alias bingung mau nulis apa. Inilah yang namanya Writer Block. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan membuat Content Plan. Pada saat membuatnya, kita lakukan deposit ide. Kita cari keyword yang tepat dan kita tulis di planer. Pada saat akan menulis tinggal mengembangkan ide-ide apa saja yang perlu kita tulis ditambah dengan riset mendalam seputar keyword.

Isi Konten Jadi Penuh Warna

Sesuai dengan tujuan dan niche blog, seorang bloger pasti sudah mempunyai beberapa kategori (label) jenis artikel. Seperti Blog Dokter Taura dengan niche blog seputar kesehatan anak, mempunyai beberapa kategori, antara lain: perawatan bayi, imunisasi, breastfeeding, tumbuh kembang anak, kesehatan anak dll.

Pada saat membuat perencanaan konten dalam sebulan, maka di setiap rencana penayangan tulisan baru diusahakan bervariasi temanya sesuai kategori konten. Tidak mungkin kan, dalam satu bulan kita memposting 30 artikel dalam kategori yang sama? Seperti hidup, dunia blog pun perlu warna-warni supaya makin menarik dan tak gampang dilupakan begitu saja.

Mencapai Target yang Diinginkan

Setiap penulis pasti memiliki target jumlah tulisan yang ingin di post dalam blognya. Nah content plan bisa membantu untuk mengingatkan target-target apa saja yang ingin dicapai karena content plan telah memuat jadwal kapan tulisan tayang dan ide tema yang ingin kita tampilkan dalam blog.

Menghemat Waktu

Pada saat kita sudah di depan laptop dan siap untuk menulis artikel, kita tidak bingung lagi mau menulis apa karena keyword dan bahkan outline tulisan sudah tersedia. Kita tidak akan repot-repot lagi untuk mencari ide, tinggal eksekusinya untuk mengembangkan ide tersebut saat akan menulis.

Membantu Pengembangan Blog

Jika kita sudah berhasil membuat Conten Plan dan merealisasikannya dengan konsisten, maka langkah selanjutnya adalah evaluasi. Cari data sejauh mana blog kita berkembang. Ketika kita sudah mampu menjalankan target yang dibuat sebelumnya, kita bisa upgrade ke level selanjutnya untuk meningkatkan target sehingga blog kita akan semakin berkembang lagi.

Cara Membuat Content Plan

Bagi seorang bloger sejati, menyusun Content Plan bukanlah suatu yang sulit. Namun, harus tetap terarah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan sejalan dengan niche blog. Berikut adalah panduan menyusun Content Plan agar tujuan akhir Anda tercapai:

Tentukan Tujuan dan Target

Tujuan dibuatnya suatu konten harus ditentukan sebelum tulisan dibuat, agar jelas arah yang ingin dituju. Selain itu, menetukan target dari konten juga tak kalah penting. Artikel yang kita buat, baik isi maupun gaya penulisan harus relevan dengan target yang nantinya akan mengonsumsi konten kita.

Buat Kategori yang Jelas

Setelah mengetahui tujuan yang ingin dicapai dan audiens yang ingin dijangkau, saatnya melakukan pengkategorian. Kategori yang kita buat harus sesuai dengan tujuan, niche blog dan target konten. Pengkategorian ini penting agar isi blog kita secara keseluruhan menjadi teratur dan sisitematis, yang akan memudahkan pembaca mencari materi yang dibutuhkan. Kemudahan ini diharapkan bisa membuat pembaca menjadi betah berlama-lama mengunjungi “rumah” kita.

Buat Kalender Editorial yang Rapi 

Selanjutnya adalah membuat kalender editorial yang berisikan semua data lengkap konten yang dibutuhkan. Sebaiknya buat spreadsheet yang isinya berisi kategori, jadwal tanggal, prioritas, status dan jadwal deadline-nya

Pikirkan Konten Selain Teks

Dibutuhkan materi lain selain teks, misalnya gambar, foto, infografis maupun video.

Content is the king. Isi konten adalah nyawa dari sebuah blog. Selain kepiawaian dalam menulis, kesesuaian dengan KBBI maupun PUEBI juga harus diperhatikan. Namun konten yang hanya berisi teks saja, pasti akan membuat pembaca merasa bosan dan kurang nyaman. Karena itu dibutuhkan materi lain selain teks, misalnya gambar, foto, infografis maupun video. Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa membantu kita dalam berkreasi mewujudkan pokok-pokok pikiran ke dalam sebuah animasi, maupun infografis.

Lakukan Riset Seputar Topik

Dalam menyusun Content Plan, penting untuk melakukan riset terhadap topik yang akan dijadikan konten. Dimulai dari menentukan keyword, kemudian menentukan dari sudut mana kita membahas topik dan selanjutnya menulis. Semua tahapan ini sebaiknya dlakukan riset terlebih dulu.
resolosi-blog-dokter-taura-2022

This is My Weekly Content Plan

Blog Dokter Taura bertujuan untuk memberikan edukasi yang benar seputar kesehatan anak, meluruskan beberapa mitos yang tidak jelas kebenarannya dan memotivasi setiap orang tua agar berkomitmen memberikan yang terbaik buat anak-anaknya. Target yang ingin disasar adalah kalangan ibu muda yang haus akan informasi kesehatan anak tetapi mudah terbakar oleh hoax yang menyesatkan, Juga kaum ayah yang selalu ingin maju, selalu ingin selangkah di depan anggota keluarga yang dia pimpin terutama dalam hal pengetahuan seputar kesehatan anak.

blog-plan-weekly-dokter-taura


Referensi

DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

34 komentar

  1. Aku galfok sama ilustrasi dan resepnya pak Dokter...
    Suka sama tulisan pak Dokter yng isinya berbobot tapi ringan dibaca..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak Zulmi. walaupun content (teks) is the king, but illustration still a queen. Kadang lebih lama "nganva" nya lho dari pada nulis artikelnya. Hehehe

      Hapus
  2. Menanti artikel2 selanjutnya yg udah masuk dalam weekly plan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah siap... MAteri sudah ready. TInggal bikin illustrasinya yang kadang blocking....

      Hapus
  3. aduh Dok... kalau orang Medan bilang... "payah nak cakap"
    good article, good illustration ... semua serba good ๐Ÿ˜ฎ

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nanya... anda ini beneran dokter atau seniman graphis ya? ๐Ÿ˜‰

      Hapus
    2. HAhaha.... sini bunda, aku suntik obat awet muda, biar percaya kalau saya dokter. Bikin infografisnya masih belajaran bun... belepotan.

      Hapus
  4. Wah infografisnya bikin gagal fokus dan bagus banget dok, untuk content plan nya sangat terplanning ya dok, ditunggu untuk tulisan tulisan berikutnya, ditengah kesibukan dokter praktek masih edukasi dengan blog yang sangat informatif ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak, sudah mampir ke blog Dokter Taura... Tungguin artikel berikutnya ya

      Hapus
  5. Yang selalu ditunggu2 setiap rabu dan sabtu nih dokter ๐Ÿ˜Š Pemilihan konten yang selalu menarik dengan penyajian kata yang ringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak, target posting memang seminggu 2 kali. Semoga konsisten yes

      Hapus
  6. Ko kreatif banget sih dok pake resep gitu ๐Ÿคญ terbiasa bikin resep. Dokter ya dokt wkwkwk

    Aku banget nih buka laptop ga tau mau nulis apa, mcontent plan memudahkan banget ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu, saya tiap hari Nulis resep, tapi resep obat bukan resep masakan, hehehe... Semoga kita komitmen thd plan yang sudah kita buat sendiri yah

      Hapus
  7. Hai tik birum hahaha.

    Kini mainannya water colour uey hahaha keren selalu ilustrasinya
    .tuh tulisan selalu selalu beda meramunya.

    Kulakan ide dr mana sih pak hahaha

    Aku sebagai orang anti dapur hwkaka liat resep auto melipir tapi kali ini kok jadi mantengin hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Hamim, tema watercolor di grup sebelah lagi happening... Kebetulan saya suka. Semoga istiqomah demi sedikit plan yang kita bikin sendiri ya

      Hapus
  8. Selalu salfok dengan desain infografisnya yang ciamik, Dok :D
    Isinya daging semua dan harus banget nih jadi referensi tambahanku :D
    semangat ya Dok untuk konten-konten bermanfaat lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak ya kak. Infografis memang jadi andalan agar konten jadi makin kinclong. Yuk belajar bareng

      Hapus
  9. ohh ini ya dok alasan kenapa blog dokter taura selalu rutin update materi ditengah kesibukan rutinitas dokter. ternyata sudah punya content plan apa apa aja dengan rapih. meskipun bukan bloger saya bisa membayangkan gimana itu 'writer block' ketika sudah siap mau menulis tapi bingung apa yang mau ditulis karena belum punya content plan๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya teman-temin atas kunjungan ke blog dokter Taura. Sudah punya tekad utk konsisten nih. Doakan ya

      Hapus
  10. Balasan
    1. Assalamualaikum Pak Hamdan... Gimana kabarnya? Wow juga kan?

      Hapus
  11. MasyaAllah, luar biasa sekali dokter satu ini. udah gaya bahasa tukisnanya yang khas, skrg ditambah infograsinya yang outof the box hahah. suka banget dok sama gambarnya. ajarin plissss !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak Sendy... Semuanya pake canva seperti yang sudah diajarkan sebelumya.

      Hapus
  12. Ckckck bigimane ngatur waktunya nie dokter, kagak istirahat pa.. Duh aku ngebayangin kalo dokter Taura udah buka peluang job, duh aku mundur teratur dah wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyantai aja kak. Peluang job? Aamiin... Kalo rejeki, gak kemana...

      Hapus
  13. Ternyata banyak sekali manfaat dari membuat content plan nggih dokter, ditunggu tulisan-tulisan selanjutnya dengan ilustrasinya yang selalu eye catching dan informatif dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak sudah mampir ke sini. Segala sesuatu yang terencana dengan matang, insyaallah hasilnya akan bagus

      Hapus
  14. Iya nih pak dokter infografis nya kece banget, suka ada ajh ide buat jadi berbeda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak... Ide nya suka datang tiba-tiba, eksekusinya kadang bikin pusing. Syukur kalo kakak suka

      Hapus
  15. Ke sini gara2 bunda dina bilang ada resep. Syok banget dong bisa kreatif bikin resepnya wkwkwk keren banget infografisnya ;) artikel jg lengkap pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak kak. Infografis merupakan salah satu senjata supaya pembaca terkesan dan pingin balik lagi. Bener gak sih?

      Hapus
  16. Keren banget dokter blognya sudah terplaning seperti ini, suka sama tulisan pak Dokter yng isinya berbobot tapi ringan dibaca, infograsinya yang eye catching dan informatif dokter. Ditunggu kontennya yang sudah masuk dalam weekly plannya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak... Komennya juga keren lho. Planning yang matang adalah awal dari kesuksesan. Semoga istiqomah ya

      Hapus
  17. Saya galfok sama infografis nya... kreatif banget. Tulisan nya juga bagus, mudah dicerna

    BalasHapus

Posting Komentar