blog dokter taura big ad

PIJAT OKSITOSIN: CARA MUDAH BIKIN ASI MELIMPAH

 

asi-banjir-berkat-pijat-oksitosin


Pijat oksitosin adalah pijatan yang bertujuan untuk meningkatkan produksi ASI dengan jalan merangsang hormon oksitosin yang dilakukan di punggung, tepatnya di sepanjang tulang belakang.

Pijat oksitosin bisa membuat produksi ASI melimpah jika dilakukan secara rutin dan dilakukan dengan kelembutan dan penuh rasa kasih sayang.
Pijat oksitosin bisa membuat ASI banjir jika dilakukan secara rutin

Hormon Prolaktin

Keluarnya Air Susu Ibu (ASI) dari kedua payudara dipengaruhi setidaknya oleh Hormon Prolaktin dan Hormon Oksitosin. ASI diproduksi oleh kelenjar payudara. Didalam kelenjar payudara terdapat jutaan Alveoli, yaitu kantong penghasil ASI. Hormon prolaktin mempengaruhi sel alveoli untuk menghasilkan ASI. Setiap kali bayi menghisap payudara, akan merangsang keluarnya hormon Prolaktin. Sehingga secara tidak langsung, setiap hisapan bayi pada putting payudara ibu, akan merangsang produksi ASI.

Setelah alveoli memproduksi ASI, maka cairan ASI akan dimobilisasi ke suatu “gudang ASI” di daerah areola yang bernama “sinus laktiferus”, melalui suatu saluran khusus bernama ductus laktiferus. Jadi, ASI yang sudah diproduksi oleh alveoli tidak langsung dikeluarkan melalui beberapa saluran keluar di daerah putting susu, tetapi bermuara dulu di sinus laktiferus.

Hormon Oksitosin

Jika hormon Prolaktin berperan dalam produksi cairan ASI, maka hormon oksitosin bertugas merangsang  kontraksi otot di sekeliling alveoli (pabrik ASI) dan memeras ASI keluar dari pabrik ke gudang ASI. Hanya ASI di dalam gudang ASI yang dapat dikeluarkan oleh bayi dan atau ibunya. Jadi hormon oksitosin berperan penting dalam pengeluaran ASI.

Kondisi yang bisa meningkatkan hormon oksitosin

  • Perasaan dan curahan kasih sayang terhadap bayinya.
  • Celotehan atau tangisan bayi
  • Dukungan Ayah dalam pengasuhan bayi, seperti menggendong bayi ke ibu saat akan disusui atau disendawakan, mengganti popok dan memandikan bayi, bermain, mendendangkan bayi dan membantu pekerjaan rumah tangga
  • Pijat bayi

Selain itu, untuk merangsang pengeluaran hormon oksitosin, bisa dilakukan PIJAT OKSITOSIN

Selain merangsang pengeluaran ASI, pijat oksitosin juga memberikan banyak manfaat

Manfaat Pijat Oksitosin

Salah satu jurus jitu untuk mengatasi ketidaklancaran produksi ASI adalah dengan melakukan Pijat Oksitosin. Selain merangsang pengeluaran ASI, manfaat pijat oksitosin adalah sebagai berikut:

  • Memberikan kenyamanan pada ibu,
  • Mengurangi bengkak (engorgement),
  • Mengurangi sumbatan ASI,
  • Merangsang pelepasan hormon oksitosin,
  • Mempertahankan produksi ASI ketika ibu dan bayi sakit

Urutan Cara Pijat Oksitosin

Berikut adalah urutan teknik PIJAT OKSITOSIN:

  1. Busui duduk rileks bersandar ke depan. Bisa bertumpu pada meja atau sandaran kursi. Kedua tangan dilipat diatas meja atau memeluk sandaran kursi
  2. Sebelum mulai dipijat, busui boleh melakukan kompres hangat lalu lakukan breast massage sendiri
  3. Partner pijat oksitosin sebaiknya suami tercinta, tapi jika suami berhalangan bisa ibu, adik atau keluarga yang lain
  4. Busui yg hendak dipijat harus dalam kondisi telanjang dada. Pemijat berdiri dibelakang busui dan mulailah memijat di sepanjang sisi tulang belakang
  5. Pemijat menggunakan dua kepalan tangan dg ibu jari menunjuk ke depan. Tekan ibu jari dengan kuat dan gerakkan membentuk lingkaran lingkaran kecil. Gerakkan melingkar perlahan menuju ke arah bawah hingga sebatas tali bra
  6. Satu sesi Pijat Oksitosin berdurasi kurang lebih 3 hingga 5 menit
  7. Pijat Oksitosin bisa dilakukan kapan saja terutama sesaat sebelum menyusui atau memerah ASI
  8. Pada saat memijat busui, Ayah harus mampu menciptakan suasana damai penuh kemesraan. Lakukan dengan sepenuh hati dan segenap cinta, jangan lakukan aktivitas ini terpaksa. Lakukan sambil ngobrol santai dibumbui senda gurau.

Untuk lebih jelasnya, mari kita saksikan tutorial cara pijat oksitosin berikut ini:



Apakah dengan pijat oksitosin, produksi dan pengeluaran ASI dijamin lancar? Produksi ASI akan melimpah?


Ini dia 10 Tips ASI Lancar

Apakah dengan pijat oksitosin, produksi dan pengeluaran ASI dijamin lancar? ASI akan banjir?Belum tentu!

Selain melakukan pijat oksitosin hendaknya busui memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Busui harus selalu “positive thinking” atau merasa yakin dan percaya diri bahwa akan sanggup memberi ASI ekslusif. Bila ibu selalu berpikiran bahwa “ASI saya kurang” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin utk bekerja lambat. Dan akhirnya pengeluaran ASI menurun.
  2. Busui harus senantiasa dalam kondisi “positive feeling” yaitu merasa nyaman, happy, tidak was was, tidak galau apalagi panik. Kondisi psikologis ibu ini sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif
  3. Tingkatkan frekuensi dan intensitas menyusui. Upayakan menyusui hingga tuntas, hingga kedua payudara kosong. Makin sering dikosongkan makin lancar produksi ASI.
  4. Pastikan bahwa teknik menyusui sudah benar. Pilih salah satu posisi menyusui yang paling nyaman bagi ibu dan bayi.
  5. Inisiasi Menyusu Dini (IMD) sangat penting.
  6. Hindari penggunaan dot (botol susu) ataupun empeng. Selain menyebabkan bingung puting, penggunaan dot/empeng terbukti akan memperpendek durasi bayi minum ASI eksklusif.
  7. Busui harus makan makanan dengan gizi berimbang dan minum dalam porsi yang cukup. Ibarat sebuah pabrik, makanan dan minuman busui adalah bahan bakunya.
  8. Lakukan perawatan payudara dengan pemijatan payudara dan kompres air hangat.
  9. Pemberian vitamin ataupun obat perangsang ASI (lagtagogue) bisa saja digunakan, tetapi bukan faktor paling penting atau faktor utama yang berpengaruh
  10. Pemilihan sarana kesehatan tempat bersalin, jadi SANGAT penting! Pilih RS/RB yang "sayang bayi"

Salah satu kontribusi positip yang bisa diberikan seorang suami adalah dengan melakukan pijat oksitosin

Menyusui bukanlah perkara mudah, tapi bukan pula sesuatu yang rumit. Faktor yang mempengaruhi kesuksesan menyusui eksklusif selama enam bulan tidak hanya ditentukan oleh faktor ibu, faktor bayi dan faktor proses menyusui itu sendiri. Namun, juga sangat dipengaruhi oleh dukungan seluruh anggota keluarga, terutama suami. Salah satu kontribusi positip yang bisa diberikan seorang suami adalah dengan melakukan pijat oksitosin.

Walaupun bukan satu-satunya kunci keberhasilan menyusui, pijat oksitosin akan menawarkan solusi jitu saat ASI tak kunjung lancar. Dengan pijat oksitosin secara rutin dan teratur, banjir ASI hanya tinggal menunggu waktu.


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

37 komentar

  1. Kebayang enaknya dipijat oksitosin ini, awal-awal nyusui dulu asi ku emang mampet sampe bengkak dan berujung demam.. Huu sakitnya minta ampun. Baru kemudian pake cara pijat oksitosin ini, dan terus meningkatkan intensitas menyusui barulah hari ke 4 lancar jaya.senangnya bukan main. Sekarang kalao udah mulai seret asi nya lgsg deh pijat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah nyoba memijat suami dengan teknik pijat oksitosin kah? Waktu istri menyusui anak pertama dulu, kami gantian lo melakukan pijat oksitosin. Tahu gak hasilnya gimana? Umur 13 bulan, si sulung sudah punya adik!

      Hapus
  2. Dok kaalau anak sudah satu tahun dan produksi asi menurun, pijat oksitosin efektif juga nggak ya untuk menaikkan produksi? Atau ada tips yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong. Tapi ingat, pijat oksitosin hanya 1 dari 11 tips ASI lancar. Yuk semangat yuk... Di QS. Al baqarah 233 diperintahkan untuk menyempurnakan menyusui hingga 2 tahun. Kalo yakin... pasti bisa

      Hapus
  3. Dokter ijin bertanya,, apakah benar pijat otoksidan ini tidak boleh dilakukan pada orang yang encok? Sebab akan menjadi batu?

    Ada juga yg bilang, boleh tapi harus dilakukan oleh orang yg sungsang (lahirnya kaki dulu)?

    Apakah semua itu benar, atau sebatas mitos? 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo encok dipijat punggungnya, malah keenakan lho... Prinsip pijat oksitosin selain relaksasi juga merangsang pengeluaran hormon oksitosin. Yang lain: mitos

      Hapus
  4. Menyusui bukanlah perkara mudah, tapi bukan pula sesuatu yang rumit....

    Jadi inget anak² nih dok, Alhamdulillah kedua anakku full asi selama 2 thn, malah si adik dapet tambahan bonus 1 thn karena sulit di sapih hehehe ....

    Hanya saja mungkin karena minim ilmu pada saat itu, saya kesulitan memompa asi, asi melimpah tapi ga bisa di pompa, al hasil itu bayiiik nempeeeel kaya prangko hari-harinya. Emak ga bsa ngapai² hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu, menyusui itu memorable banget, dan gak bisa diulang! Rugi kalo ditinggalkan, ya gak?
      Ah pak dokter kayak yang pernah menyusui aja...

      Hapus
  5. Masya Allah kok pas banget sih hahaja. Ini karena udah masuk keilmuan yang di kuasai jadi nulisnya macam lagi ngomong ya dok...


    Aku tahu pijak oksitoksin ini saat ikut oerawatan pasca lahiran anak pertama. Iyes! Suami. Siapa lagi yg dimintai tolong ya beliau ini yg sering mijetin pas asi seret.

    Sebenrnya pas asi g seretpun manja minta dipijat hahaha..

    Seban booster asi bangetkan kalau perasaan happym

    Tipsnya oke dan beberapa udah lakuin..perlu nih nyoba yang belum pernah dipraktikin .

    Berkah ilmunya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Kalau mau mempraktikkan lengkap tips2 dari saya, masih ada kesempatan nambah momongan lagi lo buk

      Hapus
  6. Assalamualaikum dokter, mohon ijin bertanya.
    1. Yang saya pahami tujuan pijat oksitosin di lakukan oleh suami / pun keluarga agar bisa menciptakan rasa nyaman yang akan menjadi faktor perangsang hormon oksitosin juga. Lantas bila memang untuk mengarah pada rasa kenyamanan saja dan saat ini juga sudah banyak terapist2 home care yang menyediakan jasa ini apakah jika pijat ini dilakukan oleh mereka angka keberhasilannya tidak seefektif dengan suami ?
    2. Sebaiknya seberapa sering dilakukan hingga mempengaruhi produksi ASI?
    3. Terkait rasa percaya diri seorang Ibu dengan produksi ASI. Bagaimana sebenarnya ras percaya diri itu sebegitu berpengaruhnya dengan hormon oksitosin tersebut dokter?
    Mohon arahannya. Terimakasih banyak dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pijat oksitosin sebaiknya dilakukan oleh keluarga terdekat (suami, ibu, kakak perempuan dll). Terapis hanya memberikan arahan saja.
      2. Dilakukan rutin lebih baik. Frekuensi menyesuaikan kebutuhan dan kesempatan
      3. Pengaruh nya besar banget. Kayak mau nyalain TV tapi gak ada remote nya

      Hapus
  7. Mohon izin bertanya dokter,
    Apakah faktor usia pasa ibu menyusui mempengaruhi produksi ASI itu sendiri? Karena ada kasus dilapangan usia ibu 40 tahun saat ini memiliki anak ke 3 usia 1 bulan dan ibu merasa asi yang keluar sedikit tetapi si bayi kuat ketika menyusui. Tetapi sepertinya si ibu belum mencoba pijat oksitosin ini, apakah pijat oksitosin ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini atau mungkin ada tips lain nggih dokter
    Mohon pencerahan nya dokter terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar, faktor umur ibu juga mempengaruhi keberhasilan menyusui. Namun faktor ini bukan yang utama ya... Iya, betul! Bisa dicoba pijat oksitosin ini

      Hapus
  8. Assalamualaikum dokter, izin bertanya, apakah untuk ibu yang mengalami stress dan kelelahan juga dapat mempengaruhi produksi ASI ? Terimakasih banyak, wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam. Saat seorang ibu stres dan kelelahan, hormon prolaktin dan oksitosin jadi malas keluar. Akibatnya produksi dan pengeluaran ASI jadi berkurang. Tugas kita sebagai seorang suami harus bisa menjadi "obat anti stres" dan anti lelah.
      Apa bisa dok? Bisa dong... Pijat oksitosin jawabnya.

      Hapus
  9. Bermanfaat sekali informasinya dok. Jadi ingin coba minta suami pijetin. Kesuksesan menyusui sebenernya lebih ke faktor ketenangan jiwa ibunya ya , dok. Kalau ibunya seneng, dekat dengan anak, insya Allah lancar menyusuinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, coba aja bu. Ini kesempatan lho bisa bertanya ria sama suami. Kapan lagi coba, ye kan? Terus setelah pijat, suami dikasih hadiah istimewa deh. Dijamin sebentar lagi bakal menyusui lagi untuk adeknya

      Hapus
  10. artikel ini patut disimpan untuk bekal kelak. Dok kalau mau tanya-tanya pan kapan boleh lah ya. Terima kasih dok sudah mengulas tentang hal ini. Oh iya jadi ingat mau bertnaya, kalai ASI tidak keluar itu biasanya disebakan karena apa ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASI gak keluar karena apa hayo? Ini jawabannya 4 SKS sendiri lho... Tunggu next artikel ya.. Jangan lupa like and share artikel ini ya

      Hapus
  11. Sering saya menjumpai teman istrinya tidak bisa mengeluarkan ASI. Apa saja dok faktor yang menyebabkan? Karena sejatinya ASI sudah ada untuk bayi. Tapi pas udah lahiran tidak keluar ASI nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo Pak Gi, gak boleh melakukan "pijat oksitosin" ke istri teman lo! Awas ya... Mau ikut bantu teman atasi masalah ASI gak keluar? Gampang kok! Tinggal share konten ini ke grup dimana ada temannya itu. Biar viral pak... #iklan

      Hapus
  12. Baru tahu tentang pijat oksitosin nih.Semoga di anak ke 2 nanti bisa jadi alternatif untuk memperlancar asi dengan pijat oksitosin ini.
    Makasih dok informasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya pijat oksitosin ini tidak hanya bagus untuk atasi ASi kurang. Utk busui yang ASI nya lancar juga bagus kok. Kapan lagi bisa bermanja ria ke suami? Relaksasi itu penting!

      Hapus
  13. Bacanya sambil manggut-manggut buat bekal ke depannya. Sekarang mau share dulu ke kawan-kawan yang lagi menyusui. Terima kasih atas kuliahnya, eh ulasannya dok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menginspirasi ya kak... Jadi pingin nikah, pingin segera punya bayi, pingin pijat oksitosin dst...

      Hapus
  14. Alhamdulillah aku sukses ASI 2 tahun untuk kedua anakku dok. Banyak yang tanya a-z tentang sukses menyusui, tapi ada tahapan yang nggak pernah aku lakukan. Yaitu pijat oksitosin ini. Kebetulan tiap ada yang tanya aku bisa rekomendasiin artikel dokter yang ini, apalagi kondisi tiap ibu bisa jadi beda dan mungkin ada yang butuh banget ini. thank youuu dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Congratz ya mom... You are a perfect mother. Sebarkan kebaikan ASI buat sekitarnya. Berhasil mengASIhi 2 tahun bukan final goal ya mom. Ini masih awal. PR sebagai ortu jauh lebih berat ke depannya

      Hapus
  15. Peran suami emang sangat penting ya dok, jdi keinget dlu pas awal busui harus LDM dlu 4bulan..alhamdulillah asi tetep lancar sampai 2 thn, emg harus jalanin tips2nya scara komplit biar hasilnya maksimal. Ga boleh menyerah di satu tips aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow... Ibu hebat. Pak suami pasti bangga... Bisa nabung banyak tuh berkat ASI. Ye kan?

      Hapus
  16. Masya Allah informasinya lengkap banget Dok...
    Jadi ingat dlu juga sering minta dipijat gini ke suami..
    Ingat momen nenteng tas ASIP dan segala printilannya pas kerja, sampai di bilang, hobimu kok bawa tas itu?hehe
    Karena qadarullah usia anak berdekatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh benar kan. Menyusui itu bukan hanya memberi nutrisi terbaik, stimulasi tersempurna, tapi juga memorable moment kan? Memorable gak hanya bagi ibunya, bagi anak juga. Ada "bonding" yang kuat yang gak bisa dilukiskan dg kata-kata

      Hapus
  17. Masyaallah, terima kasih sudah menulis ini ya Dok. Ini wajib disimpan dulu buat bekal kelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa share juga ya ke teman-teman ya. Menebar kebaikan itu berpahala lo

      Hapus
  18. Yulida kusumaningtyas27 Juni 2021 19.13

    Assalamualaikum dokter izin bertanya, untuk meningkatkan produksi ASI kan disebutkan diatas salah satunya sesering mungkin diberikan dan sesering mungkin di kosongkan payudaranya. Yang saya tanyakan apakah proses pengosongan payudara yang dilakukan langsung oleh bayi maupun yang menggunakan alat pumping itu memiliki efek meningkatkan produksi ASI yang sama atau bagaimana nggih dokter ? Terimakasih. Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produksi ASI tidak hanya dipengaruhi oleh satu-dua faktor ya, tapi banyak faktor. Pengosongan ASI hanya salah satunya. Tapi sependek pengetahuan saya, menyusui langsung jauh lebih bagus

      Hapus
  19. Assalamu'alaikum,wr,wb anak saya yang pernah bapak tangani pada usia 2,5 tahun alergi sifadroksil , sekarang kambuh lagi yaitu gatal bintik bintik merah , sekarang usianya 5 tahun berat badannya 12 kg

    BalasHapus

Posting Komentar