blog dokter taura big ad

KENALKAN, NAMAKU: "GOOGLE SEARCH CONSOLE"

Assalamualaikum teman-temin semuanya.
Kenalkan, namaku Google Search Console. Aku terlahir dari dinasti Google. Makanya nama depanku menggunakan nama besar Google. Menurut Om Wikipedia, Aku berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan suatu situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan. Ada juga yang bilang bahwa aku berguna untuk mengoptimalkan kinerja sebuah website di mata Google. Singkatnya, aku tuh sebuah tool untuk optimasi dan mengetahui performa sebuah website.

perkenalkan-aku-google-search-console

Memang sih, keahlianku itu salah satunya adalah mengetahui domain yang memberikan link ke website kalian (referring domain), terus aku juga bisa menilai kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi. Keren kan?  

Gratis tapi Magis

Dulu, aku bernama Google Webmaster Tools, namun sejak 20 Mei 2015, namaku diganti menjadi “Google Search Console”. Keren kan nama baruku?

Meskipun kemampuanku diatas rata-rata dan sangat bisa diandalkan, namun aku adalah tool yang gratis. Ingat ya, tak selamanya yang gratis itu bikin miris. Walaupun gratis, banyak orang menyebutku magis. Begitu kenal, kalian pasti merasa terhipnotis. Semakin kalian mengeksplore keahlianku, semakin kalian tercengang sambil manggut-manggut. Selanjutnya kalian akan merasakan manfaat dari kehadiranku di gadgetmu.

Tak Pernah Berhenti Berbagi

Tahu gak, teman-temin semua… Aku tuh paling suka yang namanya “pagi”. Kenapa? Karena aku paling demen memandang matahari terbit. Dari pertama kali aku dilahirkan, aku bercita-cita ingin menjadi seperti mentari, yang tak pernah lelah berbagi.

Karena itu, tiap saat aku tak pernah berhenti berbagi berbagai manfaat. Sudah tahu belum manfaat apa saja yang akan kalian terima jika kalian sematkan aku di perangkat gadgetmu?

Yuk, ikut aku. Sini aku tunjukkan berbagai manfaat yang siap aku, si Google Search Console bagikan

1. Mengukur Performa Sebuah Situs

google-search-console-itu-gratis

Aku akan memonitor performa sebuah situs dengan memberikan insight tentang bagaimana Google melihat dan menilai situs kalian. Namun, tak hanya memberikan penilaian, aku juga menawarkan solusi yang bahkan orang dari kalangan non IT pun bisa memahami dan membetulkannya sendiri.

2. Mengukur kesuksesan strategi SEO (Search Engine Optimization)

Sebagai bloger yang taat aturan SEO, pernah gak kalian merasa penasaran apakan strategi SEO sudah berjalan dengan baik? Aku punya lho fitur Search Traffic, dimana disitu terdapat opsi Search Analytics yang akan membeberkan keywords paling populer yang membuat orang mengunjungi situs Anda. Informasi yang diberikan pun cukup detail, mulai dari queries (keywords yang diketikkan orang pada browser hingga bertemu dengan situs Anda, pages (landing pages yang orang kunjungi dari organic search), countries (dari negara mana pencarian dilakukan), search type (apakah pencarian dilakukan di Google Images, Video, atau Web), hingga devices (perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian).

3. Menemukan keyword populer

Aku bisa membantu kalian mencari keyword yang paling banyak diketikkan orang hingga bertemu dengan situs kalian. Nah, dari situ, Kalian dapat mengoptimalkannya untuk membuat konten menggunakan keyword potensial tersebut. Kalian juga dapat mengedit konten-konten lama untuk disesuaikan.

Sebagai bloger yang taat aturan SEO, pernah gak kalian merasa penasaran apakan strategi SEO sudah berjalan dengan baik? 

4. Identifikasi Halaman paling populer

Setiap website memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Nah, dari sini aku akan membantu kalian untuk mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Kalian bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

5. Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung

Kalian sudah tahu belum sih kalau aku tuh bisa mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung website kalian. Dengan senang hati aku akan membantu kalian untuk memahami demografi prospek pelanggan sehingga Anda bisa menjangkau target audiens yang tepat.

6. Cek Kompatibilitas di Perangkat Mobile

Jika kalian merasa kesulitan memeriksa kinerja website kalian di perangkat mobile, aku si Google Search Console menyediakan fitur Mobile Usability yang membantu Anda untuk mengecek kompatibilitas website di perangkat mobile. Selain itu, aku juga akan memberikan rekomendasi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja website di perangkat mobile.

7. Cari Tahu Backlink ke Website Kalian

Backlink adalah salah satu indikator penting dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Bagi siapa pun yang berkecimpung di ranah SEO, fitur satu ini cukup penting untuk kalian ketahui, yaitu Links to Your Site.

Fitur tersebut akan membantu Anda untuk mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website Anda. Aku juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan.

8. Periksa Broken Link

Inspeksi broken link penting dilakukan agar kalian bisa memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung di website kesayangan. Jadi kalian bisa langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

9. Identifikasi Masalah Keamanan Website

Semua orang ingin websitenya aman dari serangan hack, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya. Aku siap membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di website kalian. Aku akan memberi peringatan. Dengan begitu kalian bisa memperbaiki masalah keamanan lebih cepat sebelum terjadi hal-hal yang membahayakan website Anda.

10. Submit Sitemap

Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl di website kalian sehingga Google bisa mengidentifikasi website kalian lebih cepat.

11. Inspeksi URL

Jika kalian memiliki sebuah postingan baru di website namun lama di index search engine, Maka kalian bisa memanfaatkan layananku. Aku siap siaga menginspeksi url baru agar cepat terindex.
Walaupun sudah terdapat sitemap yang berguna untuk inspeksi url secara otomatis, namun terkadang sitemap mengalami error sehingga tidak dapat melakukan inspeksi url.

beda-google-analytics-dengan-search-console

Ini Dia Soulmate Aku: Google Analytics

Google Analytics memberi wawasan tentang siapa yang mengunjungi situs kalian dan bagaimana mereka berinteraksi atau terlibat dengan konten kalian. Google Analytics sangat berorientasi pada pengguna dalam artian berfokus pada pengumpulan dan penyajian data tentang pengunjung sebuah situs dan tindakan yang mereka ambil di halaman web kalian.

Google Analytics itu berhubungan dengan statistik menyeluruh dari sebuah website, sedangkan aku, si Google Search Console berhubungan dengan pengoptimalan SEO

Sedangkan aku? Seperti sudah dibahas diatas, aku si Google Search Console akan memberi kalian wawasan tentang kinerja teknis dan SEO yang dapat membantu mengoptimalkan situs kalian dengan lebih baik untuk meningkatkan lalu lintas pencarian organik dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Benang merahnya, aku itu alat yang berorientasi pada pencarian dalam arti menyediakan informasi khusus untuk membantu pemasar digital meningkatkan kinerja situs web mereka dalam hasil pencarian organik.

Ringkasnya, Google Analytics itu berhubungan dengan statistik menyeluruh dari sebuah website, sedangkan aku, si Google Search Console berhubungan dengan pengoptimalan SEO

Referensi:








DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

29 komentar

  1. Luengkaappp Ya Dok, jadi tahu tambahan fungsi lain dari GSC :D. Btw saya kok salfok sama gambar kerajaan, lucu sekali :D

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berkunjung ke blog cupu ini. Menyajikan gambar yang menarik terkadang memang perlu ya kak, biar gak bosen bacanya, hehehe

    BalasHapus
  3. Wah, baca ini secara membaca cerita di negri dongeng nih.. Bacaannya ringan jadi mudah ditangkap.. Hihii,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak Fad. Jadi karena lagi boring nulis artikel dg gaya formal, makanya saya buat gaya penulisan yang out of the box. Syukurlah kalo kak Fad suka...

      Hapus
  4. Masya Allah,, bahasan GSC yang berat bisa jadi ringan baca disini,,hehe Keren pak Dokter,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak kak Zulmi... Lagi pingin keluar dari zona nyaman. Pingin nulis dg gaya yang beda... Alhamdulillah kalo bisa diterima

      Hapus
  5. Baca artikel dokter, berasa lagi cerita ke anak.....meski baca dlm hati, nadaku ngikutin kalo pas bacain anak cerita ,kwkkwkw. Good idea dok, cara penulisan yg unik . T.O.P B.G.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak Windi. Tadinya sempat ragu lo padahal. Cocok gak topik serius dijadikan sesuatu yang nyantai... Alhamdulillah kalo kak Windi suka...

      Hapus
  6. Bener banget. Gratis tapi magis. Bisa meningkatkan performa blog, bisa seo friendly, dan semoga bisa muncul di halaman utama pencarian ya dok. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Aamiin.... Itu ekspektasi yang semoga tidak hanya di mimpi... Semangat

      Hapus
  7. semakin dipermudah nggih dok dengan fasilitas teknologi sekarang dalam mengelola website dan memantau traffic. btw dokter, saya ngefans dengan tulisan dokter yang bisa menyajikan informasi berat dibuat ringan, unik dan menarik 😎

    BalasHapus
  8. Nice info dokterr jadi nambah ilmu nih mengenai google console, dulu saya pernah nulis blog juga pas sma tapi saya malu jadinya saya hapus blognya, belum sempai mengenal google search consule dan filtur lainnya karena dulu hanya sekedar post saja.

    BalasHapus
  9. Kenapa malu Di? Sikat aja gpp. Kalau belum pede, bisa pake nama samaran, misalnya Adi Billar gitu... Ayo bikin blog lagi yuk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena dulu isinya curhatan keseharian dokter yang dibuat cerita gitu, sama isinya ada puisi puisi dokter hehe

      Hapus
  10. Sepertinya yang magis adalah tulisan dokter 😁. Asyik dan bikin ketagihan. Bahan2 yang berat jadi terasa ringan dan mudah diserap. Semoga blognya semakin berkembang nggih dok 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe bisa aja nih.... Makasih ya sudah berkunjung ke sini. Aamiin semoga blog dokter taura bisa mencerahkan dan membawa kebaikan bersama

      Hapus
  11. MasyaAllah Dok, ringan banget bacanya dan lucu pake gambar seperti di negeri dongeng 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bunda Oz... Ringan bacanya, tapi masih berat materinya, hehehe....

      Hapus
  12. Manteep nie dokter, unyu banget ini blognya, bikin betah. Btw, aku senang bisa kenalan sama kamu, hey google search console! Aku salah satu fans beratmu. Tq sudah bermanfaat buat aku, blogger amatiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey, salam kenal juga nih.... Tetap semangat ya, tak ada sesuatu bisa jadi besar kalu tidak dimulai dari yg kecil

      Hapus
  13. Informasi yang menarik dan bermanfaat dokter, jujur saya masih belum tahu banyak mengenai fasilitas-fasilitas yang berguna untuk meningkatkan kinerja suatu blog, tapi dokter bisa menjelaskannya secara ringan jadi saya tidak sulit untuk memahaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saya juga baru tahu setelah mengikuti kelas blogging di BLOGSPEDIA. Kelasnya asik, materinya berbobot

      Hapus
  14. Ini yang membuat menarik tulisan dari dokter, ringan dan mudah dipahami serta informatif, bagi saya yang gaptek dan belum bisa menulis dengan baik 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak kak. Sering-sering mampir kesini ya. Artikelnya walaupun retjeh tapi bermanfaat lho...

      Hapus
  15. Jatuh cinta nih sama dr Taura... ech salah 🙃...
    Terpana dan terpesona selalu dengan postingan pak Dokter 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bunda... Masih mengasah menulis artikel denga berbagai gaya. Memang saya ini kata orang: "kakean gaya". Gakpapa ya bun, yang penting "banyak gaya banyak rejeki"

      Hapus
  16. Mebaca tulisan ini berasa membaca cerita y dok. Kayak dongeng sebelum tidur.


    Aku jadi ngeh sekrag. Ya iya. Hubungan antara GA dan GSC.

    Teman temin sudah paham ini ya habis abca tulidan ini hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Efek lama gak nulis cerpen, bun... Sejak fokus di blogspedia, vakum gak nulis cerpen... Ini sudah gatal rasanya

      Hapus

Posting Komentar