blog dokter taura big ad

YUK KENALAN DENGAN "GOOGLE ANALYTICS"

Bagi para bloger dan praktisi bisnis online, mungkin sudah tidak asing dengan layanan gratis yang disediakan oleh google ini. Buat pembaca yang belum familiar dengan istilah “Google Analytics”, berikut ini akan saya kupas tuntas apa itu google analytics.

Sebagai seorang bloger, saya tentu kepingin tahu statistik pengunjung Blog Dokter Taura, seperti sebaran umur, jenis kelamin, profesi bahkan hobby pengunjung blog saya. Data ini penting untuk mengembangkan konten blog. Sehingga pengunjung blog akan setia mengunjungi blog. Tidak lucu kan, jika pengunjung saya kebanyakan usia 15-19 tahun, kemudian saya membuat konten tentang perawatan bayi baru lahir? Informasi tentang karakteristik pengunjung blog juga diperlukan sebagai sumber inspirasi dalam mencari keyword sebuah artikel blog.

kenalkan-namaku-google-analytics

Berbeda denga pelaku bisnis online yang menggunakan web atau blog sebagai basis marketing. Data statistik pengunjung web atau blog berguna untuk evaluasi, menetukan market segment sekaligus pengembangan produk baru

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web

Pagi bloger pengguna platform blogspot, tentu sudah mengenal salah satu menu disana, yaitu menu “Stats” yang akan menampilkan jumlah pengunjung blog per hari, disertai beberapa data karakteristik pengunjung seperti dari perangkat apa pengunjung mengakses blog kita, bermula dari referensi mana, lokasi pengunjung blog dsb. Di google analytics kita akan disuguhi data yang jauh lebih lenglap dan akurat.

Kenalkan, namaku Google Analytics

Menurut Wikipedia, Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat google.com/analytics/. 

Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Pendek kata, meskipun google analytics ini tidak berbayar, namun data yang disajikan sangat lengkap, tepat, akurat dan tepercaya.

Pada Oktober 2020, google mengeluarkan Google Analytics versi baru berlabel: Google Analytics 4. Pada Google Analytics 4 mengalami beberapa peningkatan, seperti penyederhanaan dashboard dan penghilangan konsep bounce rate.

google-analytics-tool-terbaik

Beberapa Istlah dalam GA

Untuk mendalamai dunia GA, ada baiknya kita memahami terlebih dulu beberapa istilah teknis yang akan sering dijumpai dalam menggunakan tools wajib para pemilik web atau blog ini.

Berikut adalah beberapa istilah teknis di Google Analytics dan penjelasan lengkapnya:

  • Organizations: Ketika Anda memiliki banyak produk dan metrik untuk diukur, Organisasi adalah mengelompokkan kesemuanya dalam satu “folder”. Lewat Organization, Anda bisa menggunakan beberapa layanan Google sekaligus seperti Analytics, Tags Manager, dan Optimize. Anda juga bisa mengatur user, akses data, dan integrasi antar-produk.
  • Properties: Properti adalah sebutan untuk website, aplikasi, atau perangkat yang dilacak oleh Google Analytics.
  • Views: Kelompok data yang ingin dilihat. Fitur ini biasa digunakan untuk memisahkan traffic organik, traffic berbayar, traffic subdomain, dan sebagainya.
  • Session: Jumlah interaksi antara website dengan pengunjung.
  • Bounce Rate: Jumlah pengunjung yang meninggalkan website setelah melihat satu halaman saja.

Cara Memasang Google Analytics di Blog

Cara memasang GA di blog tidaklah sulit namun tidak juga semudah membuat mie instant. Ketelitian dan kejelian sangat dibutuhkan dalam hal ini.

1. Buat akun baru di GA

2. Buat dan pilih jenis property

3. Pasang Web Property ID ke Dashboard

Dalam teknik memasang GA ini, saya banyak belajar dari blogspedia dengan coach yang super sabar: Coach Marita Ningtyas 

Cara Menggunakan GA

google-analytics-tepercaya

1. Home

Pada fitur ini akan disajikan beberapa data yang sifatnya umum, seperti jumlah pengguna aktif, asal daerah pengguna, jam-jam ramainya blog dikunjungi, dan postingan/ halaman blog yang paling banyak dibaca pengguna.

2. Realtime

Menu Realtime pada Google Analytics menunjukkan jumlah pengunjung dan halaman mana saja yang sedang dikunjungi pada saat itu. Selain jumlah pengguna, ada laporan postingan apa yang dalam 30 menit terakhir diakses, asal daerah pengguna dari mana, serta sumber traffic (apakah direct link atau organic/ google).

Pada menu “realtime” akan kita temui submenu “overview” atau ringkasan. Jika kita klik submenu ini, maka secara otomatis google akan menyajikan data sebagai berikut:

    • Jumlah user yang membuka web secara realtime
    • Pembagian user berdasarkan device yang digunakan untuk akses web (dekstop vs mobile)
    • Pageview per menit
    • Pageview per detik
    • Top referral
    • Top social traffic
    • Top keywords
    • Top active pages
    • Top locations

3. Audience

Jika kita ingin menelusuri data lebih lanjut tentang siapa saja yang mengunjungi website, dari mana asal mereka, dan apa saja ketertarikan mereka maka jangan kuatr. Google Analytics sudah menyediakan informasi tersebut pada menu Audience.

Jka kita klik menu Audience > Overview, maka sepersekian detik akan tersaji beberapa data penting mengenai:

  • Jumlah pengguna (users)
  • Jumlah tayangan halaman (page views)
  • Jumlah pengguna baru (new users)
  • Jumlah halaman dibuka dalam satu sesi
  • Jumlah sesi
  • Jumlah sesi per pengguna;
  • Bounce rate / sesi pantulan
  • Demografi berdasar bahasa, negara, dan kota
  • Sistem operasi yang digunakan;
  • Informasi sistem operasi ponsel yang dipakai audiens.

Jika kita kepingin tahu usia dan jenis kelamin pembaca, maka kita tinggal klik menu Audience > Demographics

Jika kita ngin tahu topik yang disukai oleh pembaca, silakan klik menu Audience > Interests

Dalam menu Audience > Interests, ada tiga pilihan sub sub menu, yaitu: Affinity categories, In-market segments dan other categories. Buat para bloger yang mengandalkan artikel sesuai niche blog, sebaiknya fokus di “Affinity Categories”. Sedangkan pemilik web atau blog yang tujuan utamanya untuk bisnis online, sebaiknya fokus di “In-market Segments”

google-analytics-terlengkap


4. Acquisition

Pada menu Acquisition, kamu dapat melihat dari mana saja pengunjung menemukan website kita. Fitur ini sangat berguna untuk melacak keberhasilan campaign atau usaha optimasi website yang sedang berjalan.

Dari fitur ini, pemilik blog jadi tahu berapa persen pengunjung blog yang berasal dari pencarian organic (SEO), dari iklan, dari sosmed dan lain lainnya.

5. Behavior

Pada menu Behavior, kita dapat melihat bagaimana pengunjung berinteraksi dengan halaman dan konten di website.

Dengan fitur ini, kita dapat melacak halaman mana saja yang yang sering dikunjungi dan menjadi landing page, melacak perjalanan pengunjung selama berada di website, dan data kecepatan website.

Biasanya saat kerjasama dengan klien, ada kalanya mereka minta laporan pageviews. Nah, bisa melihatnya dari menu konten situs ini. Caranya, tuliskan judul postingan yang mau dicek viewsnya. Gunakan tanda garis (-) untuk memisahkan per kata, sama kaya susunan url.

Sebenarnya masih banyak menu yang bisa kita explore di GA 4 ini. Semua demi untuk optimasi dan pengembangan blog kita. Data sudah tersedia dari segala aspek yang validitasnya tidak perlu diragukan lagi. Pilihan ada pada kita selaku pemilik blog: mau jalan di tempat atau berlari kencang menuju kesuksesan?



DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

16 komentar

  1. Etuk sekali,Dok. Banyak sekali fitur hang kalai dibahas bisa panjang, jisa jadi banyak topik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju pak. Karena ini "mainan baru" bagi saya, monmaap kalo artikelnya kurang greget. Belum bisa kasih contoh cara analisis nya... Next time deh kalau blog dokter taura views nya sudah jutaan, hehehehe

      Hapus
  2. Kalau pakai google analytics memang lebih lengkap dan akurat ya kalau mau liat insight blog kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tinggal kita nya aja... Mau gak bersusah payah menganalisis data yang sudah tersedia... Semangat yuk...

      Hapus
  3. Dari pertama ngeblog cuma liat2 statistiknya di dhasboard blog aja. Ternyata ada GA yg lebih komplit,.lengkap, akurat. Mksh dok artikelnya pun lengkap

    BalasHapus
  4. Iya betul, ternyata di GA datanya lebih lengkap. Baru nyadar ya bahwa di dunia ini yang gratisan hanya 2: GA sama blogspedia coaching class

    BalasHapus
  5. Wow akhirnya sampai di titik ini. Dan karena tugas ini istilah yang ditulis pak dokter udah ga roaming lagi di otakku hahahaha


    Wuih perkenalananya panjang dok hehhee. Dan harus semakin akrab ma GA ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenalannya panjang memang, biar segera dipinang sama google Adsense, hehehe

      Hapus
  6. Wah, lengkap dan menarik sekali tulisannya dok, aku suka gambaq ilustrasinya, fresh! Sejak kenal GA jadi sering bulan dan lihat grafiknya ya Dok 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bunda Oz. Kadang bikin gambarnya lebih lama ketimbang tulisnya, hehehe... Setuju, GA sangat membantu kita para bloger pemula nan cupu ini

      Hapus
  7. Dlu ngecek cma pake menu di dashboard aja dah lmyan ngebantu, skrg dah paham google analytics makin lengkap dan lebih akurat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, GA sangat membantu para bloger amatir seperti aku. Makasih juga blogspedia dan Coach Maritaningtyas

      Hapus
  8. Entah walau sudah kenalan sama ga, setiap ketemu aku masih suka canggung dok, :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, jangan hanya kenalan... Kentjan dong tiap malam, biar makin mesra

      Hapus
  9. suka lihat dan baca tulisan pak Dokter, jelas dan menarik banget. keren

    BalasHapus
  10. Makasih banyak bunda Dina... Saya masih belajaran bunda. Kalo bunda Dina mah udah master dalam dunia tulis menulis

    BalasHapus

Posting Komentar