blog dokter taura big ad

SELAIN KONSISTENSI, INI YANG DIBUTUHKAN BLOGER

Ternyata, konsistensi saja belum cukup untuk menjadi bloger profesional. Ada hal penting yang harus dibangun sejak awal dan selayaknya dijaga eksistensinya, yaitu Personal Branding.Dengan personal branding yang kuat, seorang bloger akan senantiasa melekat di hati pembaca.

SElain-konsistensi-personal-branding-juga-penting

Apa itu Personal Branding? Seberapa pentingkah sebuah personal branding untuk bloger? Bagaimana cara membangunnya? Bagaimana cara memupuk dan menjaga eksistensinya? Bagaimana dengan Blog Dokter Taura, mau branding seperti apa?

Yuk simak ulasan berikut ini.

Personal Branding, Apaan tuh?

Mengutip dari Kompasiana dalam sebuah artikelnya “Apa Sih Personal Branding (Citra Diri)?”, bahwa Personal Branding adalah “Bagaimana cara kamu memperkenalkan diri kamu terhadap publik”

Dengan kata lain Personal Branding itu adalah bagaimana seseorang mengembangkan dan memaksimalkan potensi/ketrampilan diri (skill), perilaku (behaviour) dan memahami nilai unggul (value) apa yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya.

Personal Branding adalah suatu persepsi, kesan atau pendapat seseorang mengenai diri kita.

Personal branding itu dibangun oleh dua komponen penting, yaitu komponen utama dan komponen pendukung.

personal-branding-adalah-gantungan-kunci

Yang dimaksud dengan komponen utama adalah value (nilai unggul), skill (kemampuan) dan behaviour (tingkah laku)

Sedangkan yang termasuk komponen pendukung adalah Appereance (Penampilan diri ) dan Uniqueness (keunikan pada diri sendiri)

Beberapa pakar mendefinisikan Personal Branding sebagai suatu cara untuk mempromosikan diri beserta pencapaiannya dalam karier dan keahlian yang dimiliki.

Personal branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum

Pendapat lain mengatakan bahwa, Personal Branding adalah suatu persepsi, kesan atau pendapat seseorang mengenai diri kita.

Personal Branding vs Blog

Jadi, Personal branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra ini kemudian dapat dipresentasikan lewat berbagai jalur, seperti media sosial, blog, situs web pribadi, hingga perilaku di depan umum. Layaknya produk atau jasa, brand personal memberikan gambaran tentang pengalaman yang akan didapat konsumen ketika berinteraksi dengan pemilik brand. Jadi, blog merupakan salah satu alat untuk membentuk citra diri.
Sesimple itu?

Menurut Coach Maritaningtyas dari Blogspedia, sebagai seorang blogger semestinya kita sudah sadar dan meyakini bahwa sebagai bloger, kita memiliki peran yang penting dalam transfer ilmu dan wawasan. Sehingga butuh belajar banyak ilmu, agar perannya bisa dilakukan dengan optimal. Belajar dengan penuh kesungguhan dan update blog secara konsisten merupakan bagian aktualisasi diri sebagai seorang bloger.

Personal Branding: Seberapa Penting?

Personal branding yang kuat, akan memudahkan kita untuk dikenali, baik secara personal ataupun profesional. Orang-orang bisa dengan mudah melihat keahlian, karya, dan pencapaian kita secara online. Personal branding di dunia maya membantu Anda untuk memperoleh kredibilitas, relasi baru, dan bahkan kesempatan baru.

pentingnya-personal-branding-bagi-bloger

Di era digital ini personal branding semakin penting. Sebab HRD, klien, investor, atau calon partner akan mengetikkan nama Anda di Google dan mengecek apakah jejak digital Anda sesuai atau tidak dengan yang mereka butuhkan.
Siapa pun membutuhkan personal branding, baik ia seorang pengusaha, graphic designer, penulis, pelukis, peneliti, programmer, developer, atau bahkan mahasiswa sekalipun.
Berikut adalah lima alasan pentingnya Personal Branding:

  1. Meningkatkan Kepercayaan Orang Lain pada Anda
  2. Memperkuat Kredibilitas
  3. Membangun Rasa Percaya Diri
  4. Memperluas Koneksi
  5. Menunjukkan Diri Anda dengan Apa Adanya

Tips Meningkatkan Personal Branding:

1. Tampilkan Citra Diri Sesuai Portofolio
2. Bagikan Portofolio
3. Buat Website Pribadi
4. Maksimalkan Media Sosial
5. Buat Strategi Konten
6. Bangun Networking
7. Berkolaborasi


How About Me?

Saya (dr. Taufiqur Rahman, SpA) adalah seorang Dokter Spesialis Anak alumnus Universitas Airlangga Surabaya yang lulus sebagai SpA tahun 2009. Saya juga menekuni dunia literasi. Berbagai artikel seputar kesehatan anak sudah pernah dimuat di media nasional, dan beberapa buku antologi sudah terbit sejak tahun 2020.

my-name-is-dokter-taura

Sebagai seorang dokter, saya selalu berusaha menjadi pelayan kesehatan yang edukatif, informatif dan komunikatif, baik di dunia maya maupun dunia nyata. Nilai plus inilah yang akan saya kembangkan sehingga masyarakat akan lebih mengenal saya sebagai dokter yang komunikatif.

Blog seputar dunia kesehatan anak (di Indonesia) yang diasuh langsung oleh Dokter Spesialis Anak, belum banyak

Blog Dokter Taura yang mulai saya kembangkan sejak beberapa tahun yang lalu (dahulu bernama www.taura-taura.com) menjadi salah satu media untuk memperkuat personal branding yang saya bangun. Blog berniche kesehatan anak ini akan saya isi dengan berbagai artikel seputar dunia kesehatan anak, seperti: perawatan bayi baru lahir, imunisasi, tumbuh kembang anak, kesehatan anak, parenting dan semua yang berhubungan dengan dunia anak.

Di Indonesia, blog yang bertema kesehatan dan perkembangan anak sudah mulai bermunculan. Namun blog seputar dunia kesehatan anak yang langsung diasuh oleh Dokter Spesialis Anak, belum banyak. Di segmen inilah saya mencoba mengambil peluang. Target pembaca tentu sudah jelas: ibu-ibu muda, ayah baru, mahasiswa kedokteran, kebidanan dan keperawatan. Dengan menyimak dan membaca artikel-artikel yang ada di Blog Dokter Taura, para orang tua juara akan menemukan rumah baru yang selalu berdiri di garis terdepan dalam membantu mencarikan solusi di setiap masalah kesehatan anak.

Bagi emak-emak yang suka riting kiri tapi belok kanan, akan saya tunjukkan bahaya jika mau belok tanpa menyalakan riting terlebih dahulu. Bagi kaum bapack yang di era global masih percaya dengan “kabar konon” yang sebagian adalah “hoax”, akan saya tunjukkan bagamana cara menyaring mitos dan bagaimana mengubah hoax jadi fact. Caranya? Sangat mudah. Tinggal ketik alamat ini: www.doktertaura.com di browser Anda.\

blog-dokter-taura-kesehatan-anak

Dengan ini, saya deklarasikan: Saya dr. Taufiqur Rahman, SpA. Saya seorang Dokter Spesialis Anak, penulis sekaligus bloger, founder “Blog Dokter Taura”. I am a child health blogger

DAFTAR PUSTAKA

  1. https://www.kompasiana.com/mohamadriyadoh/58e9fb664323bdc216e90c8e/apa-sih-personal-branding-citra-diri?
  2. https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-personal-branding/
  3. https://www.niagahoster.co.id/blog/personal-branding/
  4. https://id.techinasia.com/kiat-personal-branding
  5. https://www.dewaweb.com/blog/strategi-personal-branding/
  6. https://samahitawirotama.com/tips-membangun-personal-branding-yang-kuat/


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

9 komentar

  1. Always khas...

    Mulai dari judul. Isi dan infografis yang diberikan. Beda gtu lho hehehee.

    Mantap pisan dokter. Sampai ada 2 kartu nama y hahaha...


    Gantungan kuncinya ntar diletakin dimana hihihhihi...

    Super!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih mbak Hamim sudah berkenan membaca artikel retjeh ku. Duh, tersanjung aku dipiji khas sama bloger kondang... Btw, kalau artikel2 saya dibilang khas, berarti branding nya menguat dong ya... Yes!

      Hapus
  2. Pengambilan judulnya mantul...
    Isinya tulisannya juga,
    Dan setuju banget, personal brandingnya bener bener mengena ...top

    BalasHapus
  3. Saya selalu terkagum kagum saat membaca blog doktertaura 💕. Dokter selalu memberi ilmu2 baru bagi saya, dari sini saya baru tau bahwa sebagai mahasiswa juga perlu personal branding. Terimakasih banyak dokter 🙏😊

    BalasHapus
  4. Saya sependapat dokter, pentingnya menjaga dan merawat personal branding dalam artian yg lebih luas karena banyak sekali benefit yang didapatkan ketika personal branding kita baik.
    Bismillah semoga bisa mengikuti jejak dokter menjadi pelayan kesehatan yang edukatif, informatif, dan komunikatif 🙏

    BalasHapus
  5. Benar sekali dokter personal branding sangat penting, blog dokter sangat bermanfaat dan banyak ilmunya terutama untuk ibu ibu dan calon ibu karena tidak banyak blog yang membahas kesehatan anak 😊

    BalasHapus
  6. Ternyata sangat penting untuk mempunyai personal branding nggih dokter, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, dan juga terima kasih selalu rutin memberikan informasi yang dikemas secara ringan dan menarik melalui blog ini dokter

    BalasHapus
  7. Infonya bagus sekali dokter, penyampaian personal branding sebagai seorang dokter terdengar ringan dan tidak kaku, informasi yang diberikan terkait kesehatan anak juga sangat informatif 😊

    BalasHapus
  8. Masuk ke sini selalu buat ketawa liat infografisnya, lucu dan ngena jadi mudah diinget, macam dosen yang ngajar :D informatif juga.. :D

    BalasHapus

Posting Komentar