blog dokter taura big ad

BOBOCABIN PADUSAN PACET: MENIKMATI KEMEWAHAN DI TENGAH HUTAN

Bosan dengan staycation yang itu-itu saja? 

Staycation di hotel yang menjulang tinggi, dimana begitu keluar kamar ketemu kamar lagi?

Atau bosan staycation di resort yang area hijaunya tertata rapi dan apik, namun terkesan terlalu manipulatif?

Jika iya, Anda harus mencoba staycation di sebuah penginapan yang lagi viral, yaitu Bobocabin yang unik, nyaman dan yang terpenting suasana yang benar-benar alami. 

Jika masa kecil Anda penah diwarnai kemah atau kamping di hutan, dan pingin sekali mengulang momen itu bareng keluarga, namun segan untuk bermalam di tenda yang minim fasilitas, maka inilah solusi yang sangat jitu: staycation di Bobocabin. 

Staycation di Bobocabin Padusan Pacet Mojokerto

Selain tidur di cabin yang mewah, kita akan disuguhi pemandangan alam yang benar-benar natural. Hawa dingin dan udara sejuk ditambah staf yang friendly membuat Bobocabin layak dapat dua jempol.

Yuk Kenalan dengan Bobocabin

Bobocabin adalah sebuah penginapan dengan konsep elevated camping yang mengusung pengalaman berkemah dengan memadukan penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) dan keindahan alam sekitar.

Bobocabin dikembangkan oleh sebuah perusahaan rintisan akomodasi berbasis teknologi, bernama Bobobox. Iya betul, Bobocabin itu satu manajemen dengan penginapan viral yang low budget: Bobobox.

Bobocabin adalah produk ketiga yang diluncurkan Bobobox sejak berdiri pada tahun 2018 lalu, setelah Bobobox dan Boboliving.

Selain desainnya yang unik, penginapan ini juga dilengkapi dengan fasilitas modern. Setiap kabin didukung teknologi IoT, tamu bisa mengontrol fitur-fitur yang ada di dalamnya, seperti smart glass window, lampu, pintu dan Bluetooth Audio Speaker yang bisa dikendalikan langsung dari gawainya.

Sejauh ini Bobocabin sudah ada di 7 lokasi di Indonesia, yaitu: 

  1. Bobocabin Cikole, Lembang, Bandung;
  2. Bobocabin Ranca Upas, Kota Bandung;
  3. Bobocabin Signature Toba, Toba Samosir;
  4. Bobocabin Kintamani, Bali;
  5. Bobocabin Ubud, Bali
  6. Bobocabin Gunung Mas, Bogor.
  7. Bobocabin Padusan Pacet, Mojokerto
  8. Bobocabin Coban Rondo, Batu
  9. Bobocabin Baturraden, Purwokerto 

Akses Menuju Bobocabin Padusan

Lokasi Bobocabin Padusan Mojokerto cukup mudah, bisa ditempuh dengan perjalanan darat (tanpa melewati jalan tol) dari kota Surabaya. Hanya butuh waktu 1 jam 40 menit dengan kecepatan sedang.

Selain dengan mobil pribadi, akses menuju Bobocabin Padusan bisa dengan kendaraan roda dua, bahkan bus. 

Dari Surabaya, kami melaju ke arah Krian dan belok kiri ke arah Mojokerto. Memasuki wilayah Pacet, jalan mulai menanjak dan berkelok. Petunjuk jalan ke arah lokasi Bobocabin Padusan sangat membantu kelancaran perjalanan. 

Lokasi Bobocabin Padusan sebenarnya menjadi satu dengan pemandian air panas "Padusan" yang melegenda itu. Anda harus melalui portal masuk ke Pemandian air panas Padusan dan harus membayar tiket masuk sebesar 15.000 per orang (khusus weekend).

Bagi para tamu hotel Bobocabin Padusan mendapatkan free pass untuk bisa berendam di Jacuzzi yang ada di pemandian air panas Padusan yang buka 24 jam.

Letak masing-masing cabin di Bobocabin Padusan berjarak 5-10 meter.

Pemandian air panas Padusan merupakan pemandian alami dengan mata air yang berasal dari Gunung Welirang. Konon, sumber mata air panas ini berkhasiat bagi tubuh lantaran adanya kandungan belerang di dalamnya. Selain bisa merontokkan penyakit kulit, mandi di pemandian alami Padusan bisa menjadikan tubuh lebih segar, lebih relax dan penat pun lenyap. Pemandian air panas merupakan salah satu primadona wisata di Pacet.

Cabin di Tengah Hutan

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, tibalah kami di penginapan yang sedang viral saat ini di Jawa Timur: Bobocabin Padusan Mojokerto. Tempat parkir yang tidak biasa, membuat kami kesulitan memarkir kendaraan. Maklum, weekend begini, tempat wisata area Pacet selalu ramai pengunjung. Di Bobocabin Padusan disediakan 34 cabin yang masing-masing cabin berjaraj 5-10 meter. Di weekend nan cerah seperti ini semua kamar sold out, dan kebetulan kami mendapatkan cabin nomor 34. Bisa dibayangkan lokasinya di area paling ujung, paling jauh dari pintu masuk.

Berbeda dengan penginapan berkonsep "hotel" atau pun "resort", di penginapan berkonsep "glamping" (glamorous camping) seperti Bobocabin Padusan ini, tidak menyediakan area lobi. Para tamu hanya disambut oleh 1 atau 2 orang staf yang akan membantu proses check in. Semua proses check in, order makanan, check out hingga komplain dilakukan melalui aplikasi "Bobobox" dengan menggunakan teknologi informasi terkini.

Selain seorang staf yang siap membantu para tamu, di "welcome area" ini tersedia toilet, staff office dan minibar. 

Para tamu akan mendapatkan QR di aplikasi untuk membuka pintu cabin. Keren kan? No card, no key.

Setelah melalui proses check in yang sangat mudah, kami pun langsung menuju area glamping. Disinilah ketakjuban terjadi. Dengan jalanan yang sudah disemen rapi, kami menyusurinya dengan netra tak lepas memandang panorama indah yang tersaji.

Pepohonan rindang yang tingginya puluhan meter menjadi setting utama, diselingi rerumputan dan tanaman perdu yang rimbun, membuat mata tak berkedip sedetik pun. Saya baru sadar bahwa ini adalah area hutan pinus yang benar-benar alami. 

Jalanan yang berkelok dan naik turun membuat saya harus membagi konsentrasi agar tidak terpeleset. Maklum, gerimis sedang asyik-asyiknya bersenda gurau dengan pepohonan nan rindang ini. Saya pun seolah ikut hanyut dalam gurauan alam yang menentramkan.

Aroma hutan, hawa dingin pegunungan, sepoi angin, suara gemericik rinai ditambah bebunyian serangga yang bersahutan dengan kicauan burung, membuat rasa penat dan kantuk lenyap entah kemana.

Fasilitas di Bobocabin Padusan

Selain cabin yang mewah di tengah hutan, di tiap pods disiapkan tempat alas kaki yang terpajang rapi di samping pintu masuk. Disebelahnya ada tempat sampah tertutup yang cukup bersih. Di area depan cabin ada sepasang kursi kayu beserta meja dan tenda yang lumayan lebar. Meja kursi serba guna ini selain untuk memasak BBQ atau steamboat, juga untuk makan bersama, karena para tamu dilarang makan di dalam cabin. 

Area komunal, dapur bersama dan area api unggun adalah fasilitas bersama yang disediakan Bobocabin Padusan

Saya sendiri menggunakan meja kursi ini untuk menggelar laptop di pagi hari nan cerah dengan ditemani secangkir kopi panas, sembari menulis artikel ini.

Oiya, selain yang saya sebutkan diatas, juga ada sebuah wadah besar dari logam yang disiapkan untuk membuat api unggun sambil bakar jagung. Dalam daftar menu, juga ditawarkan jagung manis (mentah) dan kayu bakar. Bisa dibayangkan ya, di tengah hutan yang suram dan dingin, kita nyalakan api sebagai penghangat sekaligus membakar jagung, sembari bersenda gurau bersama keluarga.

Tanpa fasilitas apa pun selain cabin dan seperangkat meja, kursi, payung dll, sebenarnya suasana di Bobocabin Padusan ini sudah sangat nyaman dan indah untuk dinikmati. Walau cuma sekadar berjalan menyusuri area hutan, itu sudah sangat indah untuk dinikmati bareng keluarga. Namun, di Bobocabin Padusan disediakan fasilitas umum untuk dipakai bersama. 

Sharing Kitchen

Adalah dapur bersama yang disediakan Bobocabin Padusan sebagai tempat mencuci peralatan dapur dan juga untuk menghangatkan makanan. Selain disediakan kitchen zink dengan air bersih yang siap mengalir, juga tersedia microwave.

Area Komunal 

Ada tiga area komunal yang disediakan di Bobocabin Padusan yang letaknya di tengah-tengah deretan cabin. Di tempay ini, para tamu bisa nongkrong sembari minum kopi. Ngobrol bareng bestie atau kumpul bareng keluarga sambil menikmati pemandangan hutan pinus nan sejuk, adalah petualangan tak terlupakan, bukan?

Bosan di dalam cabin Bobocabin Padusan, bisa nongkrong di area komunal

Area Api Unggun

Mau stay di Bobocabin Padusan bareng keluarga besar? Atau mau merayakan family gathering bareng teman-teman kantor di Bobocabin Padusan? Bisa banget...

Di Bobocabin Padusan disediakan area api unggun yang cukup untuk 10-15 orang. Kita tinggal order api kayu bakar, dan beberapa petugas akan dengan senang hati membantu.

Api unggun akan hangatkan malammu di Bobocabin Padusan

Bob Helper Camp

"Kenalkan, namaku Bob. Aku dengan senang hati akan membantu Anda."

Bob Helper Camp adalah satu cabin sebagai tempat staff berjaga dan siap menemani para tamu 24 jam. Apa pun kebutuhan tamu, dengan cekatan dan familiar, para staf ini akan dengan senang hati melayani para tamu. Dan semua komunikasi abtara tamu dengan staf atau Bob Helper, dilakukan lewat aplikasi. Mulai dari order makanan, pinjam payung, minta tolong servis kompor portable, hingga hal-hal receh, semua bisa kita lakukan lewat aplikasi Bobobox. Canggih kan?

Dalam kondisi emergensi, kita juga bisa minta pertolongan dengan mendatangi Bob Helper Camp lho. Mereka siaga 24 jam demi kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Room Tour Bobocabin

Setelah memindai kode QR yang sudah terkirim di aplikasi Bobobox, dengan tak sabar saya membuka cabin dengan penuh semangat. Gerimis di area hutan tak ayal menyebarkan aroma khas yang mengingatkan saya pada nuansa pedesaan tempat saya bermain saat kanak-kanak. Suara serangga bersahutan dengan kicau burung seolah menyambut kedatangan kami dengan penuh suka ria.
Hanya dengan rebahan di dalam cabin, kita bisa menikmati pemandangan hutan pinus di area Bobocabin Padusan

Pintu cabin pun terbuka perlahan. Saya langkahkan kaki menaiki kabin. Di sebelah kanan saya kini tampak tempat tidur berukuran 200 x 200 meter, dengan tinggi sekitar 50 cm. Kasur yang tersedia tidak begitu tebal namun sangat lembut. Tepi tempat tidur bagian samping kiri dan kanan langsung mepet alias bersentuhan dengan dinding kabin. Terasa sempit namun cukup lega untuk ukuran cabin.

Di depan tempat tidur ada ruang kosong yang cukup untuk dibuat tempat sholat untuk 2-3 orang. Di bagian paling kiri ada meja kecil yang menyatu dinding dan tersedia seperangkat alat minum teh. Di sebelahnya ada pintu berukuran 1 x 2 meter yang tadinya saya kira pintu lemari. Ternyata pintu kamar mandi.

Kamar mandi yang tersedia cukup representatif. Ada shower, water heater, hair dryer, closet modern dan juga wastafel. Gak kalah dengan kamar mandi hotel bintang 4 atau 5.

Kembali ke tempat tidur yang spreinya sangat lembut dan nyaman, di dinding sebelah depan dilengkapi dengan kaca yang cukup lebar hingga kita bisa menyaksikan panorama hutan sambil rebahan tanpa keluar kabin. Namun, dengan sekali sentuh salah satu tombol di gadget yang tersedia di cabin, kaca akan berubah menjadi suram dan kita bisa merasa privacy di dalam cabin.

Selain fasilitas standar, di Bobocabin Padusan juga disediakan fasilita yang tak biasa. Ada audio set yang terhubung dengan bluetooth di gadget. Kita pun bisa menikmati musik yang ada di spotify kita. Ada juga lampu di dalam cabin yang warna sinarnya bisa kita atur sesuka kita. Itu pun juga dengan sekali sentuh di aplikasi. 

Jadi, semua fasilitas unik yang disediakan Bobocabin Padusan, membutuhkan sinyal wifi dong ... Iya betul, dan di area Bobocabin Padusan sudah disiapkan jaringan wifi yang cukup kuat, tidak hanya di dalam cabin, namun juga kuat di luar cabin. 

Dinner and Breakfast 

Lokasi Bobocabin Padusan yang di tepi hutan, tentu saja jauh dari pemukiman penduduk maupun pusat kota. Ditambah lagi jalan menuju pusat kota tidak mudah: medannya naik turun dan berkelok.

Tetapi jangan khawatir, Bobocabin Padusan menyediakan menu spesial untuk dinner ataupun breakfast yang sangat spesial berupa menu BBQ dan steamboat.

Di tengah hawa dingin pegunungan, menu BBQ menjadi menu spesial di Bobocabin Padusan

Untuk peralatannya juga disediakan lho. Lengkap deh pokoknya.

Berikut adalah menu BBQ dan steamboat:

  • BBQ shortplate
  • BBQ chicken marinated
  • Saikaro Beef
  • Wagyu tenderloin
  • Wagyu sirloin
  • Wagyu rib eye
  • Suki package
Sedangkan untuk menu breakfast disediakan menu American Breakfast yang terdiri dari: 

  • Beef bacoon
  • Riverland premium japanese sausage
  • Mixed vegetables
  • Eggs
  • Wheat bread
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, kami pun sepakat memesan Saikaro Beef untuk dinner dan American Breakfast untuk sarapan. Untung, saya sudah prepare membawa bekal bahan mentah untuk BBQ. Jadi bisa kenjang dengan budget minimal.

Penutup

Dengan segala fasilitas yang ditawarkan, ditambah keunikan hunian yang disediakan, serta dilengkapi dengan suasan hutan di pegunungan yang alami, tak heran tingkat okupansi di Bobocabin Padusan di setiap weekend mencapai hampir 100%, dan di hari kerja mencapai 50-70%.

Saya sendiri merasa sangat puas merasakan kenyamanan dan keindahan alam di Bobocabin Padusan. Hidden gem ini cocok banget untuk refreshing bareng keluarga, atau healing bareng bestie.

Selain itu, suasana di Bobocabin Padusan ini cocok banget untuk pembelajaran anak-anak sekolah, semacam home education center. Para siswa akan merasakan keseruan belajar tentang alam di alam terbuka seperti ini. Buat mereka yang memilih homeschooling pun bisa banget belajar tentang alam di Bobocabin Padusan dengan didampingi orang tua sembari menyimak beberapa artikel pendidikan di Blog Homeschooling.


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

40 komentar

  1. Waaaah ini baru asli beneran namanya healing dokter ๐Ÿ˜ menyatu dengan alam ๐Ÿ˜ saya ngelihatnya saja jadi pingin sekali kesana dokter, kayak perasaan jadi tenang semua beban menguap ๐Ÿ˜
    Bismillah 1 tiket liburan ๐Ÿ™๐Ÿ˜

    BalasHapus
  2. Damas Tsaniyah Min Rohmatillah22 Februari 2023 pukul 07.46

    SubhaAllah.. indah dan terlihat nyaman sekali tempatnya dokter. Hijau sejuk nyaman cocok untuk menangkan penat dari hiruk pikuk rutinitas. Terima kasih dokter atas refrensi liburannya. Bisa dilist menjadi tujuan liburan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Worth it banget dijadikan nomor 1 dalam wishlist healing mu

      Hapus
  3. Area komunalnya bisa sekalian tempat buat berjemur nih.
    Terlebih juga buat bikin acara api unggun juga menyenangkan lokasinya
    Asik banget ini keluar dari kamar yang dilihat penghijauan, bikin betah staycationnya.

    BalasHapus
  4. Wah di Cikole Lembang dan Rancaupas juga ada, mauuuu....
    Saya juga lebih suka staycation di Bobocabin seperti ini
    Enggak sumpek dengan suara-suara bising
    Definisi healing yang sesungguhnya

    BalasHapus
  5. Saya sering liat nih postingan tentang Bobocabin ini, ternyata keren abis ya. Dari dulu tuh direncanain, nggak jadi melulu. Tapi baca ini jadi mengobati kangen jalan-jalan deh.
    Sekalian di save, biar nanti kalau jadi ke sana, dibaca ulang buat panduan hehehe

    BalasHapus
  6. The real glamping dengan breakfast american style hehehe...

    Lagi naik daun konsep berkemah dengan fasilitas mewah seperti ini yaa Dok. Menemukan suasana baru untuk melepas penat sejenak dan menyisi dari stress serta kesibukan tapi anti ribet.

    BalasHapus
  7. MashaAllah. Mas Taufiq menuliskannya dengan rasa. Saya jadi ikut terhanyut dengan kenyamanan, kelengkapan fasilitas dan layanan prima, yang diwakilkan lewat rangkaian kata-kata yang indah. Seakan ikut berada di sana.

    Asiknya lagi, selain menyentuh modernitas, Bobocabin mempertahankan keasrian alam tempatnya. Belum pernah saya menginap dengan atmosphere dan vibes hutan seperti ini. Cus ah nyoba bikin reservasi di Bobocabin yang di Bandung. Lokasi yang terdekat dari rumah saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nulis artikel ini 60% saya selesaikan pas stay di Bobocabin. Ditunggu tulisannya mbak...

      Hapus
  8. Wah Toba Samosir ternyata ada Bobocabin toh? (Kemana aja saya?) hahaa
    Pokoknyaa paling sukaa sama suasana alam yang bener-bener asli begini.
    Duuuh terasa sampe sini ademnya, deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buruan check in kak... pesan lewat aplikasi ya...

      Hapus
  9. Pengalamannya pasti seru banget ya kalau bisa staycation di tengah hutan kayak di babocabin. Benar-benar arti memanjakan diri yang sesungguhnya๐Ÿคฉ. Menikmati malam dengan suasana hutan dan menghidupi api unggun. Mantap!

    BalasHapus
  10. Nah saya baru tahu ada staycation yang unik gini, nggak di kamar hotel atau villa tapi di hutan. Fasilitasnya juga udah modern banget ya walau lokasinya berada di hutan. Pastinya nyaman banget bisa staycation di bobocabin ini, berasa kayak kemah aja hehe, jadi pengen juga ke sana eh semoga nanti ada jugalah cabangnya di Makassar

    BalasHapus
  11. Bobocabin di tengah hutan sepertinya menarik juga. Saya jadi pengen nyobain deh. Sejauh ini meski tahu ada bobocabin di Rancaupas ama Lembang, belum pernah coba. Takutnya nggak kuat ama cuaca dinginnya.

    BalasHapus
  12. Namanya unik banget, Pak Dokter.
    Bobocabin.

    Hihi..dan pemandangan luar biasa ketika berada di Bobocabin juga memberikan kenangan tak terlupakan selain fasilitas yang disediakan, sangat memanjakan dan ingin mencoba kembali di stay cation di Bobocabin.

    BalasHapus
  13. Wah seru banget nih, kyknya cabangnya juga banyak yaa. Kalau ngajak anak2 tidur di alam bobo cabin kyk gini kyknya lebih aman :D
    Cabinnya juga gede, pemandangan sekitar cakep.
    Apalagi ada fasilitas sarapan dan makan malam. Penasaran rate-nya berapa mas? Kalau dah include buat menginap dan makan?

    BalasHapus
  14. wah keren banget nih liburan kesini bareng keluarga bakalan happy banget ya. tempatnya bagus banget, fasilitas lengkap dan ada pilihan makannya yang super lezat.

    BalasHapus
  15. Namanya unik, Bobocabin hehehe
    Wahh di Samosir uda ada, smoga di Aceh juga disegarakan yaa Cabangnya. Biar bisa ikut ngerasain nginap di alam gini pasti seru banget..

    BalasHapus
  16. Wahh saya baru tahu ada staycation semenarik ini di Pacet, loh dok. Sepertinya saya butuh banyak membaca artikel pak dokter,nih buat referensi.
    Oh ya, di dalam cabin-nya ada televisi nggak ya dok buat nonton youtube bersama gitu.

    BalasHapus
  17. Deskripsi yang luar biasa dokter...jadi pingin langsung cuss ke tkp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cuss... Ajak keluarga besar. Jangan lupa bawa bekal yang banyak

      Hapus
  18. pantesan namanya mirip dengan bobobox, ternyata masih saudaranya, ya, dok. Vibe kemah mewah di area hutannya dapat banget sepertinya di bobocabin, cabangnya juga banyak ternyata ya, jadi bisa akses ke yang paling deket nih di Bandung kalau mau liburan bareng keluarga

    BalasHapus
  19. Ulasannya bikin penasaran ini dok. Kayanya seru kalau bisa ngadain acara keluarga besar di sana ya.

    BalasHapus
  20. Seru banget sih dok, bisa BBQ steamboat di hutan ^^ anyway tadi mau protes kenapa fotonya kecil-kecil, eh pas ke bawah ada videonya. Jadi jelas terlihat ruangannya. Masuk wish list ah, vibesnya hening & healing banget!

    BalasHapus
  21. informasi baru untuk referensi staycation nih, btw udah di spill biayanya berapa dok, penasaran. Paling seneng dg view yg bau² pedesaan gitu, byk yg bisa diekplore tentunya, apalagi buat foto. Mantap

    BalasHapus
  22. Sejenak tinggal di hutan, menghirup udara segar, menikmati pemandangan alam sekitar yang bagitu alami dan asri, ditambah udara yang sejuk, cenderung dingin di malam hari, memberikan pengalaman tersendiri. Sejenak jauh dari hiruk pikuk keramaian kota

    BalasHapus
  23. Waaah, Pak dokter udah kesini ajaa. Asyik memang ya, Pak. Kata temenku yang nggak ada duanya emang suasana di hutannya. Baca tulisan ini jadi makin pengen juga staycation di sana.

    BalasHapus
  24. Wah seru banget ini dok kempingnya. Kepengen banget ih aku bawa keluarga kemping glamour alias glamping di Bobocabin ini. Anak-anakku pasti suka. Yang terdekat dari aku tuh yang di RancaUpas. Aamiin semoga bisa segera deh kemping seru di sana. :)

    BalasHapus
  25. Waaah,bobocabin unik banget dok. Bisa bikin liburan makin menyenangkan nih. Lumayan juga ya udah ada di beberapa kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih dari lumayan sih mbak, satu level di bawah perfect. Buruan coba staycation di sini, asyik banget pokoknya....

      Hapus
  26. seru sekali dan nyaman cocok untuk sekeluarga . saya lihat suasana dan foto2 serta roomtour nya begitu simple namun elegan nyaman apalagi liat keluar ruangan udara bebas . hehehe . pengen sekali kesana dok nyobain juga . tapi nunggu ada promo biar agak murah ya dok ..
    trimkasih sudah spoiler tempat nya dok ๐Ÿ™ . heheh jadi biar mengobati rasa penasaran

    BalasHapus
  27. Wahh keren banget dok,suasananya membuat hati jadi adem,pengalaman dokter sangat membantu orang orang yang lagi kebingungan untuk liburan,tempat ini sangat cocok banget apalagi untuk liburan bersama keluarga^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Tempat ini recommended banget buat healing sekeluarga

      Hapus
  28. wah, ini cocok banget bagi saya yang suka berpetualang di alam (hutan). selain naik gunung, camping adalah hiburan buat saya yang bisa menikmati ciptaan Allah SWT dan menikmati udara yang segar. ditambah lagi dengan fasilitas yang lengkap. wah cocok banget buat rekreasi bersama teman-teman atau dengan keluarga.

    terimakasih informasinya dojter.

    BalasHapus
  29. Namanya unik bnget dokter hehee...dan pemandangan luar biasa ketika berada di bobocabin dan sangat memanjakan rasanya ingin mencoba kembali

    BalasHapus
  30. Boleh nih dok menjadi salah satu rekomendasi untuk mengisi liburan panjang saya. Terimakasih dokter untuk informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk ajak keluarga ke bobocabin padusan pacet. Gak jauh kan? Asyik lo

      Hapus
  31. Wah boleh ini dokter buat rekomendasi liburan next time, kita juga akan di manjakan oleh pemandangan yang indah sangat indah, dan makanannya enak2 pas dengan suasananya di tengah2 hutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, bete segala menu makan malam maupun breakfast exclude biaya sewa cabin ya

      Hapus
  32. Getaran di hati ingin berlibur meningkat drastisss!!! MasyaAllaah paling favorit banget sama yang konsep dan suasana liburannya calm dan estetik kayak gitu T_T
    Semoga ngga cuma masuk ke dalam wishlist, jadi di saat yang tepat nanti benar bisa healing disitu :) Terimakasih rekom nya Dok. M38 friends, ayok kesana :"D

    BalasHapus

Posting Komentar