blog dokter taura big ad

NURSING STRIKE: CARA BAYI BERUNJUK RASA

52 komentar

Pernahkah Anda mempunyai pengalaman dimana bayi yang biasanya menyusu dengan tenang dan lancar, mendadak menolak menyusu dan anak tampak rewel dan gelisah? Apa yang kemudian Anda lakukan? Ikutan panik? Meminta bantuan tenaga medis? Atau segera beralih ke susu formula?

mogok-menyusu-sifatnya-sementara

Ketahuilah, bahwa kondisi bayi Anda yang tiba-tiba tidak mau menyusu, dinamakan Nursing Strike atau mogok menyusu. Apa saja penyebab Nursung Strike? Bagaimana cara mengatasinya? Bolehkan untuk sementara menggantinya dengan susu formula?

Sekilas tentang Nursing Strike

Nursing Strike adalah periode dimana bayi tiba-tiba menolak menyusu (netek ibu) selama beberapa waktu, padahal sebelumnya bayi selalu rutin menyusu ibu. Nursing Strike dapat disebabkan oleh beberapa faktor, semuanya hanya sementara dan dapat diatasi.
Sebenarnya Nursing strike merupakan cara bayi mengatakan bahwa ada sesuatu yang salah. Namun banyak ibu menyusui (busui) yang gagal paham masalah Nursing Strike ini dan akhirnya menyerah dengan memberikan susu formula. Artikel berikut ini mudah-mudahan bisa membuka wawasan kita tentang “mogok menyusu” dan bisa membantu memberikan alternatif solusi cerdas menyikapinya
Yang pertama kali dilakukan busui adalah “don’t be panic”. Jangan panik, bersikaplah relaks. Kemudian cari akar penyebab masalah, dalam hal ini penyebabnya bisa bersumber dari ibu, dari bayi atau dari proses menyusu itu sendiri.

Apa Penyebab Nursing Strike?

Penyebab Nursing Strike bisa berasal dari kedua belah pihak, baik dari pihak busui maupun pihak bayi. Atau terkadang problem bersumber dari proses laktasi itu sendiri. Apapun penyebabnya, busui sebaiknya mencari akar penyebab masalah, tentu dengan dibantu oleh suami tercinta. Mulailah dengan introspeksi diri sendiri. “Apa ada yang salah dengan diriku?” 
definisi-nursing-strike

Salah satu penyebab tersering dari mogok meyusu ini adalah kondisi busui yang kelelahan secara fisik maupun mental. Beban pikiran atau stres di tempat kerja, atau berselisih dengan pasangan, ataupun menyimpan perasaan negatif ke mertua, sering menjadi sumber masalah.

Berikut adalah beberapa alasan bayi anda mogok menyusu secara tiba-tiba:

  1. Nyeri rongga mulut akibat tumbuh gigi, nyeri tenggorokan, sariawan atau adanya infeksi di sekitar rongga mulut
  2. Infeksi telinga, yang mana dapat menyebabkan tekanan atau nyeri ketika menyusu. Biasanya disertai gejala demam dan bayi menjadi rewel.
  3. Flu dan hidung tersumbat , yang mana akan membuat kesulitan bernafas ketika menyusu. Tidak hanya mogok menyusu saja, dalam kondisi seperti ini bayi juga kesulitan tdur dan menangis sepanjang malam
  4. Berkurangnya pasokan ASI. Pemenuhan kebutuhan nutrisi dan cairan menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan menyusui.
  5. Adanya gangguan pada jadwal atau rutinitas menyusui bayi. Biasanya hal ini terkait dengan kesibukan busui. Misalnya harus lembur di kantor, atau ada tugas mendadak ke luar kota.
  6. Adanya reaksi yang berlebihan dari ibu saat menyusui ketika tergigit akibat mulai tumbuhnya gigi pada bayi.
  7. Perubahan sabun, lotion, atau parfum yang dipakai oleh busui sehingga tercium berbeda oleh bayi.
  8. Perubahan rasa dari susu yang ibu hasilkan akibat penggunaan vitamin, obat, atau perubahan hormonal
  9. Nyeri ketika berada dalam posisi menyusui, mungkin akibat imunisasi atau luka.
  10. Terpisah terlalu lama dari ibu (perjalanan jauh, liburan dsb).
  11. Ibu berbicara terlalu keras ketika bayi sedang menyusu.
  12. Penggunaan dot atau empeng yang terlalu sering.
    nursing-strike-bayi-

Apa yang sebaiknya BUSUI lakukan ?

Nursing strike bisa sangat menyulitkan, bahkan bagi ibu yang berdedikasi memberikan ASI bagi bayinya. Dengan kesabaran dan dorongan diharapkan ibu dapat melaluinya. Namun modal sabar dan telaten saja, tidak cukup. Pemahaman tentang apa itu nursing strike dan cara mengatasinya, adalah tak kalah penting.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi nursing strike :

  1. Usahakan menyusui ketika bayi anda sudah sangat mengantuk. Banyak bayi yang ketika bangun menolak menyusu akan mau menyusu ketika mengantuk.
  2. Kunjungi Dokter Spesialis Anak anda untuk menemukan masalah kesehatan yang menyebabkan terjadinya nursing strike (infeksi telinga , sariawan, dll).
  3. Variasikan posisi menyusui, mungkin bayi anda lebih nyaman pada posisi tertentu dibanding posisi yang lain.
  4. Menyusui saat bergerak. Beberapa bayi suka menyusui ketika ibu sedang bergerak atau berjalan dibanding ibu dalam kondisi duduk atau diam berdiri.
  5. Menyusui di lingkungan yang bebas dari gangguan dan pengalih perhatian. Usahakan menyusui di tempat yang remang-remang, sepi dan bebas dari suara radio maupun televisi.
  6. Berikan bayi anda banyak kontak kulit dengan kulit. Usahakan menyusui tanpa pakaian.
  7. Kondisi nursing strike dapat sangat mengecewakan bagi kedua belah pihak, ibu dan bayinya. Usahakan rutinitas bayi tetap normal seperti biasa saat terjadi nursing strike. Berikan bayi anda perhatian dan sentuhan ekstra.
  8. Jika ibu khawatir bayi anda tidak mendapatkan cukup makanan, periksa popoknya. Jika bayi anda menghabiskan 5-6 popok per hari , itu menandakan bayi tersebut tercukupi asupan cairannya. Jangan ragu menghubungi dokter.
    cara-atasi-nursing-strike

Apakah ibu boleh tetap menyusui?

Tentu saja. 

Penting untuk terus mencoba menyusui bayi anda. Dengan kesabaran dan usaha yang pantang menyerah, rutinitas menyusui anda akan kembali normal. Yakinlah bahwa kondisi mogok menyusu itu bersifat sementara.

Dukungan dari orang-orang sekitar menjadi salah satu kunci keberhasilan menangani nursing strike. Peran suami, mertua ataupun ibu kandung sangat besar.

Kondisi busui yang labil melihat bayinya mogok menyusu menjadikan pribadi yang kadang tidak berpikir panjang. Apapun saran dari orang-orang disekitarnya akan dituruti.

Biasanya akan terjadi pergolakan batin, jika tidak dituruti (saran dari suami atau mertua), maka akan menjadi sasaran kesalahan jika terjadi sesuatu di kemudian hari dengan si bayi kesayangan. Jika dituruti, hati kecil memberontak karena kegagalan pemberian ASI (nutrisi terbaik) sudah di depan mata.
Jadi penting sekali memberikan informasi yang benar tentang nursing ini ke suami, mertua dan orang-orang disekitarnya.

Referensi

DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

52 komentar

  1. Saya paling takut kalau kegigit, dok. Anaknya juga memang suka gigit2 anggota badan yg lainnya. Baiknya respon seperti apa yg saya lakukan kalau digigit ya? Saya jadi khawatir si kecil jadi takut menyusu karena biasanya saya refleks agak teriak kalau digigit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan memberikan reaksi (saat digigit) yang membuat debay kaget. Sedikit demi sedikit lepaskan puting dari mulut bayi dan berikan edukasi bahwa puting bunda terasa sakit jika digigit.

      Hapus
  2. Nah ini juga dulu jadi pengalaman Bunda. Pernah ni BUnda biarkan ananda sedikit kelaparan, akhirnya dia nyerah dan nyusu dengan lahap. Sambil "menyiksa" tadi, Bunda ajak main agar ananda capek / lelah.
    Walau kesannya kok tega, tapi alhamdulillah efektif. Toh bukan "nyiksa" dalam artian jahat lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun, sudah benar. Sebaiknya tidak memberikan reaksi yang mnembuat si kecil kaget saat menyusu. Berikan penjelasan verbal saja. btw, anak terakhir usia berapa bun?

      Hapus
  3. Alhamdulilah ilmu baru dan sangat bermanfaat .... Terima kasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maturnuwun Pak... Semoga bermanfaat ya... ASI lancar, ayah jadi makin sayang...

      Hapus
  4. Alhamdulillah... terimakasih banyak dokter atas ilmunya 🙏
    Kemudian mohon izin bertanya dokter, saya pernah menemui bayi yang menolak menyusu kemudian payudara ibunya diolesi sedikit madu untuk membantu bayi agar mau menyusu lagi, apakah boleh nggih dokter yang seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAlau bayinya sudah berusia > 12 bulan, tidak masalah.... boleh-boleh saja. KAlau sebelum usia 12 bulan, sebaiknya hindari konsumsi madu.

      Hapus
  5. ternyata multifaktorial banget ya dok masalah tentang menyusui anak, variasi dalam gerakan menyusu itu maksudnya bagaimana aja ya dok? apa ada panduan beberapa variasi gerakan dalam menyusui begitu dokter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya menyusui sambil jalan, sambil rebahan atau sambil main. Pokoknya cari posisi ternyaman versi debay.... Makanya nanti kalo sudah punya anak, sekali-kali susui bayimu...

      Hapus
    2. hehe terimakasih dokter pencerahannya 🙏😅

      Hapus
  6. Menarik sekali dokter, banyak faktornya ternyata ya, izin bertanya dokter cara untuk mensiasati supaya bayi tetep mau menyusu saat tumbuh gigi bagaimana nggih dokter. Terimakasih dokter

    BalasHapus
  7. Bermanfaat sekali ilmunya dokter, kemudian izin bertanya dokter terkait perubahan hormonal seperti apa yang dimaksud dapat merubah rasa dari air susu ibu nggih dokter? Terima kasih dokter

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak faktor anak tiba tiba tidak mau menyusui nggih dok, izin bertanya beberapa ibu pasti khawatir ketika ibu berhenti menyusui ketika ibunya sakit batuk pilek atau demam takutnya ASI nya akan membuat anak juga sakit itu bagaimana nggih dok?

    BalasHapus
  9. Cerita bayi yang menggigit saay menyusu ini sering aku dengar hehe, bahkan secara bercandaan omku pernah protes ke tante untuk nggak terlalu kencang menjerit "Ntar tetangga kira kamu saya pukul" haha. Tapi ya emang bayinya lagi proses dan mungkin ini "mengasah" kemampuan menggigitnya :)

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah nggak mengalami nursing strike ini. Sedih pasti ya kalo bayi tiba-tiba ngga mau nyusu. Bayi saya ngASIP aja pake gelas, kalo pas ditinggal kerja, jadi nggak bingung puting dia.

    Kemarin sempat demam tiga hari ternyata tumbuh gigi, tapi masih mau nyusu sih. Kasihan kalau nggak, soalnya MPASI nggak berjalan selama demam itu jadi full ASI.

    Makasih informasinya Dok. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  11. Sore dokter.Pengetahuan baru nih kalau baby itu bisa unjuk rasa ya.Yang dokter sebutin semua diatas pernah aku lalui.Semula aku berpikir si baby berulah memang mungkin seperti itu adanya ternyata ada penyebabnya ya. Ingat deh babyku dulu tidak mau nyusu padahal ASI nya banjir.Berulang kali aku paksakan selidik punya selidik ASI nya gak enak rasanya pedas,ha...ha...ha...akibat aku over makan sambel.Sejak itu hati-hati banget mengkomsumsi makanan

    BalasHapus
  12. wah nyesel baru baca

    ternyata ada gangguan nursing strike, saya pikir itu proses alami

    anak2 saya menolak menyusui (bervariasi, mulai dari 3 bulan hingga setahun)
    \
    dan saya akui, stres sangat mempengaruhi proses pemberian ASI

    BalasHapus
  13. Untung belom pernah ngalamin sih bayi menolak menyusu sih sewaktu menyusui anak-anak dulu.
    Luar biasa ternyata perjuangan menyusui itu, anak pertama saya dulu nggak ASIX, diselingi sufor, anak kedua baru ASIX dan luar biasa perjuangannya, kirain dulu liat mama saya kok gampang banget gitu, ternyata ada perjuangannya hahaha

    BalasHapus
  14. Baru tahu ada nama nursing strike.
    Buat para oramgtua dan calon orangtua perlu mengetahui ini

    BalasHapus
  15. Pastinya sebagai ibu sedih ya kalau bayi menolak nyusu ASI ke ibu ..jadi ibu harus sabar ya bund

    BalasHapus
  16. Pernah juga mengalami ini, ternyata emang ada istilah medisnya ya, nursing strike. Duh anak bayi aja bisa mogok ya.

    Saat si bayi nggak mau menyusu, malah nangis, pastilah saya panik Dok, ini kenapa bayi tiba-tiba begini. Dulu sih saya tenangkan dengan saya ajak jalan ke luar rumah. Setelah tenang dan tangisnya reda, baru saya bawa masuk lagi. Untungnya kami kami tuh tinggal di kontrakan, coba kalau di rumah ortu, pasti deh para sesepuh bakal mengaitkan dengan hal-hal mistis.

    BalasHapus
  17. Wah ternyata ada fase bayi mengalami nursing strike ya Dok. Tapi mgkin ada juga bayi anteng yang tidak pernah sama sekali mengalaminya. Ini tips yang banyak manfaatnya apalagi bagi ibu muda yang belum sama sekali punya pengalaman menyusui

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah selama ini baby Hazel nggak pernah mengalami nursing strike ini dok, emang kalo soal menyusu dia juara. tapi cuma berat badannya aja yang kurang

    BalasHapus
  19. ternyata nursing strike itu bisa jadi indikator beberapa situasi dan kondisi si bayi dan ibunya ya Dok, wajib simak sih nih buat para pejuang ASI

    BalasHapus
  20. ini cara bayi "berdemo" pada ibunya yaa. Dan sayangnya banyak ibu-ibu gak paham apa yang diinginkan bayinya dan malah menyerah, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Saya banyak sekali mendapatkan kasus seperti ini tapi sudah kasep... Kasihan bayinya

      Hapus
  21. Kayaknya pernah deh anakku nolak nyusu. Dan betul, salah satu alasannya karena telinganya bermasalah. Keluar cairan gitu dok, warna putih kehijauan kayak nanah. Gak kebayang sakitnya kayak apa

    BalasHapus
  22. Kalo yg tiba-tiba gak mau netek karena saat netek ibunya kesakitan dan tanpa sengaja teriak, di bayi ketakutan dan gak mau netek lg itu disebut nursing strike bukan ya dok?

    BalasHapus
  23. Makasi info dan ilmunya dok, sangat penting ketahui oleh para ibu nih. meskipun belum pernah menyusui setidaknya dapat ilmu yg bermanfaat dalam ulasan ini.

    BalasHapus
  24. Memberikan ASI secara lengkap sampai usia 2 tahun akan membantu tumbuh kembang anak, cara menyusui yang tepat akan bermanfaat bagi ibu dan debay, terima kasih dok

    BalasHapus
  25. Saya telat tahu nih, dulu anak pertama saya pernah begitu. Nolak dikasih Asi dan itu bikin saya jadi agak capek juga. Akhirnya saya bawa ke rumah sakit sih.

    BalasHapus
  26. wah banyak juga ya penyebabnya bayi kalo lag rewel gak mau menyusu, kalo gak ngerti beginian pasti udah hectic dan bingung duluan

    BalasHapus
  27. Nursing Strike adalah periode dimana bayi tiba-tiba menolak menyusu (netek ibu) selama beberapa waktu, padahal sebelumnya bayi selalu rutin menyusu ibu. Penyebab nursing strike dapat berasal dari faktor fisik dan psikologi seperti bayi yang sedang sariawan atau flu serta kondisi ibu yang kelelahan secara fisik maupun mental. Pada kondisi ini, ibu harus tetap yakin bahwa hal ini bersifat sementara dan tetap harus sabar serta pantang menyerah dalam menyusui. Dukungan dari keluarga terutama suami diperlukan agar ibu tidak stress dan bertambah beban pikirannya. Terima kasih dokter sudah membuat artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  28. Hani Mufidatul Khoiriah4 Oktober 2022 pukul 07.45

    Masya Allah terima kasih banyak dokter atas informasinya, Ternyata banyak sekali faktor yang menyebabkan anak tiba tiba tidak mau menyusui nggih dokter. Memang menjadi ibu itu kudu sabar, dan telaten untuk mengusahakan anak mendapatkan ASI selama 2 tahun. Dan tentu dukungan dari suami dan keluarga juga sangat dibutuhkan agar ibu tidak stress.

    BalasHapus
  29. Terimakasih dokter atas ilmunya, benar benar banyak ilmu yang harus dipelajari bagi ibu sendiri untuk memahami si buah hati.. perlahan tapi pasti. karena banyak sekali faktor faktor penyebab nursing strike ini.. dan bayi belum bisa mengutarakan apa masalah nya sehingga ibu harus mencari masalah dan solusinya😁

    BalasHapus
  30. Delly Safira Hedaputri18 Desember 2022 pukul 09.04

    ASI memang nutrisi terbaik yang tak tergantikan. Peran ibu sangat besar dalam menunjang pemberian nutrisi ini terutama bila terjadi mogok asi. Belajar memahami apa-apa saja terkait mogok menyusu perlu dilakukan sejak dini agar tidak panik di kemudian hari.

    BalasHapus
  31. Wahh ternyata bayi juga bisa unjuk rasa ya dok. Ternyata ada istilah nursing strike diamana bayi tiba-tiba ujuk rasa alias mogok untuk menyusu kepada ibu. Kondisi ini perlu diperhatikan karena tidak semua busi paham akan kondisi ini. Pentingnya edukasi tentang faktor dan cara mengatasi nursing strike harus diketahui oleh busi, sehingga busui tidak memilih alternatif dengan memberikan susu formula terhadap bayinya padahal cara ini adalah cara yang kurang tepat.

    BalasHapus
  32. Fenny Retno Ningrum18 Desember 2022 pukul 09.19

    Memang periode meng-ASI-hi adalah hal yang penuh rintangan bagi seorang ibu. Tentu perjuangan ibu tidak berhenti sejak bayi lahir, melainkan ada banyak perjuangan menanti bahkan setelah bayi terlahir di dunia, bagaimana sebagai ibu (orang tua) menyiapkan bekal terbaik untuk tumbuh dan kembang anaknya di masa mendatang.

    BalasHapus
  33. Ohh jadi ini ya dok kenapa banyak bayi yang kadang-kadang menolak buat menyusu, mungkin informasi seperti ini jarang diketahui oleh busui juga dan langsung menganggap sibayi tidak mau lagi dengan ASI ibu. Biasanya kalau sudah begini dijadikan alasan untuk memberikan sufor ke anaknya. Tapi syukurnya ada beberapa cara untuk mengatasinya, tapi yang jelas setiap bayi memiliki alasan masing masing mengapa menolak sufor ya, wah ternyata ini ya cara bayi nggondok dok hehe

    BalasHapus
  34. wahh bener-bener ilmu baru yang sangat menarik untuk dipelajari. ternyata banyak alasan kenapa bayi bisa tiba² ngga mau menyusu. apapun alasannya, tetap memberikan ASI adalah jawabannya.

    BalasHapus
  35. Terima kasih banyak dokter atas informasi nya 🙏
    Wah ternyata sedari bayi kita sudah belajar caranya protes 😁 dengan konsep yang sama seperti mogok makan tapi ini dengan mogok menyusu 😁
    Saya juga banyak sekali mendengar keluhan ibu ibu yang berhenti menyusui bayinya dengan alasan si bayi mogok menyusu dan akhirnya malah dgantikan dengan susu formula. Mungkin kalau banyak ibu ibu yang tau mengenai hal ini pasti si ibu bakal lebih berusaha lagi mencari akar penyebab kenapa si bayi menolak menyusu, bukannya malah mengganti dengan DOT atau susu formula

    BalasHapus
  36. Terima kasih banyak dokter untuk ilmunya, Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan anak tiba tiba tidak mau menyusui dokter. Menjadi seorang orang tua memang tidak mudah apalagi menjadi seorang ibu, dukungan dari keluarga khususunya suami sangat penting dalam menjadi busui yang sedang mengalami anaknya tiba tiba tidak mau menyusui.

    BalasHapus
  37. Maghfiri Sania Bidari8 Maret 2023 pukul 16.38

    Ilmu baru yang saya dapatkan saat koass, terimakasih ilmunya dokter, saya jadi tau ternyata bayi juga bisa protes hehe, tapi terkadang ibu tidak peka kalo bayi itu sedang protes.

    BalasHapus
  38. Annisa Tri Andriani8 Maret 2023 pukul 22.56

    Terimakasih dokter untuk ilmunya. Terkadang ketika si anak mogok menyusu dan ibunya tidak tau kenapa anak mogok menyusu, malah sang ibu keburu stress sehingga mengakibatkan ASI ibu seret. Makanya penting sekali ibu harus sabar dan dukungan dari sang suami yang harus selalu memberikan afirmasi positif terhadap ibu

    BalasHapus
  39. Damas Tsaniyah Min Rohmatillah9 Maret 2023 pukul 03.36

    terima kasih dokter atas informasi dan ilmu yang dokter berikan dalam tulisan ini. nursing strike membuat ibu menyusui bingung dan ikutan panik. untuk menhindari hal tersebut dapat membeca beberapa tips dan trik yang ada dalam tulisan ini.

    BalasHapus
  40. terima kasih dokter. banyak banget ilmu-ilmu dari sudut pandang kedokteran mengenai hal-hal yang dilakukan si bayi ternyata ada alasanya. kalau begini jadi bisa lebih cekatan dalam bagaimana mengatasi hal tersebut, dan BUSUI dapat tetap menyusui anaknya

    BalasHapus
  41. Woww ini riil kah?
    MasyaAllaah banget yaa ternyata walau bayi masih penuh dengan keterbatasan, tapi Allaah masih menitipkan tanda-tanda yang bisa memberi sinyal untuk ibu dan ayah kalau dia sedang merasa sesuatu, utamanya ada yang ga sreg sama yang dia terima. Emang harus belajar lebih dalam untuk tau lebih jauh.
    Terima kasih Dok

    BalasHapus
  42. Nursing Strike adalah periode dimana balita seketika menolak menyusu( netek bunda) sepanjang sebagian waktu, sementara itu lebih dahulu balita senantiasa teratur menyusu bunda. Pemicu nursing strike bisa berasal dari aspek raga serta psikologi semacam balita yang lagi sariawan ataupun flu dan keadaan bunda yang keletihan secara raga ataupun mental. Pada keadaan ini, bunda wajib senantiasa percaya kalau perihal ini bertabiat sedangkan serta senantiasa wajib tabah dan pantang menyerah dalam menyusui. Sokongan dari keluarga paling utama suami dibutuhkan supaya bunda tidak stress serta meningkat beban pikirannya. Terima kasih dokter telah membuat postingan yang sangat berguna.

    BalasHapus
  43. Wah informasi yang sangat bermanfaat ini terutama untuk new mom yang panik dan bingung kenapa anaknya gamau menyusu. Nursing strike bukanlah alasan ASI harus diganti dengan susu formula, berkat tips and tricks yang diberikan dokter taura semoga ibu-ibu yang anaknya mengalami nursing strike bisa kembali mau menyusu.

    BalasHapus
  44. Dinda Alifia Darmajik6 Maret 2024 pukul 10.17

    Ternyata banyak sekali faktor yang menjadi penyebab nursing strike, baik dari busui, bayi maupun proses laktasinya, tetapi jangan khawatir moms dokter taura sudah memberikan cara untuk menyelesaikan nursing strike, yang terpenting tetap tenang dan jangan sampai “mogok menyusu”, terimakasih informasinya dokter

    BalasHapus
  45. Akbar Primananda8 Maret 2024 pukul 14.17

    Banyak hal dapat mengakibatkan proses menyusui terganggu. Karena banyak faktor perlu analisa mengapa si, bayi jadi mogok menyusu. Ibu jangan panik dan jangan malah berpikir untuk beralih ke sufor. Sebagus apapun sufor tetap tidak ada yang bisa menggantikan ASI.

    BalasHapus

Posting Komentar