blog dokter taura big ad

SERUM PENCERAH WAJAH UNTUK PERAWATAN KULIT DI MASA PUBERTAS

Beberapa minggu terakhir, ada perubahan yang cukup mencolok pada diri Naura, anak bungsu saya dan anak cewek satu-satunya. Pertambahan tinggi badannya yang terbilang cukup pesat disertai perubahan bentuk tubuh, juga diikuti perubahan emosinya.

Selain itu, kulit mukanya jadi berminyak, dan beberapa kali timbul jerawat komedo di pipinya. Kondisi ini membuat Naura lebih sering berkutat di depan cermin dan menatap parasnya sendiri dengan beragam ekspresi. Terkadang tersenyum dan berpose layaknya foto model. Tapi kadang tampak muram karena kulitnya berjerawat dan kusam. 

Beberapa kali Naura mencoba menggunakan serum pencerah wajah agar kulitnya tampak glowing.

Apa yang dialami Naura adalah fenomena alami yang lazim terjadi pada masa pubertas.

Masa Pubertas: Masa Transisi yang Butuh Adaptasi

Pubertas merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak dan dewasa yang berlangsung dalam tahapan-tahapan dan dipengaruhi oleh sejumlah faktor neuroendokrin (hormonal) yang kompleks. Faktor tersebut bertanggung jawab terhadap awitan dan perkembangan menuju maturitas seksual yang sempurna.

Dengan kata lain, pubertas adalah satu fase tumbuh kembang yang menjembatani masa anak dengan masa dewasa. Fase transisi ini ditandai dengan berbagai macam perubahan, baik dari segi fisik-biologis maupun segi psikis. Fase ini harus dilalui oleh setiap anak supaya menjadi dewasa. Karena besarnya perbedaan yang terjadi, maka dibutuhkan proses adaptasi, dimana pada fase ini peran orang tua sangat vital.

Pada periode ini berbagai perubahan terjadi baik perubahan hormonal, fisik, psikologis maupun sosial. Perubahan ini terjadi dengan sangat cepat dan terkadang tanpa orang tua sadari. Perubahan fisik yang menonjol adalah perkembangan tanda-tanda seks sekunder, terjadinya pacu tumbuh, serta perubahan perilaku dan hubungan sosial dengan lingkungannya.

Tanda-Tanda Pubertas

Berbicara mengenai PUBERTAS, ketika ditanya kapan seorang anak dikatakan masuk dalam masa puber? Maka yang pertama kali muncul dalam benak banyak orang tua, adalah terjadinya mimpi basah (pada anak laki-laki), dan peristiwa menarche atau menstruasi untuk pertama kali, pada anak perempuan.

Jawaban di atas tidak sepenuhnya benar.


tanda-tanda pubertas melanda, perlu serum pencerah wajah

Perubahan yang terjadi pertama kali anak laki-laki di masa pubertas sebenarnya bukan mimpi basah, melainkan membesarnya ukuran testis, yang merupakan organ pembentuk sel-sel sperma.
Sedangkan pada anak perempuan, tumbuhnya organ payudara (disebut Breast Budding) adalah merupakan tanda paling awal terjadinya pubertas.

Pubertas harus terjadi dalam tahapan tertentu yang terjadi secara berurutan.

Urutan perubahan pada pubertas anak perempuan:

  1. Tumbuhnya payudara
  2. Tumbuhnya rambut pubis (rambut kemaluan)
  3. Menstruasi
Jadi, menstruasi menunjukkan bahwa pubertas sudah mendekati akhir atau merupakan tahapan akhir pubertas pada perempuan. Dengan kata lain, menstruasi tidak akan terjadi jika belum ada pertumbuhan payudara.

Sedangkan urutan tanda pubertas pada anak laki-laki adalah sebagai berikut:

  1. Bertambahnya volume testis
  2. Pertumbuhan rambut pubis
  3. Growth Spurt atau pacu tumbuh.
  4. Timbulnya jerawat, adanya jakun dan kumis menunjukkan bahwa pubertas sudah mencapai tahapan yang lanjut.
  5. Mimpi basah menunjukkan mulai aktifnya proses spermatogenesis dan seperti halnya menstruasi pada anak perempuan, maka mimpi basah ini terjadi pada tahap akhir pubertas.

Masalah Kesehatan Kulit yang Sering Terjadi pada Masa Pubertas

Di masa pubertas, kelenjar minyak di wajah menjadi lebih aktif, sehingga menghasilkan sebum terlalu banyak. Sebum adalah zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit (sebacea) dan berwarna kekuningan. Sebum disebut juga “minyak kulit”. Meningkatnya aktivitas kelenjar minyak disebabkan adanya lonjakan hormon seks pada masa puber.

Sebum yang berlebih membuat pori-pori gampang tersumbat, ditambah lagi dengan menempelnya debu, kotoran, dan bahkan bakteri , sehingga bisa menimbulkan reaksi peradangan pada kulit sehingga menghasilkan jerawat.

Beberapa referensi menyatakan bahwa 80% remaja mengalami masalah jerawat atau acne.

Selain masalah kulit berminyak dan jerawat, beberapa remaja pada masa pubertas mengalami masalah kulit kusan, kering dan sensitif.

Perawatan Kulit di Masa Pubertas

Beberapa perubahan yang terjadi pada masa pubertas, baik itu perubahan fisik maupun hormonal, menuntut perawatan kulit yang cermat. Pemilihan jenis skincare sangat menentukan hasil perawatan.

Pilihlah skincare yang oil-free dan yang berjenis non commedogenic

Sebaliknya, hindari pemakaian skincare yang commedogenic.

Ada beberapa zat (ingredient) yang biasa digunakan sebagai bahan dasar skincare yang bersifat comedogenic alias bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori, yaitu: Shea Butter, Coconut oil (minyak kelapa), Coconut butter, Almond oil (minyak almond), Soybean oil (minyak kedelai), Avocado oil (minyak alpukat), Olive oil (minyak zaitun), Wheat Germ Oil, Alkohol, Silikon, Acetylated Lanolin, Acetylated Lanolin Alcohol, Algae Extract, Red Algae, Algin, Carrageenan, Isopropyl Myristate, Isopropyl Palmitate, Octyl Palmitate, Ethyhexyl Palmitate, Laureth, Lauric Acid, Octyl Stearate, Oleth-3, PEG 16 Lanolin, Propylene Glycol Monostearate, Sodium Chloride, Stearyl Heptanoate, Stearic Acid, Lauroyl Lysine, Benzaldehyde

Untuk mengatasi kulit kusam, kering dan sekaligus membuat kulit remaja menjadi glowing, bisa menggunakan serum pencerah wajah. Pond’s Institute Japan yang dikenal sebagai pelopor dalam perawatan kulit, mengeluarkan produk terbaru yaitu Pond’s Triple Glow Serum dan Pond’s Triple Glow Serum Mask. 

pond's triple glow serum dan masker pencerah wajah

Kedua skincare diatas merupakan product yang oil-free dan tidak mengandung zat commedogenic. Jadi sangat aman buat remaja yang sedang dalam masa pubertas.

Mengapa Harus Pond’s Triple Glow Serum?

Pond’s Triple Glow Serum adalah konsentrat serum pencerah wajah yang menggabungkan 3 kekuatan terbaik.

Serum pencerah wajah yang dikemas dalam wadah berwarna pink lembut ini disinyalir mampu bekerja 60X lebih efektif dari Vitamin C, sehingga bisa dipastikan akan membuat wajah tampak glowing.
Serum pencerah wajah produksi Pond’s Institute Japan ini mempunyai 3 action yang dikenal dengan TRIPLE ACTION GLOW:

Action 1: Mencerahkan

Serum pencerah wajah ini mengandung glutathione yang merupakan antioksidan yang dikenal mampu mencerahkan kulit.
Formula unik Gluta-Boost-C yang terkandung dalam serum pencerah wajah ini efektif menyamarkan flek hitam, untuk wajah tampak cerah dan warna kulit merata.

Action 2: Melembutkan

Kandungan Vitamin B3 (Niacinamide) dalam serum pencerah wajah ini berfungsi untuk menyamarkan pori untuk wajah tampak mulus. Selain itu manfaat Vitamin B3 untuk kesehatan kulit adalah: mencerahkan, melawan penuaan dini, mengurangi kemerahan, dan memperbaiki lapisan kulit.

Action 3: Melembapkan

Salah satu kandungan serum pencerah wajah dengan tekstur yang sangat lembut ini adalah Hyaluronic Acid. Zat ini akan terserap ke setiap lapisan epidermis kulit untuk wajah tampak lembap berkilau. Selain itu hyaluronic acid juga berfungsi adalah menahan air pada jaringan kulit agar tetap terlumasi dengan baik serta tetap terasa lembap dan kenyal. Dengan demikian, air tidak akan menguap ke luar tubuh. 
serum pencerah wajah dari pond's

Cara Pemakaian Serum Pencerah Wajah dari Pond’s Institute

Cara menggunakan serum yang teksturnya lembut banget ini, sangat mudah! Enggak pakai ribet.
  1. Ratakan 2-3 tetes POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum di wajahmu setelah menggunakan 3-in-1 Potion Essence.
  2. Tepuk perlahan untuk membantu menyerap ke kulit.
  3. Lanjutkan dengan pelembap untuk mengunci manfaat terbaik dari serum pencerah wajah

Pond’s Bright Beauty Triple Glow Serum Mask

Selain serum pencerah wajah, Pond’s Institute Japan juga mengeluarkan produk berupa sheet mask yang sangat cocok buat remaja, terutama yang kulit wajahnya kusam dan butuh nutrisi tambahan.

Masker yang bernama POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Mask itu mengandung serum 100 kali lebih banyak dari sheet mask lainnya (berdasarkan kadar Niacinamide) untuk mencerahkan, menghaluskan, dan melembapkan kulit dalam 1 kali pakai!
Wow! kulit kulit wajah jadi lebih cerah, lebih halus dan lebih lembap dalam satu kali pakai masker?

Sekeren itukah?

Iya dong, yuk kita kulik rahasianya

Formula Khusus Pond’s Bright Beauty Triple Glow Serum Mask

Sudah pada tahu kan, si Wendy RED VELVET? Iya betul, bintang film dan penyanyi asal Korea yang terkenal dengan kulitnya yang super glowing itu.

Ternyata rahasia keglowingan kulit wajah Wendy RED VELVET salah satunya adalah rajin menggunakan masker dan serum pencerah wajah Pond’s Bright Beauty Triple Glow Serum Mask.

Ini dia rahasia kedahsyatan efek Pond’s Bright Beauty Triple Glow Serum mask:

Sheet Mask ini dilengkapi dengan konsentrat brightening yang menggabungkan 3 kekuatan skincare terbaik untuk pancarkan triple action glow:

  1. Mencerahkan dengan Gluta-Boost-C: mengandung glutathione, antioksidan yang dikenal mampu mencerahkan kulit. Formula unik Gluta-Boost-C efektif menyamarkan flek hitam dan mencerahkan wajah 60X lebih efektif dari Vitamin C
  2. Melembutkan dengan Vitamin B3+: menyamarkan pori untuk wajah tampak mulus
  3. Melembapkan dengan Hyaluronic Acid: menyerap mendalam ke setiap lapisan epidermis kulit untuk wajah tampak lembap berkilau

Manfaat Pond’s Triple Glow Serum dan Pond’s Triple Glow Serum Mask

masker dan serum pencerah wajah pond's

Setelah beberapa kali menggunakan serum pencerah wajah dari Pond's disertai penggunaan masker triple glow serum, kulit wajah Naurah memang terlihat lebih cerah, lebih segar dan lebih glowing.

Tidak hanya itu, ada beberapa kelebihan dari  serum pencerah wajah dari Pond's yang berlabel Pond's Triple Glow Serum, yaitu:

  1. Membuat pori-pori kulit wajah jadi lebih kecil dan tersamarkan
  2. Aromanya soft, teksturnya ringan, tidak lengket, cepat meresap agak kental dibanding serum pada umumnya, namun ketika diaplikasikan ke wajah jadi melted sehingga mudah banget diratakan di kulit dan mudah meresap sehingga wajah langsung lembap, sehat dan terasa kenyal.
  3. Setelah pemakaian kurang lebih 2 minggu, wajah kelihatan lebih cerah dan lembab.
  4. Bagi yang berjerawat, serum ini bisa menyamarkan bekas jerawat. Serum ini tidak bikin perih ketika diaplikasikan di kulit yang sedang berjerawat.

Pendek kata, serum pencerah wajah Pond's Triple Glow Serum dan Pond's Triple Glow Serum Mask adalah solusi nntuk masalah kulit wajah dan diformulasikan khusus untuk kulit Anda, dan yang paling penting: cocok untuk kulit remaja yang sedang dalam masa pubertas.


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

32 komentar

  1. Saya aja yg udah usia setengah abad mau juga punya kulit wajah glowing dan cerah. Ayo para remaja jangan kalah juga. Lakukan perawatan sejak dini untuk hasil yang lebih baik

    BalasHapus
  2. Katanya Pond's Triple Glow ini bisa untuk anak mulai usia 13 tahun. Jaid memang pas banget untuk anak remaja yang baru mulai pakai skincare

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terpenting, skincare ini oil free dan non commedogenic. JAdi aman banget buat para remaja yang sedang dalam masa pubertas

      Hapus
  3. saya juga sedang mencoba nih

    awalnya tertarik dengan kemasan mungil dan harganya terjangkau

    ternyata nyaman dipakai dan hasilnya bagus, kulit terasa halus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi viral nih Ambu... Harga murah, kualitas juara...

      Hapus
  4. kemasannya mungil bisa dibawa kemanapun, lebih praktis, harganya juga terjangkau hanya 19.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teksturnya lembut banget, tidak lengket dan baunya elegan.... juara deh pokoknya

      Hapus
  5. Daku udah pakai serumnya, senang dengan aromanya khas Pond's, dan tidak menyengat di hidung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teksturnya juga lembut banget... Harganya terjangkau kok...

      Hapus
  6. Ah iya banget, aku dulu pake Ponds di saat masa pubertas. Masa peralihan dari aku anak-anak yang gak peduli dengan kebersihan dan kecantikan kulit, ke aku yang remaja yang masuk masa puber dan kepengen dapet perhatian lawan jenis. Jadinya aku pake Ponds. Dan iya, kulit wajahku perlahan jadi cerah. Kudu nih para remaja kayak aku dulu untuk kenal produk ini. Aman dan berkhasiat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pond's memang aman untuk semua umur ya... Naura juga pakai lo. Lembut banget katanya...

      Hapus
  7. Kemasannya praktis, warna pink, mudah dibawa serum pencerah wajah terbaik dari pond's Indonesia

    BalasHapus
  8. Wahh saya baru tahu ternyata menstruasi itu sudah tahapan akhir pubertas untuk anak perempuan.

    Skincare memang sebaiknya dipakai sejak remaja yaa agar saat dewasa kulit tetap sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, banyak orang salah kaprah menganggap menstruasi itu awal pubertas....

      Setuju kak, perawatan wajah harus dimulai sejak usia muda

      Hapus
  9. Wajah tampak makin glow dan bersinar donk setelah pemakaian serum ya. Dulu awal pakai Ponds ini jaman sekolah sih sampe ikutan nonton konser Ponds juga di Medan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow... Seru ya kak konsernya. Bersinarnya wajah wanita sih sebenarnya bersumber dari dalam ya... Dari dalam dompet! :)

      Hapus
  10. Aku sudah coba nih maskernya, pas dipake nyaman banget, selesainya juga wajah jadi berasa ringan dan bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul.... Triple glow serum mask emang sedahsyat itu...

      Hapus
  11. Merawat kulit wajah emang harus sejak dini ya..termasuk sejak mas apubertas yang biasanya emang cenderung banyak masalah kulit. Alhamdulillah ada produk dari Pond's ini..jadi bikin tenang para ortu juga karena produknya mudah didapat dan harganya terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis, bisa dibawa kemana-mana dan aromanya lembut...

      Hapus
  12. Saya ingat banget pertama kali masuk masa puber. Selalu nggak nyaman dengan diri sendiri, baik soal berat badan maupun kondisi wajah, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum lagi kondisi psikis yang lebih sensitif dan labil. Pendampingan orang tua sangat vital pada masa-masa ini...

      Hapus
  13. Produk terbaru dari pond's ini emang juara, terlebih serumnya ada kemasan mungil, enak dibawa kemana aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya juga terjangkau, mudah didapat di minimarket terdekat

      Hapus
  14. Kenapa dulu pas aku remaja belum ada produk ini? Hehehe.. Dulu aku pakai facial wash nya Pond's. Produk yang paling hits lah dari dulu sampai sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, produk POND's emang legend ya... Aku juga pake kok sabunnya

      Hapus
  15. Alhamdulillah......Terimakasih dok atas informasinya sangat menambah ilmu dan pengetahuan sebagai orangtua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bu Ninik. Salam sehat selalu...

      Hapus
  16. Terima kasih nggih Dokter atas informasi dan ilmunya. masa remaja memang masalah wajah (berminyak, jerawat, komedo, dan kusam/gelap) menghantui khususnya bagi para perempuan.

    Berdasarkan pengalaman saya, kulit wajah saya termasuk. berminyak apalagi sekarang sering memakai masker. Sudah mencoba memakai beberapa produk serum tetapi masalah tidak teratasi, malah bertambah gelap dan muncul komedo sekitar hidung.

    Berdasarkan penjelasan dari Dokter, saya ingin mencoba produk dari POND'S yang lagi viral ini dan tentunya tidak mengandung commedogenik. Banyak teman saya yang menggunakan pond's wajahnya menjadi lebih glowing dan bersih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk POND's memang legend ya... Harga merakyat, mutunya dahsyat

      Hapus

Posting Komentar