blog dokter taura big ad

CINTA ITU URUSAN RASA: BUKU KUMPULAN CERPEN KARYA SEORANG DOKTER

Seorang dokter menulis buku non fiksi, apalagi tentang dunia kesehatan, itu sudah jamak. Tapi seorang dokter, tepatnya seorang dokter spesialis anak, menulis buku kumpulan cerpen (fiksi), itu tidak biasa. Bahasa kekiniannya anti-mainstream. Buku kumpulan cerpen yang dibuat dengan gaya lugas namun tetap mengedepankan pemilihan diksi yang indah.

Buku kumpulan cerpen berjudul Cinta itu Urusan Rasa sangat enak untuk dibaca sambil minum kopi

Tak Hanya Soal Cinta

Buku ini berisi 26 cerita pendek yang masing-masing mempunyai alur cerita tersendiri yang tidak saling berhubungan. Meskipun judulnya mengandung kata “Cinta”, tetapi cerita dalam buku ini tidak melulu beceloteh tentang cinta, rindu dan kekasih. Ada cerita tentang pengorbanan seorang anak demi bisa berqurban sebagaimana cita-cita ayahnya yang belum kesampaian hingga akhir hayatnya. Ada cerita tentang flora dan fauna, ada cerita seputar parenting, ada juga cerita tentang perjuangan seorang dokter dalam melawan pandemi.

Cerita Berlatar Belakang Rumah Sakit

Sebagai seorang dokter, tentu penulis tidak bisa meninggalkan dunia kesehatan dan kedokteran begitu saja. Ada beberapa cerita pendek dengan latar belakang rumah sakit atau pun dunia kesehatan.

Cerpen berjudul Cinta Mati, yang bercerita tentang dua orang dokter jaga ICU yang bersahabat sejak kuliah dan salah satu dari mereka harus menjadi pasien di ICU karena Covid-19. Padahal, cinta mereka masih belum tersampaikan. Hingga maut menjemput pun, cinta mereka hanya sekedar kata.

“Air mata yang sedari tadi aku tahan, takbisa lagi kubendung. Aku menangis bukan karena kehilangan cintaku, tapi karena tega mengkhianati sahabatku.” (Cinta Mati)

Ada pula cerita tentang bagaimana kegundahan hati seorang ayah manakala harus menerima kenyataan bahwa anaknya menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan berkebutuhan khusus. Cerita pendek berjudul Pensil Tumpul akan membuat pembaca berkaca-kaca. Cerita ini terpilih sebagai pemenang kedua dalam sebuah kompetisi menulis cerpen bertema Ikhlas.

Karena manusia hanya bisa berharap mendapatkan yang terbaik, tapi tak bisa memilih anak seperti apa yang kelak akan kita besarkan, karena anak pun tak bisa memilih dari rahim siapa dia dilahirkan. Semua sudah tertulis dalam takdirNya. Manusia hanya bisa berharap mendapatkan anak yang bisa menyejukkan mata dan hati semua orang, tapi tak mampu menolak jika darah dagingnya tidak sesuai yang diharapkan. Ya, ternyata manusia hanya bisa menerima. Jika kita ikhlas, dan selalu bersyukur, maka Allah akan selalu menambah nikmatnya.

Cerita Pendek dengan Alur yang Unik

Berbeda lagi dengan cerita pendek berjudul Monik dan Mutilasi. Cerpen ini mendapat juara kedua dalam kompetisi menulis bertema Bumiku. Bercerita tentang Monik yang hampir menjadi korban mutilasi. Ending dari cerita ini akan membuat pembaca tersenyum.

Buku kumpulan cerpen yang unik dan berkualitas

Ada lagi satu cerpen berjudul Bukan Cinta Terlarang. Di awal cerita, pembaca akan dibuat iba oleh nasib tokoh utama yang hamil diluar nikah dan yang membuatnya berbadan dua adalah saudara kembarnya sendiri. Namun di akhir cerita, Anda akan dibuat tercengang.

Aku tak bisa membayangkan bagaimana reaksi mama dan papa tatkala mengetahui kehamilanku yang tak bisa disembunyikan lagi. Rasa malu, sesal, kecewa, bercampur jadi satu. 

Dalam cerpen Dia Bukan Anakku, pembaca akan disuguhi teka-teki tentang siapa orang tua kandung dari seorang bayi yang ternyata sengaja ditukar oleh seorang oknum. Rumit, tetapi bikin trenyuh.

Cerita Pendek Genre Olah Raga

Salah satu favorit saya di buku kumpulan cerpen ini adalah Juna dan Sepatu Jojo yang bergenre cerita fiksi olah raga, tepatnya bulutangkis. Bagi Anda penggemar bulu tangkis, pasti tak ingin melewatkan satu huruf pun untuk tidak dibaca. Seru sekaligus menghibur. Cerita pendek ini menjadi pemenang di salah satu kompetisi menulis di salah satu penerbit.

Kesimpulan

Pendek kata, jika Anda membutuhkan bacaan yang tidak rumit, tidak perlu berpikir keras, menghibur sekaligus mendapat banyak pelajaran, jangan ragu untuk segera memesan buku kumpulan cerpen ini. 

Buat Anda yang terlalu sibuk, yang enggan membaca cerita hingga berhari-hari baru tamat, silakan menikmati buku ini yang sekali duduk bisa menyelesaikan satu atau dua cerita pendek.

Buku kumpulan cerpen yang wajib Anda miliki

Semoga kisah-kisah dalam buku ini bisa menginspirasi kita dalam menjalankan hidup, dan bisa mengubah hidup kita menjadi lebih baik serta bermanfaat bagi banyak orang.

Buku kumpulan cerpen berjudul Cinta itu Urusan Rasa ini bisa diorder di market place ataupun melalui DM akun instagram penulis @taura-taura


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

47 komentar

  1. Dennise Sihombing10 Juni 2022 pukul 17.32

    Yeea keren nih dr.Taura multitasking. Dokter tapi pintar juga nulis cerpen. Setuju dok Cinta itu memang urusan rasa. Sukses dok

    BalasHapus
  2. Wow selamat ya atas terbitnya kumpulan cerpen yang sungguh semuanya bikin penasaran nih. Btw gak ada bocoran harga bukunya, Dok?
    Padahal sekalian aja disertakan
    Biar ga penasaran hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAkasih Kak Okti. HArga buku 65K, sudah ada kok di flyer yang terpampang di gambar depan. Yuk diorder yuk...

      Hapus
  3. Mantap nih buku kumpulan cerpen bertemakan cinta akhirnya keluar juga, congrats :) Cinta urusan rasa, rasa yang penasaran rindu tiada tara eeeaaa hihihi. Cinta ga melulu soal pasangan tapi anak terhadap orangtua dan sebagainya memang seru diulik ya :)

    BalasHapus
  4. Keren dokter Taura. Manajemen waktunya jempol banget. Salut.
    Selamat untuk terbitnya kumpulan cerpen Cinta itu urusan rasa. Penasaran dengan kisah di dalamnya. Akankah rasa dan logika sempat berdebat?

    BalasHapus
  5. duh jadi ingat Marga T, berkatnya saya jadi tahu 'kulitnya' dunia medis yang sebelumnya tertutup tirai tebal
    padahal banyak istilah kedokteran yang baru saya tahu tapi justru jadi melekat erat
    kapan nulis novel dok?

    BalasHapus
  6. wah keren nih, jarang-jarang saya liat dokter menerbitkan buku cerpen.
    Isi cerpennya bikin penasaran pula, kalau soal cinta memang selalu ada hal menarik yang bisa dibaca atau diketahui :)

    BalasHapus
  7. Ada beberapa temanku yang dokter dan juga aktif menulis fiksi, cerpen atau novel. Aku jadi mikir, kok sempet ya nulisnya? Hehe.... Tapi dokter menjulis fiksi yang paling legend itu Marga T dan Mira W. Btw, selamat atas terbit buku barunya, Dok.

    BalasHapus
  8. Selamat ya dok untuk bukunya yang sudah terbit. Semoga laris manis dipasaran. Spoilernya lumayan bikin penasaran cerita lengkapnya

    BalasHapus
  9. Selamat atas terbitnya Kumpulan Cerpen Cinta Itu Urusan Rasa, Dokter Taura. Beneran sih ini antimanistream seorang dokter anak menciptakan sebuah karya sastra dalam bentuk kumpulan cerita pendek..

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah berkarya dengan tulisan dokter, hasilnya dokter menulis berbuah buku. Amazing, meluangkan kesibukan healty dengan menulis juga.

    BalasHapus
  11. Cerpen dengan judul Cinta Mati mengingatkan pada novel karya seorang teman penulis yang juga blogger. Novel itu menceritakan tentang persahabatan, pengabdian dan cinta. Hampir mirip latar belakangnya rumah sakit. Juga penyebab perpisahannya. Covid 19. Bedanya, di cerpen cinta mati, cinta mereka nggak tersampaikan. Sementara di novel temanku, keduanya sudah terikat pernikahan dan menghadirkan seorang anak. Ah sedinya.

    BalasHapus
  12. Keren dok. Salut dengan sosok dokter Tauda yang tak hanya oke di bidangnya sebagai dsa namun juga kemampuan menulisnya patut diacungu jempol

    BalasHapus
  13. Yeeiiy buku solonya udah terbit.. Satu hal ciri khas cerpen yang ditulis pak dokter super ini adalah plot twist nya iti lhooo.. Kereeenn!!!

    BalasHapus
  14. Wah, keren nih dok.. Ceritanya ringan dan menghibur dan bikin penasaran nih.. Selamat atas terbit buku solo nya ya dok^^

    BalasHapus
  15. Semakin melejit ya dok, nggak habis pikir seorang dokter gemar menulis dan kini menelurkan buku solo pulak. Kapan bikin giveawaynya dokter ...

    BalasHapus
  16. Wih mantap dok. Aku beberapa kali baca tulisan dokter yang fiksi, berasa bgt kaya real dan endingnya suka nggak terduga hahaha latarnya tetep kesehatan pasti lebih ngena. Sukses terus dok!

    BalasHapus
  17. Ceritanya keren - keren nih dok..btw itu kisah nyata semua tampaknya ya jadi lebih menjiwai dan bernyawa ceritanya

    BalasHapus
  18. Barokallah ya dokter. Laris manis bukunya luar biasa masih bisa menulis untuk menyemarakkan dunia literasi. Pasti banyak yang cerita serunya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Maturnuwun... Iya semuanya seru

      Hapus
  19. Uwuw uwuww.. Keren Pak Dokter dah punya buku fikai juga. Atuh pak.. Profesinya jangan banyak2, nanti penulis sedih lahannya diambil juga sama dokter multi talented gini.. ahahaha

    BalasHapus
  20. MasyaAllah dok, hobinya bisa dinikmati khalayak umun nggih... sukses selalu sebagai penulis nggih dok

    BalasHapus
  21. Masyaallah tabarakallah, dokter keren sekali dapat menghasilkan karya dari hobi yang dokter sukai. Gaya penulisannya sangat mudah untuk dipahami dan juga dinikmati ketika dibaca. Semoga dokter sukses selalu dan terus menghasilkan karya nggih dokter

    BalasHapus
  22. Hani Mufidatul Khoiriah L-3813 Agustus 2022 pukul 15.57

    MasyaAllah keren sekali dokter, selain disibukkan dengan praktek, dan mengajar, dokter masih bisa menghasilkan karya yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Tulisan dokter juga sangat enak dibaca dan mudah dipahami. Sukses selalu dokter, dinantikan karya-karya selanjutnya.

    BalasHapus
  23. MasyaAllah dokter, selain memberikan banyak ilmu melalui tulisan dokter di blog ini, ternyata hobi yang disukai oleh dokter juga menghasilkan karya berupa sebuah buku yang memiliki gaya penulisan mudah dibaca dan dipahami sehingga dapat dinikmati oleh semua pembaca. Sukses selalu nggih dokter.

    BalasHapus
  24. Delly Safira Hedaputri4 Desember 2022 pukul 11.05

    Membaca sepenggal kisah dari cerpen dokter sudah membuat hati ini bergetar, terutama yang berjudul Pensil Tumpul. Memang, ikhlas dan syukur adalah 2 kunci yang perlu kita pegang dalam menjalani hidup ini sambil berharap akan datangnya nikmat.

    BalasHapus
  25. Wahh dokter, sebenarnya bisa andai nanti kisah dokter sebagai seorang profesi dan sebagai pengajar atau pembimbing mahasiswa dituangkan dalam bentuk novel. Jadi semua bisa tau bagaimana sudut pandang seorang dokter yang sekaligus menjadi pengajar, menghadapi kasus yang ada dan menghadapi banyak mahasiswa yang bermacam jenisnya hehe.. tapi mu gkin bisa dituangkan sbgai tokoh fiksi mungkin cukup menarik dok hehe

    BalasHapus
  26. MasyaAllah keren dokter, disela sela begitu padatnya jadwal dokter sebagai dokter spesialis anak masih bisa menyempatkan waktunya untuk menulis dan menerbitkan sebuah buku. Sebuah hobi sekaligus bisa menjadi profesi kedua selain menjadi dokter. Sebuah inspirasi untuk orang lain terutama saya sendiri agar terus mengembangkan hobinya.

    BalasHapus
  27. maa shaa Allah hanya membaca beberapa kutipan cerpen saja sudah membuat terharu, salah satunya kutipan cerpen dari cinta mati dan pensil tumpul. keren banget dokter, membuat saya jadi ingin membaca cerpen kembali.

    BalasHapus
  28. Fenny Retno Ningrum4 Desember 2022 pukul 21.56

    MaasyaAllah tabarakallah dokter. Auto ceki-ceki syopi lihat harganya dulu, masuk wishlist dulu nanti di co setelah stase anak rampung dokter, insyaAllah hehe. Semoga lebih banyak lagi hal-hal baik yang dokter torehkan melalui tinta kegemaran dokter. Yang barangkali terlihat sepele namun terkandung banyak sekali kebaikan didalamnya, yang bisa menyentuh relung hati siapa saja yang membacanya. Dan semoga, kami sebagai anka didik dokter semoga bisa senantiasa meneladani kebaikan demi kebaikan yang dokter ajarkan kepada kami, aamiin. Semoga sehat selalu nggih, dokter.

    BalasHapus
  29. MasyaAllah luar biasa dokter, ringkasan-ringkasan yang bikin tertarik untuk membaca cerita lengkap dari cerpennya. jadi tertarik untuk cari cari bukunya nih hehe. cerita ringan dan mudah dimengerti jadi obat yang pas dikala waktu senggang sembari mengisi waktu dengan membaca.

    BalasHapus
  30. MasyaAllah memang karya-karya dokter selalu keren dan bisa menginspirasi banyak orang, baru membaca kutipan cerpennya saja sudah sangat menarik dari gaya bahasa dan pembawaannya pun sangat menarik untuk dibaca. MasyaAllah sekali disela-sela kesibukan dokter masih menyempatkan untuk berbagi cerita ke banyak orang melalui tulisan-tulisan yang luar biasa. Semoga dokter terus menginspirasi banyak orang dan menghasilkan karya-karya yang luar biasa ditengah-tengah kesibukan menjadi dokter. Sukses selalu dokter. Ditunggu karya-karya berikutnya

    BalasHapus
  31. Waah masha Allah dokter, setelah saya membaca tulisan dokter terkait cuplikan2 isi cerpen dalam buku dokter saya jadi penasaran dan ingin membaca semua cerpennya dok. Saya dulu suka sekali baca novel2 mulai dari fiksi hingga non fiksi, salah satu genre kesukaan saya adalah genre romance dok hehe. Sukses selalu nggih dok untuk karya-karyanya🙏

    BalasHapus
  32. Salwa Rizqi Salsabila15 Juni 2023 pukul 08.15

    MasyaAllahh dokter saya kagum sekali dengan njenengan, dulu waktu pertama menjadi mahasiswa di RSML saya sering melihat buku njenengan di ruangan lalu saya penasaran dan refleks mengambil buku itu lalu saya baca. Saya baca halaman demi halaman sampai ikut masuk ke ceritanya dok. Masih baca awal-awal, ceritanya ringan dan menarik. Tiap judul pasti ada moral valuenya. Saya kepo siapa penulisnya, tambah kagum ternyata yang membuat salah satu dokter di RSML dan yang akan menjadi konsulen saya nantinya.

    BalasHapus
  33. Luar biasa inspiratif Dokter! Saya percaya bahwa tulisan yang diukir dari hati pasti juga akan sampai ke hati. Dan saya juga percaya bahwa rasa, cerita, dan bahagia itu milik semua orang, yang bisa ditularkan lewat tulisan. Terus menginspirasi dan semangat untuk kita semua dalam menginspirasi baik orang-orang sekitar kita :)

    BalasHapus
  34. Luar biasa dokter. Manajemen waktunya luar biasa. Disela kesibukan dokter sebagai klinisi juga sempat menciptakan buku yang isinya sangat inspiratif. Penulisannya sangat mudah dipahami berbagai kalangan dengan menggunkan diksi yang teramat elok yang menstimulasi imaji pembaca. Sukses selalu sebagai penulis dan terus menginspirasi nggih dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Fathur... Saya hanya menjalani apa yang Allah karuniakan. Semoga bermanfaat ya... hobby itu bisa jadi profesi jika dijalani dengan sepenuh hati.

      Hapus
  35. Muhammad Alwan Al Khawarizmi4 September 2023 pukul 06.28

    Masya Allah dokter, sangat mengisnpirasi, dokter adalah bukti nyata bahwa seorang dokter tidak melulu bergelut dengan jurnal dan textbook tetapi juga bisa menyalurkan hobi menulis karangan karangan yang indah, cerita cerita inspiratif yang ringan namun sarat dengan makna, saya kagum melihat dokter karena tidak hanya cerdas tapi juga sangat multitalented

    BalasHapus
  36. Waah masha Allah dokter, sekilas saja membaca judul dan cuplikan-cuplikan ceritanya membuat semakin penasaran cerita lengkapnya. Penulisannya mudah dimengerti pembaca dan yang terpenting selalu banyak pesan yang disampaikan di setiap ceritanya. Semoga dapat terus membuat tulisan indah yang selalu menginspirasi nggih dokter

    BalasHapus
  37. Masyaallah dokter, belum membaca secara lengkap saja sudah membuat saya tertarik dengan cerita lengkapnya. Penulisannya mudah dipahami dan dimengerti oleh pembacanya. Masyaallah, luar biasa sekali dokter, disela sela kesibukan menjadi dokter, masih bisa berkarya seperti ini. Semoga dapat terus menginspirasi untuk kita semua nggih dokter :)

    BalasHapus
  38. Masya Allah dokter keren sekali dapat membuat karya dari hobi yang disukai oleh dokter. Saya amat suka dengan gaya penulisannya sangat mudah dipahami dapat dinikmati ketika dibaca. Selain itu saya merasa bangga menjadi anak didik dokter yang sekaligus merupakan penulis yang hebat.

    BalasHapus
  39. Masyaallah dari cuplikannya saja sudah bisa ditebak ceritanya sangat menarik dokter. Keren sekali dokter bisa tetap konsisten menulis buku disela-sela waktu dokter yang sudah sangat sibuk sebagai dokter spesialis anak. Semoga dokter sehat selalu dan terus bisa menginspirasi kami semua dengan karya-karyanya dokter

    BalasHapus
  40. Dinda Alifia Darmajik27 Januari 2024 pukul 17.51

    MasyaAllah luar biasa sekali dokter, tidak mudah dapat menuliskan apa yang kita pikirkan dengan bahasa yang mudah dipahami dan menarik, tetapi dokter dapat melakukan segalanya dengan baik, di sela sela kesibukan dokter dapat meluangkan waktu, sukses selalu nggih dokter, saya selalu kagum dengan dokter selain menjadi dokter yang hebat juga menjadi penulis yang sangat baik

    BalasHapus
  41. Luar biasa, jarang sekali menemukan dokter yang suka menulis seperti dokter Taura. Memiliki kesibukan yang tinggi, namun masih sempat menuangkan ide, gagasan, serta kreativitas dalam sebuah karya seni. Membaca beberapa cuplikan isi buku ini membuat semakin penasaran dengan kisah lengkapya. Selamat dokter atas terbitnya Buku Cinta Urusan Rasa. Sukses selalu dokter

    BalasHapus
  42. Wah selamat dokter atas terbitnya bukunya, dari sepenggal kutipannya saja sudah bikin saya terhibur dan penasaran. Ceritanya ringan dan sangat menarik ya. Ditunggu karya-karya berikutnya dokter

    BalasHapus
  43. MasyaAllah dokter dalam kesibukan masih menyempatkan diri untuk berkarya dan mendidik, saya bangga menjadi anak didik dokter. semoga dokter sehat selalu

    BalasHapus
  44. wah keren nih, jarang- jarang aku liat dokter menerbitkan novel cerpen.

    Isi cerpennya buat penasaran pula, jika soal cinta memanglah senantiasa terdapat perihal menarik yang dapat dibaca ataupun dikenal:)

    Masyaallah keren sekali dokter. Novel yang njenengan buat, sangat menarik serta mengundang pembaca buat dapat turut merasakan gimana kondisi kehidupan di rumah sakit. Terlebih lagi dengan bermacam POV yang terus menjadi membuat penasaran para pembacanya.

    BalasHapus

Posting Komentar