blog dokter taura big ad

MEMANDIKAN BAYI: BUKAN SEKEDAR RUTINITAS DI PAGI HARI

Manfaat Memandikan Bayi

Memandikan bayi ternyata bukan hanya sekedar membersihkan tubuh bayi dari kotoran dan menyegarkan tubuh/kulit bayi, namun ada berbagai keajaiban dibalik itu, antara lain:
  1. Memandikan bayi adalah saat bonding (upaya mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi) terbaik setelah momen “menyusui”, yang sangat memorable dan selalu ditunggu tunggu oleh si bayi
  2. Saat memandikan, kita bisa tahu manakala ada ruam di kulit, gigitan serangga, benjolan yang tidak wajar, hingga adanya sensasi nyeri pada bagian tubuh tertentu jika dilakukan penekanan. Jadi saat memandikan adalah saat terbaik kita mencari tahu kondisi kesehatan bayi secara kasat mata.
  3. Saat memandikan adalah saat terbaik orang tua melakukan stimulasi pada si kecil. Lakukan rangsangan pada semua "pintu masuk stimulasi” antara lain indera pendengaran (ajak bayi berkomunikasi verbal baik secara aktif maupun pasif), indera penglihatan (selama proses memandikan, jaga agar selalu terjadi kontak mata) dan tentu saja rangsangan taktil (sentuhan dan pijatan lembut pada kulit bayi di seluruh bagian tubuh bayi)
    keajaiban-dibalik-aktivitas-memandikan-bayi

Jadi memandikan bayi sebaiknya dilakukan oleh orang terdekat dari bayi, yaitu ibu dan atau ayah bayi

Adalah sesuatu yang merugikan jika dalam hal memandikan bayi, kita menggunakan jasa orang lain seperti baby sitter, dukun bayi, tenaga paramedis, pun juga para grandma tercinta, kecuali dalam situasi yang mendesak dan terpaksa. 

Kita tidak hanya rugi secara finansial, tapi yang terpenting adalah rugi dalam hal kehilangan kesempatan emas melakukan hal-hal positip yang sudah disebutkan di atas. Banyak ibu mengungkapkan rasa khawatirnya dan ke-tidak pede-an nya jika harus memandikan bayinya sendiri, terutama jika si bayi adalah anak sulung. Untuk itu dalam artikel ini akan saya paparkan beberapa tips menarik seputar memandikan bayi.

10 Tips Memandikan Bayi

Selain beberapa benefit dari momen “memandikan bayi”, tahukah Anda bahwa sebenarnya memandikan bayi itu juga rumit dan berbahaya? 

Selain harus “hati-hati” dalam setiap langkah memandikan bayi, Anda harus paham trik dan tips selama proses memandikan:

tutorial-baby-bathing

  1. Waktu yang tepat untuk memandikan bayi adalah : pagi atau sore. Usahakan ibu tidak terburu buru dan memiliki waktu cukup untuk bayi. Pertimbangan pagi hari, saat bayi baru bangun dan siap untuk aktivitas sedangkan sore hari ketika bayi relaksasi menjelang tidur.
  2. Tempat memandikan bayi : bak plastik kecil yang di berikan dudukan karet (agar bayi tidak tergelincir) atau wastafel khusus untuk memandikan bayi.
  3. Di beberapa kepustakaan menekankan waktu memandikan bayi baru lahir sebaiknya 1-2 kali seminggu untuk menjaga kelembapan kulit bayi dan mencegah hipotermi (suhu tubuh bayi di bawah 36,5°C). Selebihnya kita cukup membersihkan muka, alat kelamin dan pantat bayi setelah BAK dan BAB. Terlalu sering memandikan bayi akan merusak kulit bayi dan menjadikan kulit kering karena kandungan mineral, logam dalam air.
  4. Memandikan bayi tidak selalu dilakukan dalam bak air . The American Academy of Pediatrics merekomendasikan mandi dengan “sponge” sampai tali pusat lepas alias puput pusar (bahasa jawa, red) - yang mungkin memakan waktu hingga 2-3 minggu.
  5. Mandi sebaiknya menggunakan air hangat dengan suhu 37 derajat celcius ( air hangat akan merelaksasikan tubuh bayi)
  6. Isi bak mandi bayi dengan air hangat. Untuk bayi baru lahir sampai usia 6 bulan, isi dengan air hingga tingginya mencapai 13 cm. Jangan mengisi bak melebihi pinggang dalam keadaan bayi di dudukkan.
  7. Tidak perlu sabun khusus untuk memandikan bayi. Sebenarnya memakai air biasa saja cukup. Jika butuh sabun gunakan sabun tanpa pewangi dan Ph netral, hindari mandi busa dan sabun wangi.
  8. Bilas dan keringkan dengan handuk dengan membungkus dan menepuk-nepuk (jangan di gosok-gosok). berikan pelukan pada anak untuk menghangatkan kurang lebuh 10 menit dalam keadaan bayi sudah kering
  9. Kebanyakan bayi yang baru lahir tidak perlu lotion setelah mandi. Cara terbaik untuk mencegah ruam adalah mengeringkan lipatan kulit bayi Anda setelah setiap mandi. Jika Anda memilih untuk menggunakan lotion, pilih yang hypoallergenic
  10. Gunakan pakaian kering, bungkus dan hangatkan. Berikan ciuman pada bayi di keningnya yang harum.

Jangan Pernah Melakukan ini Saat Memandikan Bayi

Jangan pernah meninggalkan bayi di dalam bak mandi dalam keadaan apapun. Jika ada sesuatu yang mengharuskan kita untuk meninggalkan bayi minta bantuan untuk melanjutkan mengganti memandikan, atau bayi di angkat dengan handuk dulu.

Tahukah Anda bahwa ada 2 jenis “kecelakaan” yang paling sering terjadi saat memandikan bayi?

  1. Bayi tenggelam
  2. Terjadi luka bakar akibar air mandi yang terlalu panas
    mitos-atau-fakta-dibalik-memandikan-bayi

Mitos atau Fakta?

Mitos: Memandikan bayi dengan air dingin bisa membuat bayi jadi lebih kuat.

Fakta: Memandikan bayi dengan air dingin berbahaya karena bisa menyebabkan hipotermia. Kondisi hipotermia ini bisa meningkatkan metabolism tubuh dan menguras banyak energi. Bayi yang sudah berusia di atas 1 tahun, cukup aman mandi dengan air dingin.

Mitos: Memandikan bayi di malam hari bisa menyebabkan bayi sakit atau masuk angin

Fakta: Memandikan bayi di malam hari dengan air hangat justru menguntungkan karena membuat bayi relaksasi menjelang tidur dan akan berdampak pada tidurnya yang menjadi nyenyak.

Mitos: Durasi mandi yang terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering

Fakta: Mandi terlalu lama memang tidak baik. Karena hal ini dapat membuat minyak alami pada kulit bayi berkurang. Sebaiknya memandikan si kecil cukup 5-10 menit saja.





















DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

71 komentar

  1. Terimakasih banyak dokter ilmunya pagi ini. Izin bertanya dokter, bagaimana cara yang paling mudah untuk mengetahui suhu air sudah tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk bayi? Apakah dengan menempelkan siku tangan kita ke dalam air sudah cukup dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud saya selain dengan menempelkan telapak/pergelangan tangan apakah dengan menempelkan siku ada perbedaan lebih efektif dokter? Karena siku tangan kulitnya lebih tebal daripada telapak/pergelangan tangan, dok

      Hapus
  2. Wahh terimakasih banyak ilmunya di pagi hari ini, izin bertanya sekiranya memandikan bayi lebih dari 2x sehari apa boleh nggih, pagi setelah bangun tidur siang setelah bermain, dan sore apa boleh nggih dokter? Dan berapa lama durasi mandinya nggih dokter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo... Sudah baca artikelnya belum? Di situ sudah dijelaskan lho... Yuk baca dg teliti

      Hapus
  3. wah semakin menarik pembahasannya, ijin bertanya dokter, kapan sebaiknya bayi baru lahir boleh dimandikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu hingga stabil ya... Di beberapa kepustakaan disebutkan, tunggu 24 jam pasca lahir. Insyaallah aman

      Hapus
  4. Terima kasih banyak atas ilmunya dokter, izin bertanya dokter berarti untuk bayi yang belum lepas tali pusarnya, sebaiknya tidak dimandikan dalam bak air nggih dokter? Alasannya mengapa nggih dokter? Terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di referensi internasional seperti itu, tujuannya untuk mencegah infeksi. Ingat, salah satu pintu masuk infeksi adalah tali pusar

      Hapus
  5. menarik dokter pembahasan kali ini, yang ingin saya tanyakan adalah, kiranya umur berapa nggih dokter, ideal nya untuk bayi diajarkan berenang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya ada di next article ya... Pokoknya, stay tune terus di Blog Dokter Taura... Blog obat anti-galau

      Hapus
  6. Alhamdulillah menambah referensi ilmu di pagi hari, dokter izin bertanya jikalau tidak sengaja kita memandikan bayi dengan air terlalu panas dan terjadi luka bakar, untuk penanganan awalnya bagaimana nggih dokter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera guyur dengan air dingin yang bersih, bawa ke IGD terdekat

      Hapus
  7. Indra Ardiansyah2 Oktober 2021 15.59

    Alhamdulillah.. ada bacaan ringan dan informatif, terima kasih dokter. Dok, izin bertanya, apakah boleh bayi dimandikan saat masih demam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oleh-oleh saja, asal pakai air hangat ya. Tapi sebagian orang tua ragu untuk melakukannya. Kebanyakan memilih sibin atau seka

      Hapus
  8. Terimakasih banyak dokter atas ilmunya. Mohon izin bertanya dokter untuk penggunaan shampoo pada bayi apakah diperbolehkan nggih dokter dan apakah ada bahan tertentu nggih dokter yang perlu diperhatikan? Terimakasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, asal tidak terlalu sering ya, karena bisa membuat rambut dan kulit kepala mengering, cukup seminggu 2 kali

      Hapus
  9. Saya baru tahu beberapa fakta memandikan bayi tadi, Dok. Memang artikel Dokter Taufiq selalu informatif dan mudah dicerna. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak... Semoga bermanfaat ya artikel-artikel dari Blog Dokter Taura

      Hapus
  10. Bermanfaat banget buat saya, Dok. Selama ini selalu dimandikan sendiri anak-anak. Sejak baru kahir sampai sekarang. Ternyata manfaat memandikan anak banyak sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, salut buat Pak Gak yang rajin memandikan bayi... Sementara banyak para ayah yang takut melakukannya....

      Hapus
  11. anaakku 6 bulan udah training mandi air dingin Dok alhamdulillah 8 bulan ini baru lulus. rupanya tunggu 1 tahun ya biar aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemampuan bayi dalam beradaptasi dengan suhu sekitar, berbeda-beda. Perlu latihan memang... Selamat ya kak

      Hapus
  12. jadi muncul pertanyaan deh pak, bagaimana mendosorng ayah agar mau mendikan bayik. Taut katanya. DAn aku baru tahu kalau diperbolehkan mandikan bayi tanpa sabun ... yang kutahu hanya mendikan bayi ya pakai sabun bayi. TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayahnya suruh baca Blog Dokter Taura deh... Lebih seru lagi kalau yang mandikan ayah dan bunda barengan.... Mesra kan?

      Hapus
  13. ciri khas blog Pak Dokter, judulnya menggoda, isinya daging semua. Sangat berguna, dan rugi kalau dilewatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judulnya seronok ya bun.... Semoga bermanfaat buat semuanya...

      Hapus
  14. Pak dokter tak ada duanya. Isinya benar-benar membuka wawasan lain tentang si dedek. Aku baru tahu fakta memandikan bayi, hihii. Pantes aku pas tahu mbak ipar yang perawat kebetulan nginep di rumah, mandiin g pake sabun malahan. Ak yang kaget. Ku simpen sendiri sampe saat ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mandi gak pake sabun itu hanya utk bayi ya mbak... Jangan dipraktikkan ke ibunya

      Hapus
  15. masya allah dok membuat aku mengingat masa dimana diminta buat mandiin bayiku sendiri di RS tapi emang bener sih bonding si anak sulung ini kuat banget ke aku, heheh wah aku suka nih ulasannya dokter konsisten topik ibu dan anak. kan dokter anak ya.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bunda Hamim... Niche blog Dokter Taura memang seputar kesehatan anak... Blog anti-galau bagi emak-emak. Share ke grup sebelah dong bund...

      Hapus
    2. asiap insya allah dok, aku kasihkan rekomendasi blog ini saat diminta ya kan gak asyik kalo. ngeshare hal2 yg mereka kurang butuh. kayak obat gtu kalo g pas juga gak bekerja obatnya hihihi.. tapi topik yng bermanfat selalu dicari kok dok

      Hapus
  16. Mitos memandikan bayi saat malam hari itu maksimal jam brapa ya dok? Soalnya takut juga nih kalau terlalu malam buat memandikan bayinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Malam" itu maksudnya sebelum bayi tidur malam. Waktunya disesuaikan dengan aktivitas bayinya aja...

      Hapus
    2. Siap, makasih ilmunya dok..
      Semoga bisa segera punya baby lagi biar gak lupa cara memendikan bayi ini..hiihii,,

      Hapus
  17. Masha Alloh artikelnya lengkap, ringan penuh makna, di baca sekali duduk lngsung nyeresep ilmunya. Buat para ibu harus banget nih follow blog dr taura.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bund Junet... Dibaca sambil berdiri, sambil lari pagi, juga gpp kok. Yang penting dipraktikkan dalam kehidupan nyata...

      Hapus
  18. Lengkaap banget pembahasannya, itu kenapa aku sering lihat bu ibu kalau mandiin bayi selalu ada pinjatan tipis dibagian2 tertentu, eh, ternyata ini bisa jadi stimulus bayi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Infant massage saat memandikan bayi sangat bermanfaat bagi optimalisasi tumbuh kembang... Hayuk segera dipraktikkan

      Hapus
  19. durasi memandikan yg terlalu lama bisa membuat kulit kering mungkin maksudnya bukan efek krn airnya ya? tapi karena sabunnya ya, betulkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa karena dua2nya (air dan sabun). Makasih ya bun, sudah berkunjung ke Blog Dokter Taura

      Hapus
  20. Alhamdulillah ketiga anakku tak ada yang menggunakan jasa orang lain untuk memandikannya. Bener banget emang ya, rugi kalau nggak memandikan sendiri, moment emas bisa lewat sia-sia .. kecuali kalau kondisi memaksa, lain cerita ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Selama bunda... Anda layak dapat bintang

      Hapus
  21. Ternyata memandikan bayi itu banyak manfaatnya, ..
    Sayang saya belum pernah memandikan bayi..hanya liatin doang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya Pak... Dengan ikhtiar intensif dan doa khusuk, insyaAllah segera tercapai... Amin

      Hapus
  22. Pak dokteer, coba saya baca tulisan ini tahun lalu, saya bisa langsung praktek tanpa coba-coba :")

    Pas anak pertama, saya ga diizinkan mandiin sama mertua. Sedih juga karena ga boleh mandiin. Begitu punya anak kedua dan kondisinya sendirian di luar negeri, jadi seneng karena dapet kebebasan mandiin anak, sambil nyoba2 mandiin yg bener kyk gimana. Tapi alhamdulillah, sebagian besar seperti yg dokter jelaskan di sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kan, semua akan indah pada saatnya. Sabar adalah koentji #apaseh

      Hapus
  23. Saya pernah nyoba mandiin bayi waktu istri belum fit sehabis melahirkan, ternyata ga mudah ya awalnya, takutnya salah megang, tapi lama-lama bener banget apa yang dituliskan dokter, mandiin bayi tuh jadi waktu buat bonding. Kerasa banget quality time nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pingin punya bayi lagi ya pak... Tapi jangan dari yang lain ya pak, tetap setia sampai akhir...

      Hapus
  24. Kalau mandiin anak sendiri, walau baru berojol juga gak deg2an beda halnya dengan mandiin anak orang 😬

    Duh, kenapa bisa begitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dulu kan?
      Coba sekarang rasakan bedanya setelah baca artikel di blog Dokter Taura...
      Blog anti galau bagi emak-emak yang riting kiri tapi besoknya ke kanan

      Hapus
  25. Nah memang setuju banget nie kalau moment mandi bayi itu sebagai salah satu bonding time antara orangtua dan bayi. Suami kadang maksa mau mandiin bayi kami juga, tapi ku takut..ga percayaan wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mandiin bayi berdua justru lebih seru dan lebih memorable... Cobain deh....

      Hapus
  26. gimna ya rasanya mandiin bayi sendiri hehe, ilmunya aja dulu deh, nanti praktek hehe.
    tapi, mitos-mitos yang dipaparkan di atas, itu bersumber dari para ortu jaman dulu ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, banyak mitos yang menyesatkan... Hati-hati

      Hapus
  27. Kangen momen seperti ini. Tapi sudah nggak mungkin ada bayi lagi.. mandiin cucu ntar eh tapi biar ayah bundanya deh yang mandiin, grandma nggak boleh ikut campur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grand Ma nya cukup supervisi aja bund... Sambil beri wejangan ke ibu bayi.

      Hapus
  28. Wah, baru tau aku kalau ternyata memandikan bayi tidak sekadar untuk kesehatan fisik bayi. Tapi juga jadi momen penting kontak batin dan berkomunikasi dengannya. Makasii dok atas tulisannya yang menarik. Bisa buat bekal nih buat aku yang masih single.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, "single" itu hanya status persinggahan menuju "nyonya" . Gak lama lagi insyaallah kak Mila akan merasakan momen memandikan bayi...

      Hapus
  29. Jadi kangen mandiin anak bayi nih dok, wkwk. Ternyata nggak harus dimandiin setiap hari ya bayi tuh? Dulu bayi2ku selalu kumandiin tiap hari, hehe. Tapi kalau masih belum lepas pusar, biasanya kusibin doang, masih takut kalau belum lepas pusar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, apakah ini petanda bakalan nambah momongan lagi? Hehehe,

      Hapus
  30. Jadi inget abis nonton video, di Indonesia bayi wajib dimandiin 2x. Padahal di luar itu mandi ya pas ada case tertentu aja. Tp di Indonesia gini gerah juga ya, jd bayi sering kringetan.

    Wah tipsnya mantap dok. Sepakat bgt kalau pas mandi memang bs stimulasi, bonding, dll. Karena anak2ku suka bgt ngobrol hal aneh justru pas mandi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya mbak Widya, sudah sudi mampir ke blog Dokter Taura. Makasih juga komennya... Sampai ketemu di next article yang insyaallah lebih informatif

      Hapus
  31. MasyaAllah daging banget dokter. terlihat sepele ternyata luar biasa sekali. new mom wajib baca nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Sendy... Calon nenek juga harus baca deh, biar bisa ngajarin menantunya

      Hapus
  32. Jadi ingat masa-masa dulu memandikan anak-anak. Benar-benar dari nol, hanya mengandalkan insting. Rasanya bahagia sekali ketika melakukan prosesnya dan kerasa banget bondingnya. Thanks Dok

    BalasHapus
  33. Top 10 best poker sites in 2021 - CasinoinJapan ラッキーニッキー ラッキーニッキー γ‚―γ‚€γƒΌγƒ³γ‚«γ‚ΈγƒŽ γ‚―γ‚€γƒΌγƒ³γ‚«γ‚ΈγƒŽ 347El Yucateco Chile Habanero Hot Sauce | Shootercasino.com

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah bacaan pagi ini sangat bermanfaat, terima kasih banyak dokter. Izin bertanya nggih dokter, apakah diperbolehkan untuk pijat bayi setelah bayi baru dimandikan nggih dokter?

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah terima kasih banyak dokter untuk informasinya. Mohon maaf dokter izin bertanya, beberapa ibu terkadang memberikan bedak setelah mandi pada bayinya, apakah perlu nggih dokter pemberian bedak pada bayi? Dan sekiranya umur berapa nggih dokter aman nya untuk pemakaian bedak pada bayi?

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah terimakasih banyak dokter untuk penjelasan yang sangat jelas pada artikel ini. Izin menanyakan beberapa hal nggih dokter, ketika memandikan bayi menggunakan bak sekiranya bagaimana cara memegang/memposisikan bayinya supaya aman dan nyaman ketika dimandikan ? Terimakasih banyak nggih dokter

    BalasHapus
  37. Terima kasih banyak dokter atas ilmu yang sudah dibagikan. Mohon izin bertanya dokter, durasi mandi yang terlalu lama tidak baik dan disebutkan bisa mengurangi minyak alami pada kulit bayi itu karena efek komposisi sabun yang digunakan atau suhu air yang semakin lama berubah menjadi dingin nggih?

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah mendapatkan ilmu baru lagi dari blog panjenengan dokter, saya izin bertanya nggih dokter,
    Beberapa masyarakat masih menganggap cairan antiseptik (dettol) tersebut membuat air menjadi higienis dan tidak ada kuman di bak mandi dok.

    Apakah diperbolehkan nggih dok untuk penggunaan cairan antiseptik (dettol) yang dilarutkan ke bak mandi bayi?.

    Terima kasih banyak nggih dokter. Izin share nggih.

    BalasHapus

Posting Komentar