blog dokter taura big ad

FLU SINGAPURA: BUKAN FLU! BUKAN DARI SINGAPURA!

Beberapa hari terakhir banyak sekali kasus Flu Singapura atau Hand, Foot and Mouth Disease terjangkit di kalangan anak-anak, bahkan bayi. Hal ini membuat orang tua cemas dan cenderung panik. Wabah apalagi ini?

Seperti pagi ini, seorang ibu muda membawa anaknya yang baru berusia 4 tahun ke klinik spesialis anak dengan keluhan panas, sariawan dan disertai munculnya bintik-bintik kemerahan berair seperti cacar air di kaki, telapak kaki dan tangan.

"Anak Ibu menderita 'Hand, Foot, and Mouth Disease', atau yang dikenal dengan sebutan Flu Singapura."
Penjelasan saya membuat si Ibu kaget.
"Tapi, Saya belum pernah ke Singapura, Dok."

Hand, Foot and Mouth Disease

Flu Singapura: Bukan Flu, Bukan dari Singapura!

Istilah "Flu" merujuk pada nama virus yang sering menyebabkan gejala common cold atau salesma, yaitu: Influenza. Infeksi virus ini biasanya memberikan gejala demam, pilek, hidung buntu, bersin, batuk, napas grok-grok, hingga nyeri tenggorok. Jadi, kata Flu identik dengan penyakit pada saluran napas.

Kata "Flu" pada "Flu Singapura" adalah salah kaprah. Penyakit ini menyerang lapisan dalam rongga mulut berupa sariawan. Pada tangan dan kaki (termasuk telapak tangan/kaki) ditemukan bintik-bintik kemerahan dan berair. Jadi, penyakit ini "sama sekali bukan flu".

Selain itu, penyakit ini ditemukan pertama kali bukan di Singapura. Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), flu Singapura sudah ada sejak 1957 dan flu Singapura pada anak pertama kali muncul di Toronto, Kanada.

Kata "Flu" pada "Flu Singapura" adalah salah kaprah

Mengapa penyakit ini populer dengan "Flu Singapura"?

Mengutip salah satu artikel di Lifepack.id, bahwa penyakit ini disebut flu singapura karena pada tahun 2000, Singapura mengalami jumlah peningkatan kasus penyakit ini dengan jumlah yang sangat tinggi. Sejak itu, di Indonesia, penyakit ini mendapat nama baru sebagai "Flu Singapura". Di dunia medis, penyakit Flu Singapura disebut sebagai HFMD (Hand, Foot and Mouth Disease) atau PKTM (Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut)

Penyebab Flu Singapura alias HFMD

Penyebab HFMD adalah virus Coxsackievirus A16 (CVA 16) dan Enterovirus 71 (EV71). Virus HFMD biasanya menyebabkan penyakit ringan pada anak-anak, kecuali EV71 yang berkaitan dengan komplikasi neurologis dan kematian.

Secara umum, HFMD ini termasuk golongan penyakit self limiting disease alias penyakit yang bisa sembuh sendiri. Hingga saat ini, belum ditemukan adanya obat-obatan yang bisa membunuh atau melemahkan virus penyebab HFMD.

HFMD termasuk golongan self limiting disease

Gejala dan Tanda Klinis HFMD

HFMD umumnya diawali dengan gejala demam, nyeri tenggorokan atau nyeri telan, nafsu makan yang menurun, dan nyeri atau tidak enak badan. 

Setelah demam 1-2 hari, timbul bintik-bintik merah di rongga mulut (umumnya berawal di bagian belakang langit-langit mulut) yang kemudian pecah menjadi sariawan

Kemudian, 1-2 hari timbul juga ruam-ruam kulit dan bintik-bintik merah di telapak tangan dan kaki. Meskipun kelainan selaput lendir dan kulit pada HFMD terutama melibatkan rongga mulut, telapak tangan dan kaki, namun ruam dapat juga timbul di tungkai, lengan, bokong dan kulit sekitar kemaluan.

Pada umumnya, penyakit HFMD ini menunjukkan gejala yang ringan, namun pada beberapa kasus,  dapat menyebabkan komplikasi yang berat. 

Lesi di daerah mulut dapat menyebabkan kesulitan minum dan makan sehingga anak mengalami dehidrasi. 

Beberapa laporan menyebutkan kasus HFMD berat seperti meningitis (radang selaput otak) dan ensefalitis yang mengakibatkan pasien harus dirawat intensif atau bahkan mengakibatkan kematian.

Beberapa penelitian menunjukkan HEV 71 merupakan strain tersering penyebab HFMD berat. Beberapa laporan kasus lainnya menunjukkan HFMD dapat menyebabkan komplikasi berupa lepasnya kuku jari tangan dan kaki dan terjadi beberapa minggu setelah fase akut HFMD. 

Meskipun demikian, kelainan ini bersifat sementara dan kuku dapat tumbuh kembali. Penderita HFMD dapat menyebarkan virus HFMD melalui sekret/cairan hidung (ingus), tenggorokan (ludah, dahak), lesi kulit yang pecah, dan dari kotorannya.

HFMD bisa menular melalui playground
Sumber: https://sg.theasianparent.com/

Penatalaksanaa HFMD

Tidak ada pengobatan khusus untuk HFMD. Hingga saat ini belum ada obat antivirus yang bisa melemahkan atau membunuh virus penyebab HFMD.

Penatalaksanaan bersifat “simptomatik”, yaitu obat-obatan untuk mengatasi keluhan yang ditimbulkan.

Parasetamol dapat diberikan untuk mengatasi demam dan nyeri. Kompres hangat dan pemberian minum yang lebih sering juga membantu menurunkan demam anak. 

Pada anak yang lebih besar, kumur-kumur dengan obat kumur dapat mengurangi nyeri akibat luka-luka di mulut.

Pencegahan HFMD

Hingga saat ini, belum ditemukan imunisasi yang bisa memberikan kekebalan terhadap virus penyebab HFMD. Oleh karena itu, penderita HFMD sebaiknya diisolasi untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Kejadian luar biasa(KLB) atau outbreak dapat terjadi di berbagai negara dan lebih sering ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara, terutama di lingkungan tertutup dan padat seperti sekolah, panti asuhan, asrama, pondok pesantren, dan tempat penitipan anak.

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) perlu dipraktekkan untuk mencegah penularan. Upaya untuk mencegah infeksi HFMD dapat dilakukan dengan cara tidak membuang ludah dan menyentuh mulut dan mata sembarang, membiasakan menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin, serta mencuci tangan setiap kali setelah menyentuh permukaan yang kotor dan sebelum makan.

Kesimpulan

Penamaan penyakit HFMD dengan "Flu Singapura" kurang tepat, karena penyakit ini bukan flu, dan bukan berasal dari Singapura

Gejala dan tanda dari HFMD adalah: demam, sariawan, ruam kemerahan dan berair di telapak kaki, tungkai, tangan dan bokong dan di area kemaluan.

HFMD termasuk self limiting disease yang hingga kini belum ditemukan obat untuk mematikan atau melemahkan virusnya. Pengobatan terhadap penyakit ini bersifat simptomatik

Pencegahan HFMD sangat penting: isolasi bagi penderita dan PHBS

Orang tua tidak perlu cemas berlebihan jika buah cinta kita terkena penyakit yang mengarah ke HFMD.

DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

42 komentar

  1. Alhamdulillah, terima kasih banyak dokter atas ilmunya. Bahasan yang menarik ditengah kasus HFMD yang mulai marak lagi akhir-akhir ini.. Apalagi ibu-ibu sekarang sedang mencemaskan penyakit ini. Tulisan dokter kali ini bisa jadi bahan edukasi kepada orang tua bahwa HFMD ini termasuk golongan penyakit self limiting disease dan hingga saat ini, belum ditemukan adanya obat-obatan yang bisa membunuh atau melemahkan virusnya. Terlebih lagi sebenarnya juga tidak ada pengobatan khusus untuk HFMD dan penderita hanya perlu diisolasi untuk mencegah penularan lebih lanjut serta pentingnya untuk menjaga hygiene dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) nggih dokter.

    BalasHapus
  2. Makasih atas atensinya. Masyarakat memang butuh edukasi seperti ini ditengah maraknya berita hoaks

    BalasHapus
  3. Dulu saat masih kerja di sekolahan PAUD banyaknsekali murid yang tidak masuk karena mengalami sakit HFMD ini. Dan sekarang setelah saya menjadi ibu, teman2 anak saya yang mengalaminya. Alhamdulillah sampai saat ini anak2ku tidak terjangkit. Terima kasih banyak ilmunya dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Bu Laila sekeluarga sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Tetap utama menjaga kesehatan dan mencegah agar tidak sakit...

      Hapus
  4. Menjadi nyaman mendapatkan pencerahan flu singapura dan HFMD dari dokter. Clear ya PHBS akan membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fixed, PHBS sangat membantu menurunkan angka penularan HFMD. Hindari juga area bermain bersama seperti play ground, taman bermain dll

      Hapus
  5. Apapun namanya, waspada udah sangat perlu, terlebih lagi menyerang anak-anak. Sehingga pencegahan udah semenjak dini dilakukan dan GerCep dalam penangananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak Fenni. BAgaimana pun, sehat itu dijaga, sakit itu dicegah...

      Hapus
  6. Kalau bagi orang awam terlebih yang tinggal di desa pasti akan merasa bingung saat didiagnosa terkena penyakit flu singapura. Mereka pasti mengira itu adalah flu dan didapat di Singapura. Padahal bukan itu ya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak yang salah kaprah. Saya juga kalau menjelaskan ke pasien (dan keluarganya)... mereka kurang familiar dengan istilah HFMD. Lebih viral "Flu Singapura"

      Hapus
  7. duh sedih banget lihatnya, kebayang balita bakal rewel terkena flu Singapura
    Mirip flu Hongkong ya? Yang ternyata bukan dari Hongkong :D
    Dok bikin tulisan tentang cara memberi makan/minum anak yang sedang sakit dong
    orang dewasa kan bisa memaksakan diri
    beda dengan anak yang maunya tidur melulu

    BalasHapus
  8. Sangat informatif dokter, juga mudah dipahami. Kasus HFMD yang beberapa waktu ini menjadi primadona di beberapa tempat, ternyata salah satu jenis virus penyebab HFMD yaitu EV71 bisa sampai membawa perburukan kondisi hingga kematian pada anak yang terserang HFMD nggih dokter. Karena belum ditemukan imunisasi khusus sebagai proteksi, untuk saat ini yang dapat dilakukan oleh Ibu sebagai upaya pencegahannya yaitu dengan menerapkan Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tidak membuang ludah dan menyentuh mulut dan mata sembarangan, membiasakan menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin, serta mencuci tangan setiap kali setelah menyentuh permukaan yang kotor dan sebelum makan.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah dokter, terima kasih telah memberikan informasi yang bermanfaat ini, Flu singapore ini memang lagi tren dan banyak sekali anak anak yang terkena,  perilaku bersih perlu dipraktekkan untuk mencegah penularan. Upaya untuk mencegah infeksi HFMD dapat dilakukan dengan cara tidak membuang ludah dan menyentuh mulut dan mata sembarang, membiasakan menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin, serta mencuci tangan setiap kali setelah menyentuh permukaan yang kotor dan sebelum makan. lagi lagi masalah PHBS, Memang sangat penting perilaku hidup bersih dan sehat ini, banyak manfaatnya dan murah, terima kasih banyak nggih dokter atas informasinya 🙏

    BalasHapus
  10. Terima kasih banyak dokter untuk ulasannya mengenai HFMD ini. Memang banyak sekali ditemui kasus HFMD akhir2 ini, selain itu juga hal ini pasti karena ada riwayat kontak saat bermain dengan teman di lingkungan rumah.
    Kebanyakan orgtua selalu tanya balik ketika dikatakan anaknya "flu singapur", "tapi gak flu dokter". Nah disini pentingnya org tua harus tau, karena bukan berupa flu maka gejala dan tanda dari HFMD antara lain : demam, sariawan, ruam kemerahan dan berair di telapak kaki, tungkai, tangan dan bokong dan di area kemaluan.

    Meskipun HFMD termasuk self limiting disease, anak harus tetap diberikan pengobatan yang bisa meringankan gejala. Yang dikhawatirka nanti akan mengurangi asupan makanan anak kemudian anak menjadi semakin lemas dan dehidrasi.

    Sekali lagi terimakasih banyak dokter untuk ulasannya.

    BalasHapus
  11. Terima kasih banyak dokter untuk ilmunya mengenai Flu Singapura atau Hand, Foot and Mouth Disease. Kasus flu Singapura ini memang banyak terjadi. Pada flu Singapura yang sering membuat orang tua cemas adalah karena penurun nafsu makan anak yang diakibatkan adanya sariawan di mulut. Hal ini mengakibatkan anak jadi lemas dan mengalami dehidrasi. Walaupun HFMD merupakan golongan penyakit yng bersifat self-limiting disease, tetapi HFMD ternyata juga dapat terjadi komplikasi yang berat, seperti meningitis, ensefalitis, bahkan sampai kematian. Penting bagi orang tua untuk melakukan pencegahan penularan dengan menerap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti selalu mencuci tangan terutama setelah menyentuh permukaan yang kotor dan sebelum makan, tidak menyentuh mulut dan mata sembrangan, selalu menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin.
    Sekali lagi terima kasih banyak dokter untuk informasinya

    BalasHapus
  12. Lah iyaa.. Saya juga pahamnya flu dari Singapura. Ternyata bukan ya. Duh ma kasih banget pencerahannya nih, dok. Jadi dpt ilmu baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, memang istilah Flu Singapore itu sudah salah kaprah... Ada beberapa orang tua pasien yang protes: "Gimana bisa anak saya kena flu singapore? Wong ke singapore aja belum pernah!"

      Hapus
  13. Terima kasih banyak dokter atas ilmunya, karena kemaren waktu saya berada di daerah tikung lamongan saat saya berada di warung dekat puskesmas, pemilik toko ini curhat bahwah anaknya kata tetangganya terkena flu singapur, nah darj blog artikel ini saya dapat menceritakan apa itu flu singapur yang sebenernya, dapat memberitahu gejala flu singapur beserta tatalaksananya, oleh karena itu saya berterimakasih atas ilmunya dokter sehingga ilmunya dapat disebarluaskan dan bermanfaat bagi banyak orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih sudah bersedia menyebarkan kebaikan... Kurangi begadang di warung ya... Ibadah dan belajar, jauh lebih penting

      Hapus
    2. Baik dokter terima kasih banyak

      Hapus
  14. Nabilah Fauziyah1 Juli 2022 pukul 18.33

    Terima kasih banyak dokter untuk ilmu nya yang bermanfaat ini. Izin bertanya dokter untuk isolasi bagi pasien HFMD dalam rangka pencegahan penularan penyakit nya perlu dilakukan berapa hari? Terima kasih banyak dokter

    BalasHapus
  15. Terima kasih banyak dokter atas informasinya, menambah pengetahuan kami semua. Dokter ijin bertanya, apakah ruam kemerahan dan berair pada tangan dan kaki ini dpt berubah menjadi pustul? Ataukah adanya pustul mengarahkan ke diagnosis lainnya? Terima kasih banyak dokter

    BalasHapus
  16. Terima kasih dokter atas ilmunya. Walaupun nama flu nya 'singapur', tapi penyakitnya tak seindah negara singapur.. dok izin bertanya. Ruam ruam di kulit itu apakah ada rasa gatal atau rasa panas atau nyeri nggih dok? Terima kasih banyak dok

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, terimakasih sekali lagi dokter atas ilmu dan informasi yang diberikan. Memang unik nama penyakit ini, pertama kali terjadi bukan di Singapur tetapi diberi nama Flu Singapur. Baru minggu kemarin teman-teman SMA saya sering membahas penyakit ini, dengan adanya artikel dokter ini saya dapat menjadi penghubung teman-teman saya terhadap ilmu yang bermanfaat ini. Terimakasih dokter atas tulisannya, semoga bermanfaat selalu.

    BalasHapus
  18. Muhammad Haris Firdausi27 Agustus 2022 pukul 21.18

    MasyaAllah terimakasih dokter atas ilmu dan informasinya. Membaca blog dokter di atas mengingatkan saya dengan penyakit madura foot. Banyak orang yang beranggapan kalau penyakit ini dari pulau madura. Padahal kan tidak nggih dokter?😅

    BalasHapus
  19. Hani Mufidatul Khoiriah28 Agustus 2022 pukul 08.42

    Terimakasih banyak dokter, untuk ilmunya 🙏 Alhamdulillah saya jadi lebih paham mengenai flu Singapura alias HFMD ini. Saya pernah menjumpai kasus flu Singapura ini dokter, dan salah satu keluhannya adalah anak jadi tidak mau makan karena nyeri tenggorokan dan ruam pada mukosa mulut... Untuk anak2 yang tidak bisa masuk intake makanan apakah harus di rawat inap kan dokter ?
    Terimakasih dokter 🙏

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas sharing ilmunya dokter. Memang masih banyak masyarakat yang salah kaprah mengira bahwa HMFD atau flu singapur ini berasal dari singapur, sehingga para orang tua harus lebih sering mencari informasi tentang HFMD ini. HFMD merupakan penyakit yg termasuk golongan self limiting disease dan sampai saat ini pengobatan masih bersifat simptomatik dikarenakan belum ditemukan obat-obatan yg bisa membunuh ataupun melemahkan virus HFMD itu sendiri. Untuk mencegah terjadinya HFMD bisa dilakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), contohnya seperti tidak membuang ludah dan menyentuh mulut dan mata sembarang, membiasakan menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin, serta mencuci tangan setiap kali setelah menyentuh permukaan yang kotor dan sebelum makan.

    BalasHapus
  21. Terima kasih dokter atas ilmunya. Saya jadi lebih paham mengenai HFMD ini dokter. Permisi dokter saya mau tanya, penyakit HFMD ini apakah bisa menular ke orang dewasa nggih dokter?

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah terimakasih banyak ilmunya dokter. saya pernah bertemu dengan pasien HFMD ini saat clerkship. saat itu saya tidak tahu imunisasi apa yang digunakan untuk HFMD, orang tua pasien menanyakan imunisasi apa yang seharusnya dilakukan untuk HFMD ini.. dengan membaca artikel dokter saya jadi ingat terkait hal itu dan menjadi jawaban pertanyaan selama ini😁😁

    BalasHapus
  23. Maghfiri Sania Bidari5 Februari 2023 pukul 12.11

    Wahh terimakasih banyak dokter atas ilmunya, topiknya sangat menarik dokter. Saya jadi tau cara penanganan dan pencegahan HFMD, Memang paling benar PHBS harus di lakukan supaya tidak semakin menular ke lingkungannya.

    BalasHapus
  24. Terima kasih banyak dokter atas informasinya 🙏
    Artikel ini dapat menjadi acuan untuk setiap orang tua agar selalu waspada terhadap kondisi anak. Mungkin masih banyak orang tua yang keliru dengan mengira HFMD adalah flu yang berasal dari singapura. Padahal HFMD merupakan penyakit self limiting disease yang pengobatanya bersifat simptomatik dikarenakan belum adanya obat yang dapat membunuh virus tersebut. Untuk mencegahnya penting sekali untuk menerapkan PHBS seperti mencuci tangan, menutup mulut saat batuk dan bersin, dan sebagainya 🙏

    BalasHapus
  25. Annisa Tri Andriani7 Februari 2023 pukul 08.41

    Terimakasih banyak dokter untuk informasinya. Para orang tua harus tau bahwa penykit HFMD ini belum ditemukan obatnya dan bisa sembuh sendiri. Ternyata HFMD sendiri bisa dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Inj yang merupakan tugas orang tua untuk selalu mengajarkan anak ucuci tangan dan menjaga kebersihan

    BalasHapus
  26. Damas Tsaniyah Min Rohmatillah7 Februari 2023 pukul 18.27

    Pada pembukaan tulisan dokter pada blog ini sangat sering saya jumpai. Banyak masyarakat yang menganggap jika flu singapur itu flu yang berasal dari singapur. Dan banyak masyarakat awam belum menyadari kalau penyakit flue singapur ini dapat sembuh sendiri dan dapat dicegah dengan phbs yang baik. Terima kasih nggih dokter dengan tulisan dokter saya banyak belajar mengenai HFMD.

    BalasHapus
  27. Banyak orgtua yang masih salah kaprah tentang "flu singapur", padahal anaknya tidak sedang flu dokter, disini pentingnya pemahaman orangtua, karena bukan berupa flu melainkan gejala dan tanda dari HFMD yaitu demam, sariawan, ruam kemerahan dan berair di telapak kaki, tungkai, tangan dan bokong dan di area kemaluan, sedangkan cara untuk mencegahnya dengan isolasi dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) meskipun tergolong penyakit yang dapat sembuh sendiri, pengobatan untuk mengatasi gejalanya dapat diberikan agar kualitas hidup anak lebih baik.

    BalasHapus
  28. What a fun fact! ><
    Jadi ternyata sama sekali bukan flu dan gaada kaitannya dengan Singapura🤭
    Terima kasih banyak pencerahannya Dokter. Dengan begini kami sebagai tenaga yang erat kaitannya sebagai edukator dapat lebih gamblang menjelaskan kepada ayah bunda nantinya sekaligus meluruskan beberapa ketidaksesuaian yang berkembang di masyakarat. Sangat bermanfaat Dokter, terima kasih.

    BalasHapus
  29. Salwa Rizqi Salsabila21 Juni 2023 pukul 06.22

    Wah terimakasih banyak dokter atas ilmunya. Flu Singapur ini sebenarnya cukup populer ya di kalangan orang tua. Namun untuk definisi jelas dari penyakit ini masih banyak yang salah mengartikan hehehe
    Pola hidup bersih benar-benar penting diterapkan terutama pada anak-anak, supaya terhindar dari beebagai macam virus nakal yang menyerang.

    BalasHapus
  30. terima kasih banyak atas ilmunya dokter. awalnya saya kira penyakit ini berasal dari singapura, ternyata tidak haha. sehabis baca tulisan ini jadi bisa lebih aware terhadap kebersihan khusunya pada anak-anak karena ternyata penyebabnya adalah kurang nya PHBS. walaupun bersifar self limiting disease , HMFD perlu dihindari karena terdapat gejala komplikasi berat yang dapat mengancam anak-anak. terima kasih dokter atas ilmunya

    BalasHapus
  31. Terima kasih banyak dokter atas informasinya. Wahh jadi sejarahnya seperti itu nggih dok bahwa flu Singapur sama sekali bukan sesuai namanya. Bukan penyakit flu ataupun dari Singapur. Walaupun penyakit HFMD ini self limiting disease, sekiranya apakah perlu rawat inap nggih dokter? dikarenakan mungkin si anak jadi tidak mau makan dikarenaka sariawan yang ada di mulutnya

    BalasHapus
  32. Muhammad Alwan Al Khawarizmi24 September 2023 pukul 19.04

    Karena namanya Flu Singapura, orang orang pasti banyak yang mengira kalau ini penyakit flu dari Singapura, tapi ternyata blog ini memberikan pencerahan, khususnya bagi para orang tua, bahwa penyakit ini bukan merupakan flu, dan bukan dari Singapura. Terima kasih dokter atas penjelasannya. Semoga dengan ini para orang tua bisa menjadi lebih aware terhadap kesehatan anaknya, dan bisa mewaspadai apabila ada gejala gejala seperti yang sudah disebutkan diatas. Ternyata untuk pencegahannya sangat mudah yaitu dengan menerapkan PHBS, jadi para orang tua harap selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan anaknya agar terhindar dai penyebaran virus HFMD ini.

    BalasHapus
  33. Terimakasih banyak dokter atas informasinya. Sekarang jadi lebih tau mengenai flu singapur, yang sebenarnya penyakit ini bukan dari singapura. Dan bukan juga merupakan flu. Penting sekali untuk mengetahui apa saja gejala,agar kita lebih aware terhadahap penyakit ini. Serta selalu menjaga phbs agar bisa terhindar dari penyakit hfmd ini.

    BalasHapus
  34. 22 Tahun hidup ternyata yang di maksud Flu singapura adalah HMFD. namun pada akhirnya tetap menjadi sebuah pertanyaan besar adalah.. kenapa diberi nama "Flu Singapura" apakah penamaan ini sama halnya bika ambon tapi bukan berasal dari ambon ?

    BalasHapus
  35. Wow,, baru tau loh saya dok, kalo “flu singapura” itu bukan flu dan bukan dari singapura 🥲 berarti selama ini rata2 masih salah kaprah dengan penamaan “flu singapura” ini. Ternyata nama aslinya adalah HFMD. Terimakasih banyak dokter sudah meng clear kan ttg penyakit ini.

    Alhamdulillah akhirnya tau kudu ngapain kalo menjumpai gejala klinis yg spt ini. Ternyata peran orangtua juga berpengaruh bgt ya dok terkait PHBS anak dan lingkungan shg anak bisa terhindari dari penyakit virus HFMD ini 🙏🏻

    BalasHapus

Posting Komentar