blog dokter taura big ad

LAVA TOUR MERAPI: MESKI TEGANG DAN BASAH-BASAHAN, TAPI BIKIN SENANG

Apa yang pertama kali terbersit dalam pikiran Anda manakala mendengar kota Yogyakarta?  Malioboro, gudeg, bakpia, keraton, candi atau mungkin keunikan budaya masyarakat setempat?

Awal Juli 2022, saya berkesempatan mengikuti kegiatan rekreasi bareng karyawan RS Muhammadiyah Lamongan dengan tujuan Yogyakarta. Kali ini tujuan utama wisata ke kota gudeg adalah Lava Tour Merapi.

Dengan mengendarai Jeep Willys, siap menghadapi tantangan alam

Selain wisata Madura, wisata Yogyakarta merupakan wisata favorit keluarga saya. Kota istimewa yang tak pernah bosan untuk dikunjungi. Selalu saja ada yang baru di kota penuh kenangan ini. 

Pada tulisan ini, saya akan berbagi keseruan mengikuti wisata Lava Tour Merapi. Walaupun saya bukan Travel Blogger sejati, tapi saya berusaha membagikan apa yang saya rasakan dengan apa adanya.

Asal Usul Wisata Lava Tour Merapi

Pada akhir 2010, aktivitas seismik di sekitar gunung Merapi meningkat, yang berpuncak pada semburan lava dan abu berulang kali. Meletusnya Gunung Merapi menyebabkan tewasnya 353 korban jiwa. Tak hanya itu, beberapa perkampungan penduduk pun hancur tak berbentuk.

Kini, dua belas tahun paska letusan Gunung Merapi, wilayah yang dulu menjadi korban keganasan letusan gunung berapi, kini telah berubah menjadi kawasan wisata yang cukup potensial.

Panorama pegunungan dengan bentangan perbukitan diselingi pepohonan yang belum begitu rindang, ditambah kemegahan Gunung Merapi, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Buat Anda pecinta wahana yang memacu adrenalin, wisata Lava Tour Merapi ini sangat cocok untuk mengikis kejenuhan.

Eits! Tapi tunggu dulu ya, jangan lupa lakukan beberapa persiapan sebelum melakukan perjalanan, terutama jika Anda naik pesawat. Selain perlengkapan si kecil, beberapa obat wajib dibawa. Obat penurun demam adalah salah satu obat yang harus selalu tersedia saat perjalanan. Selain itu, siapkan bekal makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Lokasi Wisata Lava Tour Merapi

Wisata Lava Tour Merapi berlokasi di Ngipiksari, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Lokasi Lava Tour Merapi sangat mudah dijangkau karena letaknya yang tidak jauh dari Taman Wisata Kaliurang dan cukup dekat dengan pusat kota. Anda tinggal mengarahkan kendaraan ke utara menyusuri Jalan Kaliurang.

Wisata Lava Tour Merapi buka sejak pagi hari hingga sore. Sebelum berkunjung ke sini, pastikan bahwa cuaca sedang cerah, tidak sedang hujan. Musim kemarau adalah waktu terbaik menikmati pemandangan dan rute lava merapi. Namun, perlu diingat bahwa kondisi terbaik di tempat wisata ini sangat bergantung pada status dan kondisi Gunung Merapi.

Singkat kata, sampailah kami di basecamp Wisata Lava Tour Merapi dengan antusias dan rasa penasaran yang tinggi. Sebelum keberangkatan, kami diberikan briefing seputar tips keamanan selama menyusuri rute Lava Tour Merapi.

Berikut adalah tips aman berkendara menyusuri Lava Tour Merapi:

  1. Gunakan Helm 
  2. Hati-hati menggunakan gadget, sebaiknya dibungkus dengan plastik transparan
  3. Selalu berpegangan pada rangka mobil
  4. Hati-hati jika mengenakan topi, karena guncangan dan hembusan angin akan memudahkan topi terlepas dari kepala.
Akhirnya, tiba saatnya kami menaiki mobil Jeep Willys warna hijau pekat. Konon, mobil jeep Willys adalah kendaraan tangguh di masa perang dunia kedua. Mobil yang hanya muat ditumpangi 4 penumpang (belum termasuk sopir) ini memiliki sistem penggerak empat roda, sehingga cukup prima dalam melewati segala jenis medan jalan.

Setelah mengambil beberapa foto, kami pun berangkat dengan suka cita. Untuk memeriahkan suasana, saya sekeluarga (total 4 orang) berdiri sembari bersorak sorai. Hembusan angin pun segera terasa begitu syahdu hingga tak terasa butiran debu menyapa, seolah berujar: "Welcome to the lost world and enjoy your shaken journey"

Keseruan Wisata Lava Tour Merapi

Bisa menaiki mobil Jeep Willys saja, sebenarnya sudah merupakan keseruan yang hanya bisa kami nikmati saat tour ini. Belum lagi medan menuju lereng Gunung Merapi cukup sulit. Tanjakan tajam, belokan curam, jalanan yang berliku, serta kondisi jalan yang tidak pernah mulus, membuat nyali kita terasa diuji. 

Belum lagi saat melawati genangan air di Sungai Kuning. Mobil yang melaju kencang dengan kondisi jalan yang bergelombang dan harus berbelok 90 derajat, ditambah cipratan dan guyuran air yang deras, membuat kami semua menahan napas sejenak, menjerit sekencang mungkin, dan kedua tangan menggenggam erat pegangan di body mobil. 

Kapan lagi bisa merasakan keseruan seperti ini? Kapan lagi adrenalin berpacu dengan liar seperti ini? 

Mas Andri, driver yang mengendari jeep yang kami tumpangi terlihat sangat trampil dalam mengemudikan mobil perang ini. Tampak sekali bahwa driver sangat mengenali medan. Tak cukup hanya modal mengenali medan, juga harus mengenali mobil yang dikendarai dengan baik. 

Beberapa Wahana Wisata yang Bisa Dinikmati Selama Lava Tour Merapi

Dalam paket wisata yang kami nikmati, setidaknya ada 3 aktivitas yang bisa kita nikmati di siang yang cukup terik ini, yaitu:

  1. Menimati Museum Mini Sisa Hartaku
  2. Wisata Batu Alien
  3. Menyusuri Sungai Kuning

Museum Mini Sisa Hartaku

Dalam museum ini, kita bisa menyaksikan beberapa barang yang bisa diselamatkan walaupun sudah tidak bisa difungsikan lagi. Hampir semua barang dalam keadaan tidak utuh dan di beberapa sudut sudah melepuh karena tertempa suhu yang sangat panas. Dari mulai perabotan rumah tangga (piring, gelas, mangkuk, panci dll), televisi tabung yang tepinya sudah meleleh, buku-buku yang sudah rapuh, lemari yang sudah tak berwujud, kerangka motor, hingga kerangka hewan ternak yang masih lengkap. 

Selain barang-barang korban erupsi Gunung Merapi, kita juga bisa menyaksikan foto peristiwa letusan Gunung Merapi tahun 2010

Selain itu kita sudah bisa menyaksikan beberapa foto tentang peristiwa erupsi Gunung Merapi di tahun 2010. Semua tersaji dan terpampang nyata di depan para pengunjung. Benda-benda mati ini seolah menjadi saksi kedahsyatan erupsi Gunung Merapi. Mengingatkan kita semua bahwa dalam sekejap, apapun yang ada di bumi ini bisa musnah, hanya atas kehendak-Nya. 

Museum ini adalah sebuah bangunan rumah yang dulunya adalah milik seorang warga, dan hanya berjarak tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi. 

Meski sudah tak utuh lagi, namun perabotan rumah tangga ini jadi saksi kedahsyatan erupsi Gunung Merapi

Wisata Batu Alien

Kawasan wisata Batu Alien Merapi ini terletak di Kampung Jambu, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Meskipun namanya "Batu Alien", namun sebenarnya batu ini bukan dari planet lain, melainkan  merupakan sisa erupsi Gunung Merapi yang meletus pada 2010 lalu. Uniknya, batu ini seolah memiliki bentuk wajah manusia dengan mata, hidung, dan mulut sehingga dinamakan batu alien. 

Batu yang cukup besar ini merupakan jenis batu alihan yang terbawa arus lahar dingin sepanjang 7km dari puncak Gunung Merapi hingga ke kawasan Kampung Jambu.

Hanya melihat batu berukuran besar yang kebetulan bertekstur seperti wajah manusia?

Batu hasil muntahan erupsi Gunung Merapi ini terdapat ornamen yang mirip mata, hidung dan mulut, sehingga mirip makhluk alien

Oh, tentu tidak!

Objek wisata ini akan memanjakan wisatawan dengan pesona keindahan lanskap Gunung Merapi yang mengesankan. Ada juga beberapa spot foto yang sangat atraktif dan instagramable.

Menyusuri Sungai Kuning

Kali Kuning merupakan tempat menarik yang terdapat di sekitar lereng Gunung Merapi yang mempunyai panorama yang sangat menawan. Salah satu titik di Kali Kuning ini sekarang dijadikan lokasi Wisata Air dengan menggunakan Jeep

Tempat wisata inilah yang menjadi klimaks dari serangkaian wisata bertajuk "Lava Tour Merapi".

Masih dengan menaiki mobil jeep Willys, kami melalui sebuah jembatan yang cukup kokoh bernama jembatan jembatan Pluyon yang berada di atas Kali Kuning.

Begitu turun daru jembatan, dimulailah petualangan yang memacu adrenalin.

Mobil Jeep Willys akan menyusuri sungai dengan kecepatan tinggi, dan berputar hingga 5-6 kali di sekitaran sungai dengan air yang dangkal itu. Permukaan dasar sungai yang tidak merata juga menambah sensasi goncangan yang sangat hebat didalam mobil. 

Menyusuri sungai dengan menaiki mobil Jeep dengan kecepatan tinggi dan rute yang berbelok hampir 180 derajat, akan memacu adrenalin Anda

Apalagi, mobil sengaja dikendarai dengan kecepatan tinggi, berputar, berkelok. Semua menjadikan petualangan ini tak terlupakan.

Alhasil, keluar dari jalur sungai itu, kami semua basah kuyup.

Kesimpulan

Wisata Lava Tour Merapi bukan wahana wisata biasa. Selain pemandangan lereng gunung nan indah, kita juga bisa berpetualang menaiki mobil jeep dengan segala sensasinya yang bisa memacu adrenalin.

Setidaknya ada tiga wahana wisata yang bisa Anda nikmati dalam serangkaian Lava Tour Merapi, yaitu: museum mini sisa hartaku, batu aliens dan menyusuri Sungai Kuning.

DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

31 komentar

  1. Keren dok,bisa utk referensi destinasi yg memicu adrenalin.
    Terimakasih referensi nya dok,mantappp

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak Nirma. Hayuk... kapan ke Yogyakarta lagi?

      Hapus
  2. Saya yg asli jogja pun belum pernah coba lava tour.. Destinasi wisata yg cukup memacu adrenalin ini, apalagi dengan supir jeep nya yg suka bikin deg"an.. Wisata melewati jalur bekas erupsi yang juga banyak sejarah didalamnya ya dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak rekom deh mbak kalau bawa balita. Tapi beneran, ini seru pake banget...

      Hapus
  3. Waaaa jadi penasaran pengen kesana.......

    BalasHapus
  4. Jadi pengen nyoba pak, seru sekali sepertinya. Oiya, itu bayarnya berapa ya?

    BalasHapus
  5. Wisata air dengan Mobil Jeep Willys ini kayaknya yang Paling menantang ya Dok. Kok aku kayak pengen nyobain sensasi berputar 5, 6 kali di sekitar Sungai itu ya. apakah kita bakal Migrain Setelah keluar dari sanaπŸ˜‚

    BalasHapus
  6. Mengingatkan diri ini saat masih tinggal di Magelang. Daerah ini cuma sy lewati kalau ada agenda merumuskan program tahunan bareng teman lainnya, wow banget bisa naik Jeep ini dok. Mengaduk isi perut tapi asyik ya, sy belum keturutan naik ini

    BalasHapus
  7. apalah daya saya yang selalu berbayik dan berbalita, cukup membaca tulisan ini untuk ikut merasakan keseruan wisata di sana hehehe

    BalasHapus
  8. Paket komplit ini ya Dok, ikutan Lava Tour Merapi bisa mengunjungi Museum Mini Sisa Hartaku, Batu Aliens dan menyusuri Sungai Kuning. Pas bener jika pergi rombongan dengan teman-teman atau bareng keluarga. Seruuu!
    Masuk wishlist saya nih karena belum pernah ikut Wisata Tour Merapi

    BalasHapus
  9. wah saya kok baru tau tentang wisata lava tour merapi
    padahal, sebelum pandemi, hampir bisa dipastikan tiap tahun saya ke Jogja
    ke sini ah tahun depan, penasaran banget

    BalasHapus
  10. Ini kayaknya kalau ke museumnya bakal bikin saya sedih. Ingat ketika Merapi erupsi. Sedih lihatnya meskipun saya hanya melihat dari layar kaca. Tetapi, menarik bangte membaca keseruan tournya. Apalagi kalau sama rombongan yang asik, ya

    BalasHapus
  11. Aku pernah lava tour juga nih, paling asyik tuh susur sungai pakai jeep. Sayang waktu itu nggak sempat dokumentasi.

    BalasHapus
  12. Keseruan mengikuti trip lava tour merapi, panduannya memberikan ruang kenyamanan saat berada di kendaraan melewati segala rintangan yang ditemui. Adrenalin jadi wow.

    BalasHapus
  13. Kapan-kaan kesana bareng yuk, bareng teman-teman blogger hebat sekalian reuni dan nyambangi coach kita

    BalasHapus
  14. Duuh asyik banget bisa ikutan Wisata Lava Tour Merapi ini ya.. apalagi yang naik jeep sambil menyusuri sungai, bisa jadi alternatif wisata keluarga kami

    BalasHapus
  15. Pernah ke sekitar Merapi itu pas baruuu banget abis erupsi tahun 2011 kayaknya. Jadi belum ada atraksi Lava Tour dan belum ada Museumnya. Agak merinding sih waktu itu, karena kan pohon-pohon masih meranggas, engga ada apa-apa...Menarik juga kalau ke sana lagi, napak tilas...

    BalasHapus
  16. Saya dan keluarga dah lama nih merancang road trip sepanjang pulau Jawa. Salah satu tujuannya adalah ikut Tour Lava Merapi ini. Kelihatannya menarik dan seru banget ya Mas. InshaAllah setelah anak sulung saya rampung skripsinya dan si bungsu menyelesaikan administrasi dan persiapan masuk perguruan tinggi, kami akan langsung cus ke road trip.

    BalasHapus
  17. Dennise Sihombing12 Juli 2022 pukul 11.47

    Nanti kalau aku liburan ke Jogja aku sempatkan untuk mampir ke Lava Tour Merapi dok. Penasaran juga melihat barang-barang yang tersisa di musium mini sisa hartaku. Barang-barang tersebut saksi hidup ya

    BalasHapus
  18. Pingin merasakan petualangan di mobil Jeepnya..kayaknya seru dan memacu biar teriak² gak jelas, hehe. Cuma kudu menyiapkan baju salin ya berarti biar gak masuk angin pasca basah²an

    BalasHapus
  19. Saya dulu ikut Lava Tour Merapi pas musim kemarau jadi airnya hanya seteres dikit banget kurang seru adegan bebasahannya hehehe

    BalasHapus
  20. wah saya berapa tahun lalu nih ikut lava tour, seru naik mobil jeepnya cm hrs setrong juga pegangan plus ngeri2 sedap liat bebatuan gedenya, tapi seru pas dibawa offroad di sungai2 kecil gitu jadi basah kuyup

    BalasHapus
  21. Wuaah kebayang merinding nih kalau melihat peninggalan sisa2 dari erupsi merapi dari masa itu yaa. Aku belum pernah nih lava tour tapi sering dengar cerita2nya seru2. Waktu itu pernah papasan doank ma mobil2 jeep-nya. Semoga nanti ada kesempatan juga melakukannya. Kalau bawa anak kecil boleh gak sih?

    BalasHapus
  22. Kapan² mauuuu bgt ajak anakku yg udah remaja buat explore iniii

    Semoga dia sukaaa
    Dah lama bgt kami ngga cuss Jogjaaa

    BalasHapus
  23. Rasanya ikut sedih yaa,, Dok..
    Jalan-jalan napak tilas begini selalu serasa kembali membuka memori lama. Apalagi ada museumnya yang menyimpan banyak cerita saat terjadinya bencana pada 21 Juni 2020.

    Sedangkan aku sendiri belum pernah Lava Tour Merapi, Dok.
    Tapi idol keshayanganku pernah dan disiarkan di akun youtube, Jadi terbayang medannya. Semoga diberi kesempatan bisa Lava Tour Merapi juga..

    BalasHapus
  24. Tour paket komplit ini ya dok. Takjub liatnya apalagi batu Aliennya, emang sih bentuknya mirip-mirip wajah. Asli ini sih seru, apalagi sekalian basah-basahan

    BalasHapus
  25. Senangnya bisa ngunjungin Merapi. Lava Tour Merapi ini menantang sekali ya dok. Kita bisa mengunjungi museum mini sisa hartaku, batu aliens dan menyusuri Sungai Kuning.

    BalasHapus
  26. Nita Juwithafina12 Juli 2022 pukul 17.11

    Kangen wisata kayak gini.. dulu jaman sendiri suka banget kaman2, sayang dulu hanya menikmati dan tidak mendokumentasikan haha.. jadilah lupaa2 inget. kalo sekarang mau pergi ehhh udah ada bontot haha.. #lho malah curhat akuuu

    BalasHapus
  27. saya juga pengen nih ikut tour begini, pasti seru dan memicu adrenalin. hanya saja pasti ada rasa sedih juga karena mengingat kejadian semeru yang cukup memilukan

    BalasHapus
  28. Seru banget yaa wisata lava tour Merapi ini.. Wisata Jogja emang gak ada matinya deh.. Mulai dari ujung utara sampe selatan semuanya bikin ketagihan...

    BalasHapus
  29. Lava tour ini memang seruuuuu, aku waktu itu ambil rute yg lebih panjang mas, yg sampe ke bunker Kaliadem, Ama bbrp tempat lain.

    Nah sebenernya pengen banget basah2an pas lewat sungai. Tapi Krn lupa bawa baju, akhirnya bilang ke driver, ga usah basah2an 🀣. Bawa anak2 soalnya, drpd masuk angin πŸ˜„. Tapi aku mau bangettttt cobain wisata ini lagi. Ga bosenin memang. Dan kalo main lagi, kali ini hrs basah πŸ˜„

    BalasHapus

Posting Komentar