blog dokter taura big ad

AMANKAH BUSUI MENYEMIR ATAU HIGHLIGHT RAMBUT?

Ibu mana di dunia ini yang tidak merasa bangga dan bahagia jika berhasil memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pada buah hatinya? Tak hanya bangga dan bahagia, tapi lebih pada perasaan lega sudah bisa memberikan yang terbaik buat si kecil, terutama saat umur 0-2 tahun, mengingat pentingnya 1000 hari pertama kehidupan dalam tumbuh kembang anak.

Salah satu kunci keberhasilan menyusui eksklusif adalah terpeliharanya kadar hormon Oksitosin, yaitu hormon yang bertanggung jawab terhadap pengeluaran ASI.

Hormon oksitosin bertugas merangsang kontraksi otot di sekeliling alveoli (pabrik ASI) dan memeras ASI keluar dari pabrik ke gudang ASI. Hanya ASI di dalam gudang ASI yang dapat dikeluarkan oleh bayi dan atau ibunya. Jadi hormon oksitosin berperan penting dalam pengeluaran ASI.

Banyak busui ragu akan keamanan menyemir rambut

Salah satu hal yang bisa merangsang dikeluarkannya hormon oksitosin adalah suasana menyenangkan dan perasaan bahagia dari diri busui.

Selain suami yang setia (yang siap menjadi Ayah ASI) dan saldo rekening yang melimpah, perasaan percaya diri dari emak menyusui juga bisa menciptakan suasana menyenangkan sekaligus membuat happy.

Seorang busui akan merasa percaya diri jika punya wajah yang terawat, kulit yang sehat dan rambut yang modis. Selain skincare dan modal ketrampilan dalam menata rambut, menyemir atau highlight rambut merupakan modal terbangunnya rasa percaya diri yang kokoh.

Pertanyaannya, amankah busui menyemir atau highlight rambut?

Paparan bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut seringkali menjadi dilema. Ketakutan akan kualitas ASI yang menurun atau bahkan bahan kimia tersebut dapat meracuni si kecil. 

Lantas, bolehkan busui menyemir rambut?

Sebelum saya bahas lebih lanjut, saya ingin menegaskan bahwa maksud tulisan ini bukan mengimbau atau mengajak busui menyemir atau highlight rambut, melainkan hanya menjawab pertanyaan seperti tertera dalam judul artikel. 

Sejarah Pewarnaan Rambut

Pewarna rambut telah digunakan sejak zaman Mesir Kuno ketika Rameses II memperkuat warna rambut merah menggunakan henna. Di Yunani Kuno, rambut diputihkan dengan dibilas larutan kalium dan digosok dengan sejenis salep yang terbuat dari kelopak bunga berwarna kuning dan serbuk sari.

Saat ini, pewarna rambut terus mengalami perkembangan dan sejak Perang Dunia Kedua, telah terjadi kemajuan besar dalam penemuan dan penerapan pewarna sintetis.

Kenali Jenis Pewarna Rambut

Pewarna rambut diklasifikasikan menjadi oksidatif dan non-oksidatif, serta berdasarkan daya tahan warnanya menjadi sementara, semipermanen, dan permanen.

Pewarna “non-oksidatif sementara” didasarkan pada molekul warna-warni yang disebut deposisi pewarna yang hanya mengendap pada permukaan rambut tanpa menembus korteks rambut (bagian dalam rambut) dengan daya tahan warnanya 8-12 kali pencucian.

Pewarna “non-oksidatif semi permanen” dapat menembus korteks rambut sehingga daya tahannya lebih lama yakni hingga 20 kali pencucian.

Sedangkan pewarna “oksidatif permanen” lebih banyak digunakan karena memberikan keefektifan pewarnaan permanen yang lebih besar. Kategori ini mewakili sekitar 80% dari pewarna rambut yang dijual di pasaran. Karakteristik warnanya dikembangkan melalui interaksi dengan zat pengoksidasi sehingga dapat menghasilkan warna yang lebih tahan lama hingga rambut tumbuh. Namun, jenis ini dapat menembus rambut, merubah warna rambut alami, dan dapat menimbulkan reaksi yang merugikan.

Amankah Busui Menyemir atau Highlight Rambut?

Berbagai jenis pewarna rambut yang telah disebutkan diatas, ternyata menurut NHS UK (NHS -National Health Service- adalah nama program layanan kesehatan masyarakat di Britania Raya) tidak ada kontraindikasi untuk menyemir rambut saat menyusui karena hingga saat ini belum ada korelasi secara ilmiah yang menjelaskan bahwa pewarna rambut melewati ASI dan membahayakan bayi. Sehingga jawabannya, “aman” bagi busui untuk menyemir rambut.

Menurut American Pregnancy Association (APA), jumlah bahan kimia yang diserap dan masuk ke pembuluh darah saat mewarnai rambut sangat kecil. Karenanya, kemungkinan untuk memberikan risiko kesehatan terhadap bayi sangat kecil. Hal ini karena potensinya untuk masuk ke dalam air susu sangat-sangat rendah. 

Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa mewarnai rambut saat menyusui hingga saat ini tidak dilarang.

Tips Aman Menyemir Rambut Bagi Busui

Sebelum busui memutuskan untuk menyemir rambut, ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Pilih highlight rambut ketimbang cat rambut. Highlight rambut hanya menyebabkan pewarna mengenai sedikit bagian rambut serta tidak menyentuh kulit kepala.
  2. Pilih pewarna rambut yang bersifat sementara karena tersimpan di permukaan rambut dan tidak menembus ke dalam batang rambut.
  3. Pilih pewarna rambut alami.
  4. Amati kandungan dalam produk pewarna rambut. Senyawa seperti merkuri, fenol, amina aromatic, dan hydrogen peroksida berpotensi bahaya.
  5. Gunakan sarung tangan saat proses menyemir rambut.
  6. Oleskan terlebih dulu sedikit pewarna rambut pada rambut dan kulit kepala untuk melihat reaksi alergi. Alergi terhadap pewarna rambut dapat terjadi dan menyebabkan iritasi pada kulit.
  7. Jangan menyemir rambut bersama bayi karena bau menyengat dari produk pewarna rambut dapat menyebabkan bayi sulit bernafas.
  8. Lakukan pengecatan di tempat yang sirkulasi udaranya baik
  9. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum melakukan kontak kembali dengan bayi.

Kesimpulan

Selain cara menyusui yang benar, kecukupan nutrisi dari busui, suasana dan perasaan busui juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberhasilan ASI eksklusif

Salah satu hal yang membuat busui nyaman sehingga hormon oksitosin terpelihara, adalah rasa percaya diri yang kuat.

Masalah penampilan juga penting diperhatikan oleh busui. Jika busui ingin mempercantik penampilan dengan menyemir atau highlight rambut, maka hal ini tidak dilarang.

Dalam melakukan pewarnaan rambut, penting bagi busui untuk menerapkan tips aman menyemir rambut bagi busui.

Referensi

  1. https://www.nhs.uk/common-health-questions/pregnancy/is-it-safe-to-use-hair-dye-when-i-am-pregnant-or-breastfeeding/
  2. https://www.momjunction.com/articles/hair-dye-while-breastfeeding-safety-alternatives_00746052/
  3. https://loveourlittles.com/breastfeeding-and-hair-dye/
  4. https://njaap.org/wp-content/uploads/2017/07/Breastfeeding-FAQ-A-Guide-for-Physicians.pdf
  5. https://www.verywellfamily.com/can-breastfeeding-women-dye-their-hair-5201809
  6. https://sg.theasianparent.com/dye-hair-while-breastfeeding
  7. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/ibu-menyusui/penggunaan-cat-rambut-saat-menyusui-amankah

DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

23 komentar

  1. Delly Safira Hedaputri12 Januari 2023 pukul 07.24

    Akhir-akhir ini sering mendapat pertanyaan dari mama-mama muda yang ingin menyemir rambutnya dan terjawab sudah semua kegalauan. Ternyata diperbolehkan menyemir rambut dengan beberapa ketentuan nggih dokter. Mulai dari pemilihan jenis cat rambut hingga tata cara menyemir yang perlu diperhatikan. Tetap bijak dalam menyemir rambut hehe

    BalasHapus
  2. Wah ternyata boleh nggih dokter menyemir rambut.. yang terpenting ibu happy dan ASI untuk dedek bayi tetap tercukupi.. terimakasih dokter informasinyaa

    BalasHapus
  3. Akhirnyaa mommy jadi punya alasan nih buat minta anggaran tambahan ke suami, selain buat skincare sekarang untuk semir rambut 😁😁
    Waktunya kita calon calon suami lebih kerja keras lagi untuk memperbanyak digit saldo rekening, supaya bisa membuat suasana hati mommy jadi lebih menyenangkan 😁 karena kalau mommy usudah bahagia, ASI pasti aman lancar tidak terganggu hehe 😁

    BalasHapus
  4. Maghfiri Sania Bidari12 Januari 2023 pukul 07.49

    Waahh MashaAllah dokter terimakasih banyak untuk ilmunya, menjadi pengetahuan baru buat saya mengenai semir rambut karna yang saya tahu kebanyakan salon pasti menolak ibu menyusi ketika ingin mewarnai rambut. Oh ya dokter saya ingin bertanya, jika ibu hamil bagaimana nggih dokter apakah di perbolehkan atau tidak ? Karena kebanyakan salon juga menolak jika ada ibu hamil yang ingin mewarnai rambut dokter.
    Terimakasih banyak dokter pengetahuan yang sudah dokter berikan kepada saya ini sangat bermanfaat bagi saya πŸ™

    BalasHapus
  5. Annisa Tri Andriani12 Januari 2023 pukul 07.53

    Subhanallah, mengawali pagi dengan membaca blog bermanfaat. Saya tak menyangka bahwa mewarnai rambut bagi ibu menyusui bisa sangat bermanfaat untuk membangun kepercayaan diri. Saya rasa, ibu menyusui saat ini tidak perlu khawatir lagi tidak bisa mempercantik dirinya disaat sedang menyusui karena dokter telah memberikan tips cara aman menyemir rambut bagi ibu menyusui.

    BalasHapus
  6. Damas Tsaniyah Min Rohmatillah12 Januari 2023 pukul 08.42

    SubhanaAllah.. sungguh informasi yang sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang ingin mewarnai rambutnya saat sedang menyusui. Ketakutan para ibu ibu untuk mewarnai rambut ketika menyusui sudah terjawab. Sehingga para ibu ibu bisa dengan tengan jika ingin mewarnai rambut saat menyusui. Dan sungguh luarbiasanya tulisan dokter, dokter juga memberikan tips dan trik cara aman menyemir rambut untuk busui, sehingga busui tetap bisa staylish mewarnai rambut dengan cara yang aman. Saya sebagai masyarakat awam mengucapkan terima kasih atas informasi yang telah dokter tuliskan ini. Saya akan menunggu tulisan tulisan dokter yang lain.

    BalasHapus
  7. Wahhh ternyata menyemir rambut pada ibu yang menyusui diperbolehkan dan tidak dilarang jugah bisa membuat pengaruh yang signifikan pada keberhasilan asi eksklusif, tapi hati yah bunda dalam mewarnai harus diperhatikan yahh, tips yang aman mewarnai rambut.

    BalasHapus
  8. Terkadang informasi seperti ini yang sering dibutuhkan oleh busui milenial khususnya karena dengan semakin majunya zaman dan banyak trend yang bermunculan kita harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan kondisi. Salah satunya ini keinginan busui untuk tetap tampil kece dengan mewarnai rambut tapi tetap ingin memberikan yang terbaik buat si buah hati. Mantab dok infonya kece kece dan out of the box

    BalasHapus
  9. berkurang 1 kegalauan bagi para mama muda dikala sedang menyusui. jadi ngga perlu risau untuk para busui yang ingin tampil cantik sesuai yang diinginkan seperti menyemir rambut, yang terpenting adalah tidak lupa untuk memperhatikan tips aman menyemir saat sedang menyusui πŸ‘Œ

    BalasHapus
  10. Jawabannya adalah aman, jadi para mama muda tidak perlu risau untuk menyemir atau meghighlight rambutnya. Yang terpenting lakukan sesuai tips yang aman untuk mewarnai rambut. Rasa happy serta rasa percaya diri busui harus terus dipelihara demi menjaga hormon oksitosin untuk keberlangsungan keluarnya ASI.

    BalasHapus
  11. Terimakasih dokter pemaparannya sangat bermanfaat sekali, saya sendiri ga pernah mewarnai rambut saat hamil atau menyusui soalnya takut dgn efek sampingnya. Paling klo pengen mewarnai rambut pake henna aja dok yg amanπŸ˜…

    BalasHapus
  12. keren banget bahas pewarnaan rambut, senang sih kalau rambut putih tersamarkan, tapi aku sendiri rambutnya enggak semir, tapi kakakku ada yang senang pakai semir coklat

    BalasHapus
  13. Ada yang bilang henna lebih aman dok
    sayang hasilnya gak seperti cat rambut kimiayang bisa menghasilkan warna ungu, merah, blonde dan masih banyak lagi
    Walau debatable tentang henna ya? Kan juga merupakan zat kimia? :D

    BalasHapus
  14. Semakin paham jadinya. Terimakasih Dok.
    Memang pewarna berbahan alami itu paling aman untuk manusia ya. Siapapun. Bahan dari alam memang tidak akan mengecewakan...

    BalasHapus
  15. Artikel penting langsung dari pakarnya. Ada evidence-nya pula. Ayo ibu-ibu, ikuti tips dari Dokter Taura sebelum benar-benar mengambil keputusan ya.

    BalasHapus
  16. Baru kali ini baca bahasan soal keamanan pewarna rambut untuk busui. Biasanya seputar skincare saja. Itupun dari tulisan review produk skincare dari ibu-ibu pengguna, yang biasanya menyebutkan: produk bodycare / facecare ini aman buat ibu hamil dan menyusui.

    BalasHapus
  17. Memang pernah dengar sebaiknya busui tidak boleh semir rambut karena ada zat kimianya ya, tapi itu katanya. Namun dengan penjelasan dr.Taura jadi paham deh tidak ada korelasinya ya dok

    BalasHapus
  18. Busui jadi makin PD nih dalam merawat diri. Mau cat warna rambut apa aja (selain hitam), jadi semangat. Yang penting sih kandungan pewarna rambutnya aman ya, karena bisa ceki² dulu

    BalasHapus
  19. wah asyik. bisa buat bekal saat nanti menikah dan punya bayi. Karena aku adalah salah satu cewek yang seneng banget pas rambut punya warna-warna baru. Pernah ungu dark gitu. Belum pernah nyobain highlight sih...hehehe

    BalasHapus
  20. jadi busui yang ingin tampil segar dengan warna rambut baru gak perlu was-was yaa, Dok karena mewarnai rambut saat menyusui ternyata adalah tindakan yang aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Tapi tidak harus ya... Sesuaikan dengan kondisi aja sih

      Hapus
  21. Fenny Retno Ningrum16 Januari 2023 pukul 08.06

    Setuju dok. Cukup banyak pantangan-pantangan yang masih menjadi pertanyaan bagi ibu hamil dan menyusui, salah satunya mengenai cara rambut/semir ini dok. Tapi ternyata masih tergolong aman asalkan memperhatikan bahan-bahan dan tatacara mengecat rambut yang baik dan benar. Berhubung saat ini sedang hype mengenai skincare di kalangan kaum hawa, mungkin boleh nih dok untuk selanjutnya membahas masalah apa saja skincare yang boleh dan tidak boleh digunakan selama hamil/menyusul hehehe. Matur nuwun dokter.

    BalasHapus
  22. Untung aku gak suka nyetir rambut. Buat amannya mending gak usah deh bund. Takut ada apa apanya di ASI kita. Tapi kalau mau amannya, ya teliti lagi bahan sekiranya. Kayak di artikel ini. Ngebantu bangst

    BalasHapus

Posting Komentar