blog dokter taura big ad

DUSUN THE VILLAS : HOTEL PALING RECOMMENDED DI SEMARANG

Libur lebaran adalah saat yang tepat bagi kita merayakan kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Selain silaturahmi bersama keluarga, tetangga dan handai tolan, libur lebaran juga saat dimana kita merayakan kebersamaan bareng keluarga. Seperti keluarga saya yang di hari-hari normal terpisah jarak, libur lebaran adalah saat yang tepat untuk berlibur alias healing bareng.

Setelah melakukan jajak pendapat tipis-tipis, akhirnya saya sebagai kepala keluarga memutuskan untuk berwisata ke Jawa Tengah (Semarang dan Solo) dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Yes, inilah pengalaman pertama kami sekeluarga berwisata dengan berkendaraan pribadi, tanpa sopir! Kebetulan si sulung sudah cukup terampil mengemudikan kendaraan roda empat, jadi bisa diajak gantian nyetir. Menikmati keindahan kota Semarang, ditambah kuliner jawa tengah yang walaupun bukan menu sultan, namun lezatnya bikin pingin nambah, serta merasakan indahnya kebersamaan bareng keluarga, adalah sebuah pengalaman tak terlupakan.

"Dusun the villas" di Dusun Semilir Semarang yang anti-mainstream

Lokasi Dusun the Villas

Dusun the Villas Semarang merupakan salah satu hotel di Semarang yang berbentuk resort atau villa. Beralamat lengkap di Jl. Soekarno - Hatta 49 Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Akses menuju resort yang bentuknya unik dan anti mainstream ini cukup mudah karena terletak di tepi jalan utama Semarang Bawen. 

Dusun Semilir sendiri hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Semarang. Lokasi Dusun Semilir juga strategis lantaran terletak tak jauh dari pintu tol Bawen.

Lokasi Dusun the Villas Semarang menyatu dengan tempat wisata paling viral di Semarang yaitu Wisata Dusun Semilir yang terkenal dengan wahana iconiknya: Prosotan raksasi warna-warni.

Jenis Kamar di Dusun the Villas

Di Dusun the Villas tersedia 2 jenis kamar dengan harga yang berbeda pula, yaitu: Glamping dan Resor. Masing-masing jenis kamar akan membawa kita pada suasana yang berbeda dengan pengalaman yang yang membuat kita ingin balik lagi. Baik glamping maupun resor, semuanya dibangun dengan arsitektur unik bergaya bohemian dan anti-mainstream.

Glamping di Dusun the Villas

Glamping atau glamour camping saat ini menjadi trend menginap di tempat wisata. Dengan nuansa alam yang benar-benar natural, ditambah biaya yang terjangkau, membuat glamping banyak dijadikan pilihan utama dalam memilih penginapan ataupun sekedar staycation,

Di Dusun the Villas disediakan beberapa unit glamping yang bisa disewa dengan harga di bawah 300.000 rupiah. Dengan fasilitas yang terbatas (hanya 1 unit bed tingkat, meja dan kipas angin) namun menyajikan nuansa alam yang sangat asri. Di depan unit glamping mengalir sungai dengan bebatuan alami dan aliran sungai yang menyuguhkan suara gemericik dan aroma tanah yang khas, apalagi jika gerimis atau hujan turun, membuat rebahan seakan tak ingin diakhiri. Di sekitar sungai dan di atas glamping tumbuh pepohonan dan aneka tanaman hias yang menambah kesan hijau, asri dan sejuk. Worth it kan, dengan biaya segitu? Anda bisa merasakan asyiknya menginap di tepi sungai di alam bebas.

Nuansa alam nan hijau, sejuk dan asri menjadi ciri khas glamping di Dusun the Villas Semarang

Diantara jajaran unit hunian glamping yang saring berhadapan dan dipisahkan oleh sungai, ada sebuah jembatan bernuansa kayu nan teduh yang sangat instagramable. Rasanya kurang lengkap kalau menginap di Dusun the Villas tanpa berfoto di spot ini. Benar-benar iconic deh.
Jembatan yanginstagrammable yang menghubungkan 2 jajaran glamping di Dusun the Villas

Resor di Dusun the Villas

Tidak cukup hanya menyediakan glamping yang ramah di kantong, Dusun the Villas juga menyediakan hunian resor yang bentuk bangunannya sangat unik dan antimanistream.

Ada beberapa tipe kamar di resor Dusun the Villas ini, yaitu:

  1. Pool Play Side 
  2. Garden Play Side
  3. Hide Away Space

Dari ketiga jenis kamar di atas, tipe kamar "Pool Play Side" merupakan primadona dan selalu menjadi pilihan utama dari para pengunjung, termasuk saya. Tipe kamar inilah yang seolah menjadi ikon dari Dusun the Villas.

Selain arsitektur dari kamar jenis Pool Play Side yang unik dan bergaya bohemian, kamar jenis ini dilengkapi kolam renang privat yang bisa diakses langsung dari pintu kamar. Jadi, begitu keluar kamar, bisa langsung nyebur.

Kamar seluas 5 meter persegi ini dilengkapi dengan 1 king bed dan 2 single bed (tingkat), AC dan perlengkapan standar lain. Dengan fasilitas seperti ini, Anda akan bisa menikmati kemewahan di tengah alam.

Daya tarik utama dari kamar jenis ini selain keunikan bentuk bangunan dan privat pool, juga panorama di sekitarnya yang tak kalah indah. Pemandangan gunung Ungaran, langit yang cerah serta nuansa alam yang sangat kental. Bermalam di Pool Play Side ini benar-benar menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Salah satu ikon Dusun the Villas adalah Pool Play Side nya

Sayangnya, saat saya memesan kamar di Dusun the Villas pada H-5, status Pool Play Side ini sudah full booked. Singkat cerita, kami berlima akhirnya menginap di kamar tipe Garden Play Side.

Garden Play Side

Sebelum menuju lokasi Garden Play Side, kami harus menuju lobi hotel untuk menyelesaikan proses check in. Lobi yang tidak terlalu luas itu tampak tertata rapi dan artistik. Nuansa earth tone sangat terasa. Material yang sebagian besar terbuat dari kayu, rotan, batu dan rumbai-rumbai dari tali goni menggiring para tamu pada suasana vintage yang membumi. Tak lupa, saya pun iseng mengunjungi teras samping lobi yang ternyata pemandangannya sangat indah. Susunan rumah unik yang saling berhadapan dan dipisahkan olah kolam renang dengan airnya yang berwarna biru jernih, bersaing dengan birunya langit yang amat cerah siang itu. 

Beginilah suasana di lobi Dusun the Villas Semarang

"Itu tipe kamar Pool Play Side, Pak," jelas salah seorang resepsionis dengan ramah, sembari menunjuk sederet bangunan yang sedang saya kagumi karena keindanhannya itu.

Setelah memarkir kendaraan tak jauh dari kamar yang akan kami tempati, kami pun segera memasuki area Garden Play Side.

Memasuki kamar dari pintu belakang, tampak suasana kamar yang bersih dan bernuansa vintage dengan furniture model jadul dan lagi-lagi didominasi warna khaki.

Begitu memasuki kamar, di sebelah kiri tersedia 2 bed single bertingkat. Disebelahnya ada kamar mandi lengkap dengan toilet, wastafel dan shower. Baru setelah itu tampak sebuah tempat tidur berukuran king bed yang terbuat dari kayu jati yang finishingnya sengaja tidak dituntaskan, karena masih nampak polesan dempul berwarna keputihan. Begitu juga dengan meja rias, nakhas dan juga meja televisi. Yang menarik dari interior kamar tidur utama adalah adanya tirai yang menjuntai dari atas ke bawah, membuat tempat tidur yang sederhana menjadi lebih elegan bak kamar tidur sang raja.

Suasana vintage nan jadul di Garden Play Side di Dusun the Villas Semarang

Wisata Dusun Semilir

Salah satu gimik menginap di Hotel Dusun the Villas adalah mendapatkan voucher free akses ke wisata Dusun Semilir yang lokasinya bersebelahan dengan hotel Dusun the Villas Semarang.

Sudah pada tahu kan, ada apa di tempat wisata Dusun Semilir? 

Yup betul, salah satu wahana ikonik di tempat wisata ini adalah perosotan raksasa setinggi 30 meter yang makin viral dengan sebutan perosotan pelangi.

Saya memberanikan diri mencoba wahana perosotan warna-warni ini atas desakan isteri dan anak-anak. Alhamdulillah saya berhasil mengatasi phobia ketinggian.

Wahana wisata yang ikonik di Dusun Semilir ini adalah perosotan pelangi.

Penutup

Alhamdulillah, libur lebaran tahun ini sangat berkesan bagi saya. Bukan hanya karena kebersamaan bareng keluarga, namun juga karena liburan kali ini sudah kami persiapkan dan  sudah diupayakan sedemikian rupa agar liburan tidak boros, seperti salah satu artikel dari blog "ruang mamak" yang digawangi oleh seorang blogger Kendari, yang berjudul: "7 Kesalahan yang Bisa Buat Liburan Jadi Boros"


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

57 komentar

  1. sangat bagus untuk destinasi liburan kedepannya dan recomand banget buat liburan sekeluarga dengan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. untuk harganya sebanding dengan penyajian pemandangan yang sangat memanjakan mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yang masih muda belia, bisa trip ala backpacker ya... Lebih irut, lebih menantang, lebih banyak pengalaman...

      Hapus
  2. Sangat bagus dokter,,bisa buat refrensi liburan bareng keluarga dan harganya juga terjangkau dengan fasilitas yg diberikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih hemat kalau liburan ala backpacker bareng bestie... Yuk gassken

      Hapus
  3. Tempatnya terlihat nyaman dengan pemandangan yang asri. Bisa menjadi salah satu rekomendasi liburan saya dan keluarga ketika ke Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, apalagi susrabaya - semarang kini bisa ditempuh lewat jalan tol yang hanya butuh waktu 5 jam-an

      Hapus
  4. Luar biasa pemandangan yang sangat indah dok dengan harga terjangkau cocok untuk liburan bareng keluarga,pacar,teman dijamin betah pasti jika udah sampai di tempat lokasi tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahai anak muda, gunakan umurmu untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan ya... Rugi kalau gak

      Hapus
  5. Pemandangan yang masih tampak alami, cocok untuk liburan keluarga, saudara, teman, ditengah kesibukan pekerjaan sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang cocok banget sih ini untuk refreshing setelah sekian lama berkutat dengan aktivitas sehari-hari

      Hapus
  6. Wah, sangat cocok untuk refrensi agenda liburan bulan depan. Terlihat sangat menyatu dengan alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul banget... dari luar memang tampak menyatu banget dengan alam, tapi di dalam, masih bisa merasakan kemewahan dan kenyamanan

      Hapus
  7. Wah, terima kasih dokter informasinya jelas, bisa menjadi salah satu rekomendasi liburan saya dan keluarga ketika ke Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAyuk gassken... Di Semarang atas lumayan sejuk, gak sepanas di Surabaya kak...

      Hapus
  8. pemandangan yang bagus, dulu eaktu zaman kuliah di semarang tidak tau kalau ada tempat yang bisa buat liburan santai. trrimakasih dok infonya, barang kali bulan depan bisa berlibur ke semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke Semarang sekaligus nostalgia dong... Jangan lupa mampir ke kota lama ya.... nuansanya beda banget

      Hapus
  9. Sangat bagus, dulu pernah kesana tapi hotel masih belum jadi, perlu banget dicoba, cocok buat rekomendasi liburan bersama keluarga ketika di semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul... Saya aja pingin stay di sini lagi, belum puas karena belum nyobain semua wahana

      Hapus
  10. Bener banget, gaya hidup hemat dan memilih destinasi yang benar2 dibutuhkan adalah penting. Gak cuma soal gaya-gayaan saja, tapi lebih berguna menggunakan uang sesuai kebutuhan bukan karena semata-mata oleh keinginan. Makasih sharingnya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu alasan utama mengapa trip kali ini nyetir sendiri tanpa sopir. Selain lebih privacy, juga lebih hemat...

      Hapus
  11. Wow, kayanya saya gak akan berani perosotan di situ, ngeriiiiii
    Tapi resornya mah mau, kayanya bakal asyik ya berlama-lama sambil nulis di situ
    Harus masuk list nih karena setiap tahun saya pasti ke Jogja bdan Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran Ambu, di sini tuh asik banget... alami semuanya

      Hapus
  12. Perosotan pelangi lagi viral banget, ya. Saya penasaran meluncur dari perosotan ini. Resortnya kelihatan nyaman banget. Kayaknya bersantai di sekitara resor juga udah bikin betah. Gak perlu ke mana-mana lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget... Tapi saya sekeluarga juga penasaran pingin mengunjungi museum kereta api di ambarawa, tak jauh dari dusun semilir... Jadi rebahannya singkat saja...

      Hapus
  13. Aw..aw...aw paling demen deh kalau staycation berbau bau alam gitu, apalagi tidurnya bisa denger gemericik air, uwoooooow. Kamarnya sepertinya nyaman ya dok. Kalau pulang hanya lewat aja ni di Semarang, besok coba ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, sebaiknya reservasi jauh-jauh hari lewat aplikasi, lebih murah...

      Hapus
  14. Ternyata di Semarang ada resor yang keren banget. DI catat ah, Dusun The Villas, siapa tau diberi kesempatan berkunjung ke Semarang.
    Saya penasaran nyobain perosotan pelangi, pasti jadi ingat masa kecil yang bahagia ya Dok setelah mencobanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ke Dusun th Villas karena terprovokasi IG story salah satu teman dekat. Begitu ke sana, benar-benar di luar ekspektasi. Ini lebih bagus dari yang saya bayangkan

      Hapus
  15. unik sekali Dusun the Villas Semarang ya, Mas. Apalagi menyatu dengan tempat wisata Dusun Semilir. Itu perosotan raksasa warna-warni keren sekali. Jadi ingin segera mencobanya. Semoga segera ada kesempatan saya ke sana. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk gassken... Wisata rame-rame bareng keluarga atau bareng bestie, lebih berkesan....

      Hapus
  16. Melihat fotonya, saya paham kenapa kamar Pool Play Side jadi favorit dan primadona. Apalagi yang membawa anak kecil. Seharian di lingkungan hotel aja pasti sudah bikin betah. BTW, itu beneran Mas rate nya di bawah 300K? Saya nih pengen ngajak suami road-trip Jakarta - Malang. Setop di Cirebon, Jogyakarta, Solo dan Semarang.

    Duh perosotan pelanginya ya. Menantang banget itu hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang 300K-an itu yang glamping, Mbak Annie... Yang pool play side kalau pas liburan hingga 1,8 juta an... Tapi worth it banget kok

      Hapus
  17. Perosotan warna-warni nya mengundang adrenalin banget ini Kak Dokter.
    Wah, liburan yang menyenangkan sekaligus bisa sebagai terapi juga gak sih buat atasi takut akan ketinggian ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga awalnya merinding sekaligus takut. Tapi sama petugasnya langsung di dorong tanpa ba bi bu... Setelah mendarat baru saya sadar kalau ketakutan akan ketinggian itu hanya perasaan sesaat yang bisa kita taklukkan kok

      Hapus
  18. aku pengen banget maen ke tempat perosotan warna-warni ini... apalagi udah ada rekomendasi tempat inap kayaknya bisa jadi referensi buat orang yang mau datang main nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo koh Deddy, Sudah bosan nginep di hotel dengan bangunan vertikal yang gitu-gitu aja, kan? Coba deh berlibur ke sini...

      Hapus
  19. Dok, maaf ya aku mau komen soal penggunaan kata healing hihi. Sehubungan dengan kalimat ini:
    "libur lebaran adalah saat yang tepat untuk berlibur alias healing bareng."

    Jujur aku sampe sekarang ga relate dengan penggunaan kata healing untuk menyebut liburan/berlibur, karena keduanya punya tujuan yang berbeda. 😁 Beberapa penulis pernah membahasnya dalam artikel yang dimuat di situs-situs besar.

    Punten ya dok 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih masukannya kak... Emang betul sih, kurang tepat penggunaa kata healing di situ. maaf ya... Saya hanya mengikuti trend aja kok... biar tulisannya mengalir aja gitu...

      Hapus
  20. Wow amazing banget acara liburan bersama keluarga ya pak dokter. Terpesona aku melihat pemandangan The Villas Semarang, sentuhan alamnya berasa sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kak Denise... Dikau harus ke sini biar gak suntuk oleh hiruk pikuk Jakarta.... Adem banget pokoknya

      Hapus
  21. Bagus banget tempat nya cocok buat glamping sama keluarga ya dok, duh apalagi ada rainbow slide yang instagenic auto ikutan heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran, ini di luar ekspektasi saya sih sebenarnya.... Pingin balik ke sana lagi deh jadinya...

      Hapus
  22. Saya pernah lihat di postingan Instagram yang lewat tapi nggak ngeh kalau ternyata di Semarang. Cakep banget pemandangannya dan juga adem. Pas nih untuk keluarga yang tua-tua leyeh-leyeh menikmati pemandangan dan yang muda bisa bikin konten seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget. Dinikmati makin asyik, dibuat konten juga seru. Buruan ke sini kak.... rugi kalo gak

      Hapus
  23. Bakalan betah banget bisa nginep di resort ini, Pak Dok. Tempatnya sangat berbeda dengan penginapan pada umumnya. Konsepnya natural banget

    BalasHapus
  24. Penggambaran sebuah dusun bener-bener ditawarkan di Resort Dusun the Villas.
    Gak mengubah sekitarnya, justru glamping yang menyatu dengan alam sehingga menambah kebahagiaan dan keceriaan berlibur bersama keluarga.

    Kalau malam makin seru ya, Pak Dokter..
    Mendengar syahdunya alam bernyanyi.
    MashaAllah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya tidur jam 8an, karena capek. Jadi gak sempat keliling pas malam hari... Iya sih, kelihatannya nyaman banget

      Hapus
  25. Tjakep banget lihat eksterior dan interiornya. Terlebih lagi langsung lihat pemandangan air.. segerrrr.. Ini sih recommended banget kalau suatu saat traveling ke Semarang.

    BalasHapus
  26. Masya Allah tinggi banget sampai 30 meter perosotan tapi unik berwarna warni.

    BalasHapus
  27. Suasana penginapan di Dusun Villa nampak nyaman dan asik ya walau nuansa daun rumbia, pasti menyenangkan. Aku pernah menginap rombongan, di kasih per kamar bernuansa bedeng bambu, tapi kok creepy huhu

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah ya dok momen yg tepat liburan bareng keluarga di libur lebaran. Tempatnya terlihat sejuk ya. Enak bgt kamar didepannya ada kolam renang. Rekomendasi bgt nih kalau ke Semarang.

    BalasHapus
  29. Tempat menginapnya bagus banget pak. Kamar yg punya kolam renang privat pasti jd inceran ya. Mana anakku suka bgt berenang alias berendem sih 😂. Kalo ada kesempatan ke Semarang pengen nyobain deh menginap sdsini juga.

    BalasHapus
  30. Dok, ceritain dong gimana sih bisa nemukan hidden gem seperti ini. Tempatnya asik, kesan naturalnya dapat banget, atmospherenya enak pokok

    BalasHapus
  31. Bagus banget tempatnya, konsepnya juga unik, pasti bikin betah banget staycation bareng keluarga di dusun the villas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul pak. Bikin krasan dan nyaman. Pingin balik ke sini lagi

      Hapus
  32. Recomended banget nih dokter... Diny belom pernah ke sana... Next saya dan anak2 akan coba ke sana... Pemandangannya masih alami banget sejuk asri... Top BGT dokter

    BalasHapus
  33. Indah banget dan terkesan unik tempatnya, jarang sekali melihat ada tempat penginapan depannya langsung ada pollnya. Wah bisa di masukin cek list libur akhir tahun ni.

    BalasHapus

Posting Komentar