blog dokter taura big ad

MERAJUT KENANGAN, MENYEMAI HARAPAN DI PULAU MENJANGAN

Hari sudah semakin siang, gemuruh ombak makin bingar. Kedua kaki masih juga berlarian di sepanjang garis pantai, berkejaran dengan tawa dan cipratan air dari kedua tangan kami. Langit di atas Pulau Tabuhan Banyuwangi yang cerah seolah mengabarkan cerita bahwa hidup tak selamanya tentang mengejar harapan. Ada kalanya tubuh butuh berteduh sekadar berlindung dari terik mentari dan rehat sejenak untuk memberikan kesempatan melepas penat yang mencengkeram raga.

Sebutir kelapa muda berhasil mengembalikan energi sekaligus mengobati haus yang sedari tadi tertahan. Saya jadi ingat, bahwa salah satu tips agar tetap sehat dan bugar selama traveling adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan. 

Setelah mendapat aba-aba dari tim guide Jawaxplore -agen perjalanan penyelenggara trip ke dua pulau wisata- kami pun bergegas menaiki perahu kembali untuk segera berangkat menuju pulau tak berpenghuni lainnya yang termasuk wilayah Propinsi Bali, yaitu Pulau Menjangan.

Pemandangan pantai di Pulau Menjangan BAli yang memesona

Catatan Seputar Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil tak berpenghuni. Lokasi Pulau Menjangan adalah sekitar 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat dari tahun 1982. Luas pulau ini sekitar 1500 meter X 500 meter.

Lokasi Pulau Menjangan berada sekitar 60 km dari Pantai Lovina atau lebih tepatnya berada di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.

Sesuai namanya, pulau ini hanya dihuni oleh kawanan menjangan liar. Menjangan dalam bahasa Jawa berarti Rusa atau Kijang. Keberadaan hewan-hewan ini merupakan salah satu daya tarik dari pulau yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya ini.

Jika beruntung, Anda akan bisa menikmati keindahan menjangan sekaligus menyaksikan kepiawaiannya berlari manja dengan memamerkan kaki-kakinya yang tetap lencir walau selalu menyangga mahkota yang bercabang-cabang. Lincah, gesit namun tetap gemulai.

Jika "Kuta" adalah jantungnya pariwisata Bali, maka dibutuhkan perjalanan darat sekitar 3 jam dari Kuta menuju ke titik poin penyeberangan menuju lokasi Pulau Menjangan.

Secara administratif, lokasi Pulau Menjangan terletak di bagian Utara Pulau Bali yang merupakan wilayah teritorial Kabupaten Buleleng yang beribukota di Singaraja.

Cara ke Pulau Menjangan

Walaupun Pulau Menjangan termasuk wilayah Propinsi Bali, namun secara geografis lokasinya lebih dekat dengan Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, dan bisa dijangkau dari berbagai starting point di Banyuwangi.

Jadi untuk menuju Pulau Menjangan, bisa ditempuh melalui 2 jalur: Banyuwangi dan Bali

Berangkat dari Bali

Lokasi Pulau Menjangan ini terletak sekitar 10 km di lepas pantai barat laut Bali. 

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) menyediakan perahu bagi para wisatawan dengan titik keberangkatan dari sebuah pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang, yang lokasi tepatnya ada di Teluk Terima.

Cara lain menuju lokasi Pulau Menjangan yaitu dengan naik perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang, yang lokasinya bersebelahan dengan Mimpi Menjangan Resort.

Jadi, jika Anda kebetulan sedang berlibur di Pulau Bali dan bermaksud mengunjungi lokasi Pulau Menjangan, tak perlu risau. Tinggal pilih satu di antara dua alternatif.

Perlu Anda ketahu, untuk penyeberangan menuju lokasi Pulau Menjangan ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit lamanya, tergantung pada cuaca dan beban perahu yang dibawa nantinya.

Pulau Menjangan dari Banyuwangi

Seperti yang sudah dibahas pada traveling story sebelum ini, bahwa keberangkatan saya menuju lokasi Pulau Menjangan adalah bagian dari serangkaian open trip yang diselenggarakan oleh Jawaxplore sepanjang minggu pagi hingga saat saya tiba di Pulau Menjangan pada siang harti sekitar jam satu siang. Untung cuaca sedang sangat bersahabat: tidak terik namun juga tidak hujan. 

Dari titik keberangkatan di Grand Watu Dodol kami berangkat pukul 9 pagi langsung menuju Pulau Tabuhan dengan menaiki perahu bermotor selama kurang lebih 20 menit. 

Dari Pulau Tabuhan kami menuju Pulau Menjangan dengan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit. Perjalanan menuju Pulau Menjangan merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan. Bukan hanya angin sepoi yang dengan setia meninabobokkan kami, namun kami juga disuguhi pemandangan sekitar yang sangat menawan. Langit yang biru cerah, gemerincing air laut yang tampak tenang, dan daratan hijau yang samar-samar melambai-lambaikan tangannya melalui nyiur yang dengan luwesnya menyapa dan mengajak kami singgah.

Ketika mata mulai terpejam dan alam mimpi memberi salam seakan berucap "selamat datang", tetiba seluruh penumpang di perahu bermuatan 20 wisatawan itu heboh. Takjub karena melihat sesuatu yang tak biasa. Sembari menunjuk dengan jemarinya, mereka kompak berucap: "Ikan Hiu!"

Wow, rupanya kami sedang beruntung bisa melihat sirip ikan hiu yang sedang menari-nari di depan perahu.

Selain dari Grand Watu Dodol yang berjarak hanya beberapa meter dari Pelaguhan Ketapang, Pulau Menjangan dari Banyuwangi juga bisa berangkat dari Pantai Bangsring atau di Pantai Kampe.

Jadi, Pulau Menjangan dari Banyuwangi bisa ditempuh dari 3 titik keberangkatan: 

  1. Pantai Grand Watu Dodol, 
  2. Pantai Bangsring
  3. Pantai Kampe

Pesona Pulau Menjangan

Bukan hanya pantainya yang memesona dan keindahan bawah laut yang tiada duanya, namun Anda juga bisa berkeliling pulau dengan leluasa untuk menikmati keunikannya. Ada beberapa pura yang berdiri megah, dan jika beruntung, Anda bisa berlarian mengejar menjangan atau rusa liar yang sudah mulai langka.

Pantai nan Memesona

Keindahan pantai di sekitar Pulau Menjangan sudah tidak diragukan lagi. Perpaduan dari jernihnya air laut, putihnya pasir pantai, serta hamparan langit biru yang menawan.

Begitu perahu dilabuhkan, dan kami berbondong turun, pasir pantai yang lembut, menyambut kami. Pasir putih nan ramah itu pun berbisik mesra mengucapkan selamat datang pada telapak kaki yang menginjaknya perlahan. Angin laut yang selalu membawa kedamaian juga ikut nimbrung sembari tertawa renyah. Suasana syahdu yang selalu membuat kami rindu. 


Saya pun segera memandangi air laut yang berwarna biru dengan gradasi hijau nan menenangkan, hingga pada suatu titik, pemandangan laut itu berganti dengan birunya langit yang megah berwibawa.

Entahlah, apakah hanya saya yang setiap menikmati alam yang berwarna biru, selalu mendatangkan ketenangan dan merasa dilindungi.

Iya, ketenangan yang dalam dunia nyata sehari-hari sangat sulit saya dapatkan. Di sinilah saya bisa benar-benar bebas dari suara latto-latto.

Sementara itu, beberapa pengunjung -termasuk si bungsu- sedang asyik bermain dengan pasir pantai sembari mengais kulit kerang yang pipih dan berkilauan. Tak lama kemudian, sang bunda tersayang memanggilnya untuk mengajak foto bersama. Itulah perempuan ... Gak bisa melihat panorama indah, pinginnya mengabadikan dalam sebuah foto kenangan. 

Rahasia tentang perempuan ini seketika tidak berlaku, manakala saya juga pingin nimbrung. Jadilah kami sekeluarga berfoto ria. Cekrek!

Kapan lagi bisa foto bareng si cantik dengan latar belakang pemandangan cantik?

Pura Ganesha

Karena waktu yang terbatas, kami tidak sempat berjalan-jalan keliling Pulau Menjangan. Namun dari beberapa referensi yang saya baca, di Pulau Menjangan ini berdiri sekitar 8 pura.

Dikutip dari BanyuwangiBagus.com, salah satu pura yang menjadi ikon Pulau Menjangan adalah Pura Ganesha yang menghadap ke laut lepas. Pura yang dihiasi Patung Ganesha itu dipercaya masyarakat setempat sebagai penjaga perairan Bali agar tetap aman dan asri. Itulah sebabnya Pulau Menjangan termasuk tempat yang disakralkan.

Snorkeling Pulau Menjangan

Salah satu daya tarik dari Pulau Menjangan adalah panorama bawah laut yang sangat indah.

Pulau Menjangan dikenal sebagai surganya para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri. Pulau tak berpenghuni ini adalah primadona dari serangkaian wisata bahari di Bali.

Selain air lautnya yang jernih, kedalaman dasar laut yang dangkal, serta biota laut yang beragam dan sangat indah, juga kemudahan dalam mendapatkan perlengkapan snorkeling, membuat aktivitas snorkeling di Pulau Menjangan ini sangat populer.

Setelah bersiap diri dan mengenakan seperangkat alat snorkeling, kami pun segera mencebur ke laut dan yup!

Merkipun basah-basahan, namun petualangan seru ini sangat sayang untuk dilewatkan. Pemandangan bawah laut yang penuh warna tak akan bisa kita jumpai di lain tempat.

Salah satu spot terbaik yaitu dermaga Pulau Menjangan Bali

Asiknya, tempat snorkeling di Pulau Menjangan Bali tidak hanya ada pada satu tempat saja. Konon di Pulau Menjangan ini ada tujuh spot snorkeling. Tempat pertama adalah di  dermaga Pulau Menjangan, tepat di dekat pantainya.

Ketujuh spot diving tersebut merupakan spot menyelam kelas dunia. Visibilitas yang diberikan pun cukup baik, yakni antara 15 sampai 50 meter.

Jadi begitulah traveling story saya selama sehari di Kota Banyuwangi. Walaupun hanya sehari tapi sangat berkesan. A day in my life yang penuh dengan kenangan indah.
DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

37 komentar

  1. Waah akhirnya artikel yang ditunggu-tunggu upload juga 😁😁
    Memang terbaik lihat pemandangan laut dan langit yang biru bisa bikin hati jadi adem, apalagi disana betul betul bebas dari polusi lato-lato 🙏😁
    Lihat video diatas jadi bikin saya bener-bener kepingin liburan kesana dokter 🙏😁

    BalasHapus
  2. cantiknyaaa.......harus ke sini nih
    Mungkin karena cancer sejati, saya suka banget laut dan pantai
    Dan Pantai Menjangan bikin saya jatuh cinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Ambu... Saya juga senang ke pantai, daripada ke gunung... Capek!

      Hapus
  3. Masyaallah ini seakan aku ikut diajak berlibur juga ke Pulau Menjangan loh.. Padahal ke Pantai Bangsring atau Watu Dodol Banyuwangi aja belum pernah hehehee
    Mana view nya juga cakep loh
    Ga bisa bayangin juga disapa sama ikan hiu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo buruan ke pulau menjangan. Worth it banget pokoknya... Bareng keluarga besar, lebih seru!

      Hapus
  4. wah asiknya baca tulisan travelling ke pantai gini jadi berasa ikutan jalan-jalan... apalagi viewnya menggiurkan, jadi pengen ke sana juga, atau saya berkunjung ke pantai di daerah saya saja dulu ya, di Malang juga banyak pantai berjejeran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai paling favorit di Malang itu pantai 3 warna... Bersih dan panoramanya indah banget

      Hapus
  5. wah seru banget travelling ke pulau menjangan ya, indah banget pemandangannya. jadi pengen mengunjunginya juga nanti bersama keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus banget. Buruan ke sini... Hari senin harga sudah naik

      Hapus
  6. Memang benar ya, Dok. Ada kalanya tubuh butuh kesempatan melepas penat yang mencengkeram raga dengan mendapatkan vitamin sea, jadi selain cairan untuk tubuh yang cukup, "cairan" untuk menghibur hati dan pikiran juga sangat diperlukan 😅

    Btw sebelum baca ini, saya kira pulau Menjangan itu memang terletak di Jatim, lho.. ternyata enggak ya, cuma letaknya aja yang berada di dekat Banyuwangi.

    BalasHapus
  7. Banyuwangi dan Bali memang garis lautnya berdekatan ya Mas. Saya pernah, pas di Bali, pengen ke Pulau Menjangan ini. Tapi tour guidenya bilang, lebih baik berlayarnya dari Banyuwangi aja karena memang lebih dekat.

    Pulau tak berpenghuni tuh menurut saya eksotik. Keindahannya lebih alami. Nanti kalau ada rejeki waktu dan kesehatan, main ke Kepulauan Morotai Mas. Disana banyak pulau-pulau kosong yang menarik buat dimampiri. Saya sudah menuliskannya. Coba nanti Mas Taufiq cari lewat keyword "morotai" ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Mbak Annie, cuss baca artikel tentang Marotai... Thanks ya

      Hapus
  8. Hmmm, kalau disuruh milih saya sebenernya lebih seneng ke Gunung daripada pantai. Selain ga bisa renang, lebih ke males kulit gosong (sebab emang udah gosong) hahaa.
    Tapiii kalau disuruh milih ke mall atau pantai? Jelas saya pilih pantai, laaah....

    BalasHapus
  9. Cantiknya pantai Menjangan ini dok
    Saya sendiri memang lebih suka pantai daripada gunung

    BalasHapus
  10. Waaaaaah, aku belum pernah ke sini. Dulu pernah diajakin mertua yang dinas di Banyuwangi, tetapi dilarang suami karena lagi hamil muda. Huhuhu. Sedih. Padahal tinggal nyeberang.

    Pas udah tinggal di Bali, eeeeh malah gak sempat juga ke sana. Keasyikan explore objek wisata alternatif.

    Tetap saja saya masih menyimpan rindu ke sana.

    BalasHapus
  11. Menarik banget nih explore di pulau Menjangan Bali :D
    Pantainya emang cantik-cantik ya di sana, nggak ada lawan pokoknya.
    Semoga nanti bisa ikutan berkunjung ke sini

    BalasHapus
  12. Traveling yang healing sekaligus membuat menggerling bahagia nih karena pemandangan pulaunya yang bikin nyaman, apalagi banyak spot-nya juga ya termasuk snorkeling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vitamin sea itu termasuk sembako ke sepuluh sih bagiku...

      Hapus
  13. Wah cantiknya Menjangan resort, memang pulau Bali itu amazing banget. Hampir semua pulaunya cantik-cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulau Menjangan selain cantik, pemandangan bawah lautnya juga ciamik.... Wajib disegerakan ke sana ya

      Hapus
  14. Pastinya asik banget nik ke Pulau Menjangan, apalagi menikmati snorkeling bareng keluarga atau rekan-rekan ya, Dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget pak. Syedap betul. Cuman ya itu, saya masih takut tenggelam...

      Hapus
  15. Terpukau dengan keindahan Pulau Menjangan di Banyuwangi. Serasa pulau pribadi.
    Tapi apakah anginya juga deras atau kencang?
    Melihat hiu dari jarak pandang yang masih bisa dijangkau ini agak bikin deg-degan yaa, dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anginnya lumayan kencang sih... Bisa lihat ikan hiu di laut bebas itu gimmick banget mbak

      Hapus
  16. Waahh bagaimana bisa melewatkan keseruan trip ke menjangan.. tempatnya seindah itu ternyata..

    Kasi tipsnya donk kak gimana caranya terpilih di open trip yang diselenggarakan oleh Jawaxplore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, tinggal daftar dan bayar aja sih... Seru banget... Bisa dapat kenalan baru lagi

      Hapus
  17. Maghfiri Sania Bidari19 Februari 2023 pukul 21.59

    Mashaallah dokter bagus banget pantainya jadi kepengen liburan juga tpi sangat tidak mungkin saya bisa liburan dokter hehe 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu "minggu liburan" ya... Tapi bener lho, seru banget liburan di pulau Menjangan...

      Hapus
  18. pasir putihnya cantik banget yaa, agak mirip-mirip dengan pantai yang ada di daerahku di Buton Tengah.

    anyway, terimakasih backlink-nya, Dok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pingin banget ke Bhuton... Keindahan alam Bhuton lagi viral nih, jadi pingin traveling ke sana

      Hapus
  19. Keren banget dokter tempatnya, ini cerita yang saya tunggu dari serangkaian kegiatan liburan dokter disana, kalau saya punya kesempatan saya harus kesana dokter sekali aja gpp.

    BalasHapus
  20. View Pulau Menjangan sangat bagus, bisa juga memberikan pengalaman menikmati pemandangan bawah laut yang mengesankan di sini

    BalasHapus
  21. MasyaAllah, liat dari short videonya indah sekali pemandangan di Pulau Menjangan, pak dokter. Apalagi hamparan pasir putihnya, jadi menambah kesan adem suasana

    BalasHapus
  22. Baru tahu ada Taman Nasional juga...suka sekali dengan pemandangan alam..pantai dan pasir putihnya apalagi bawah laut nya yaa

    BalasHapus
  23. Snorkeling aku suka banget nih...terakhir snorkeling berapa tahun lalu sih. Tapi apesnya cuaca buruk, jadi nggak bisa melihat tepat di spot yang bagusnya. Kalau ke Bali pengen juga ke pulau Menjangan ini..eh tapi dari Banyuwangi juga bisa ya.

    BalasHapus
  24. Duu duhh aku mupeng pak, baru baca doang di postingan ini. Gimana kalau uda ngerasain ke pulau Menjangan juga yaa, waahhh pasti happy bangett. Apalagi kalau bisa nikmatin liburan bareng keluarga

    BalasHapus
  25. Ketika baca ini cuma bisa ngebayangin dong, kapan ke sananya hiks..
    pas ada sirip hiu gak panik oak? 😅 kalo di flm flm biasanya udh pada panik tuh

    BalasHapus

Posting Komentar