blog dokter taura big ad

AMANKAH PENGGUNAAN BALSAM (VAPORUB) UNTUK BAYI DAN ANAK?

Beberapa minggu terakhir banyak sekali kasus batuk pilek yang terjadi pada bayi dan anak-anak. Maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak akibat cemaran etilen glikol dan atau di-etilen glikol pada sediaan sirup, membuat orang tua takut untuk memberikan obat. 

Ditambah lagi sulitnya membeli obat sediaan sirup di toko obat maupun apotek, membuat orang tua kebingungan. Membawa anak sakit ke dokter juga membuat orang tua berpikir beberapa kali. Selain faktor finansial, orang tua juga merasa batuk pilek yang dialami anaknya masih ringan dan bisa diobati sendiri di rumah. 

Seperti yang dituturkan Bu Rani, seorang blogger kelahiran Bandung yang punya hobi menulis jurnal syukur di blognya:

"Sudah satu bulan ini anak saya menderita batuk pilek kambuhan. Sudah saya berikan balsem bayi untuk batuk pilek, tapi belum sembuh juga."

Amankah penggunaan balsem bayi untuk batuk pilek?

Balsem bayi untuk batuk pilek merupakan salah satu penanganan home care yang jadi favorit para ibu rumah tangga. 

Yuk, Kenalan dengan Balsem atau Vaporub

Banyak orang tua yang mempercayai bahwa balsem atau vaporub bisa meredakan gejala-gejala flu atau common cold seperti batuk, pilek, hidung tersumbat dll. 

Dengan mengoleskan vaporub pada leher, dada dan punggung anak, akan melegakan pernapasan, melonggarkan hidung tersumbat dan membuat si kecil tidur lebih nyenyak.

Apa yang dimaksud dengan vaporub? Apa saja kandungan zat aktifnya? Apa saja efek yang bisa ditimbulkan? Amankan penggunaan vaporub untuk bayi dan anak?

Balsem atau Vaporub merupakan salep oles yang mengandung camphor, menthol, dan minyak eucalyptus yang telah digunakan lebih dari 150 tahun yang lalu. 

Jadi ada 3 kandungan aktif dalam vaporub, yaitu camphor, menthol dan eucalyptus oils.

1. Camphor

Camphor merupakan senyawa hasil destilasi dari kayu (dan kulit kayu) pohon camphor. 

Berkhasiat menstimulasi ujung syaraf di permukaan kulit sehingga menimbulkan sensasi dingin dan mengurangi rasa nyeri serta gatal. 

Camphor tidak direkomendasikan sebagai obat oral. Sebagai obat luar, sering kali zat ini menimbulkan reaksi kemerahan bahkan iritasi. Anak-anak lebih sensitif terhadap efek samping camphor yaitu skin flushing, tachycardia (jantung berdetak lebih cepat), muntah, dan kejang

2. Menthol

Menthol merupakan senyawa organik sintetis yang terbuat dari peppermint atau corn mint

Menthol sudah lama digunakan oleh masyarakat luas untuk meredakan segala jenis nyeri, gatal dan bahkan mengurangi spasme otot termasuk spasme organ pencernaan. 

Menthol sering kali digunakan sebagai flavoring pada beberapa produk makanan, minuman ataupun permen.

3. Eucalyptus Oil

Eucalyptus oil dibuat dari daun eucalyptus. 

Selain sebagai “obat”, zat ini banyak digunakan sebagai antiseptic, repellent, flavoring dan fragrance.

Eucalyptus berkhasiat meredakan gejala flu, dan mempunyai efek anti-radang, analgesik (antinyeri) dan juga anti-bakteria.

Amankah Penggunaan Vaporub untuk Anak?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di American Academy of Pediatrics pada 2010. Dimana dilakukan penelitian pada 138 anak usia 2-11 tahun dengan batuk pada malam hari (nocturnal cough) dan dengan gejala flu. 

Penggunaan balsam bayi (vaporub) untuk batuk pilek

Mereka dibagi menjadi 3 grup perlakuan. Grup pertama diberikan vaporub di dada dan leher anak , grup kedua diberikan petroleum jelly, dan grup ketiga tidak diberikan apa-apa. 

Hasilnya ketiga grup tersebut mengalami perbaikan , namun orang tua yang anaknya diberikan vaporub mengatakan mengalami perbaikan gejala yang lebih besar dibanding 2 grup perlakuan yang lain. 22 orang tua dari 44 orang tua yang anaknya menggunakan vaporub mengatakan bahwa ada efek samping ringan berupa iritasi kulit.

Penggunaan Balsem pada Anak < 2 tahun

Menurut Dr. Bruce Rubin yang merupakan Pediatric Pulmonology pada Wake Forest University School of Medicine, bahwa penggunaan balsem pada anak kurang dari 2 tahun yang dioleskan di dapan hidung akan dapat mengakibatkan distres saluran pernafasan berat

Karena bahan vaporub tersebut akan mengiritasi saluran pernafasan anak dan akan meningkatkan produksi lendir pada saluran pernafasan anak . 

Peningkatan lendir pada saluran pernafasan anak, yang pada dasarnya telah mengalami infeksi saluran pernafasan, dan kondisi saluran pernafasan anak yang lebih sempit dibanding pada dewasa akan membuat saluran pernafasan menyempit dengan berat.

Penggunaan balsem atau vaporub pada anak usia lebih dari 2 tahun telah terbukti melalui penelitian dapat meringankan gejala flu dan meningkatkan kualitas tidur anak. 

Namun penggunaannya haruslah tepat yaitu hanya mengoleskan di dada dan leher saja . Dilaporkan sangat jarang terjadinya efek samping balsem dengan tata cara penggunaan yang benar. Sedangkan balsem sangat tidak dianjurkan pada anak kurang dari 2 tahun karena dapat menyebabkan distres nafas berat apalagi ditambah penggunaan yang salah.

AAP (American Academy of Pediatrics) merekomendasikan penggunaan vaporub sebagai obat luar untuk melonggarkan hidung tersumbat, melegakan pernapasan hanya untuk anak diatas umur 2 tahun

“For children older than age 2, topical vapor rubs can help ease chest and nose congestion”

Rekomendasi yang berbeda dikeluarkan oleh www.babycenter.com, dimana penggunaan balsem bayi batuk pilek dinyatakan aman untuk anak diatas umur 3 bulan. itu pun sebaiknya tidak mengandung camphor maupun menthol, dan hanya mengandung petrolatum oils, dan eucalyptus.

Tips Penggunaan Balsem Bayi untuk Batuk Pilek

Berikut adalah tips penggunaan balsem bayi untuk batuk pilek bagi bayi dan anak sebagai obat pereda gejala flu:

  1. Balsem bayi untuk batuk pilek yang mengandung camphor, menthol dan eucalyptus, aman digunakan untuk anak diatas usia 2 tahun sebagai OBAT LUAR.
  2. Untuk bayi diatas 3 bulan, gunakan “baby vaporub” yang kadungan aktifnya hanya eucalypt
  3. Oleskan balsem bayi pada leher, dada dan atau punggung anak
  4. Jangan mengoleskan balsem bayi dibawah hidung karena akan meningkatkan produksi lendir dalam saluran napas
  5. Jangan mengoleskan balsem bayi pada kulit yang tidak intak (kulit yang mengalami luka dll)
  6. Jangan mengoleskan balsem bayi didaerah wajah apalagi di sekitar mata
  7. Jangan menggunakan balsem bayi untuk obat oral ataupun dicampur sebagai obat minum
  8. Jauhkan balsem bayi dari jangkauan anak-anak

Kesimpulan

Balsem bayi atau vaporub aman digunakan untuk anak diatas 2 tahun karena terbukti bisa meringankan gejala flu dan meningkatkan kualitas tidur anak.

Balsem bayi tidak dianjurkan pada anak kurang dari 2 tahun karena dapat menyebabkan distres nafas berat apalagi ditambah penggunaan yang salah.


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

19 komentar

  1. Delly Safira Hedaputri13 November 2022 pukul 21.09

    Wah ternyata efek menguntungkan dan merugikan pada penggunaan balsem sesuai dengan usia nggih dok. Jadi lebih aman digunakan pada usia >2 tahun. Bagi orang tua yang anaknya masih berusia <2 tahun bisa ditahan dulu pemberian balsemnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Orang tua harus jeli. Walaupun tergolong obat luar, tapi harus harus tetap waspada

      Hapus
  2. beberapa bahan kandungan balsam mungkin menjadi viral terlebih belakangan ini karena pendemi, yakni eucalyptus. meski terlihat sederhana, hanya 'balsam' namun ternyata penggunaannya harus sangat berhati-hati terutama pada bayi yang masih sangat rentan terhadap bahan-bahan asing. Terimakasih banyak dokter atas informasinya yang sangat mudah dicerna.

    BalasHapus
  3. Tulisan ini bisa menjadi jawaban keresahan orang tua yang selalu bertanya tanya, apa boleh penggunakan balsem dan sejenisnya untuk anak anak. Ternyata balsem bayi atau vaporub boleh digunakan pada anak diatas 2 tahun, tapi untuk anak yang kurang dari 2 tahun kurang dianjurkan penggunaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, orang tua harus tahu aturan mainnya ya... Harus jeli, gak asal coba-coba berdasarkan pengalaman orang lain.

      Hapus
  4. Kalau utk bayi balita memang harus super duper extra hati² ya Dok.

    Terima kasiiihh utk ilmu dan sharing yg selalu sarat manfaat Dok

    BalasHapus
  5. Daku suka oles vaporub deket hidung kalau pas pilek (apalagi kalau meler yang bikin pusing kepala), ternyata gak oke ya? Soalnya merasa lebih legaan aja napasnya.
    Noted penjelasannya kak Dokter.

    BalasHapus
  6. Terimakasih ilmunya dok, jadi tau nih kalau vaporub harus digunakan Sesuai usia juga, gak cocok di bawah 2 tahun ya. Dulu aku suka gunakan juga buat anak saat usia setahun utk meredakan gejala flu atau common cold seperti batuk, pilek, hidung tersumbat dll.

    BalasHapus
  7. Tenang membaca informasi ini. Sebab vaporub termasuk jadi andalan juga di rumah kalau anak menunjukkan gejala batuk pilek. Entah karena sugesti, dan baru gejala, tidur anak jadi nyenyak. Bangun2 biasanya badan sudah agak enakan.
    Intinya gunakan sesuai usia. Makasih infonya, Dok.

    BalasHapus
  8. Baru tau dok...gàk boleh sekitar wajah, biasanya dibawah hiding juag ... Aku biasanya pertolongan pertama memang kasih balsem bayi sih ketimbang obat krn memang aman digunakan dn terbukti bisa meringankan gejala flu dan meningkatkan kualitas tidur anak

    BalasHapus
  9. baru tau kalo balsam = vaporub (#tutupmuka :D)
    , kirain vicks vaporub itu satu kesatuan brand, ternyata artinya balsam bermerek Vicks ya?
    waktu anak2 saya masih bayi, saya pakai minyak telon dok, sesudah usia balita barulah pakai vaporub

    BalasHapus
  10. Saya nggak pernah pakai vaporub dulu waktu anak-anak masih kecil, karena nggak tahu kalau ternyata bisa digunakan untuk membantu mengatasi gejala flu. Jadi pemakaiannya aman buat anak di atas 2 tahun ya Dok

    BalasHapus
  11. Nah iya Dok, kadang selain minyak Kayu putih saya kasih vaporub anak. Anakku udah gede sih, kelas 1 SD. Agak bingung juga mau kasih sirup soalnya kan udah dilarang dan agak takut ngasihnya juga

    BalasHapus
  12. Menjawab banget nih Dok artikelnya, kapan hari sikecil flu, maunya dibelikan favorup, tapi ga berani. jadinya ga dibelikan,

    BalasHapus
  13. Pernah pakai nebulizer bikinan sendiri, Pak Dokter.. yang dari air hangat dan diteteskan beberapa tetes cairan mint.
    Tapi ternyata berasa gak terlalu mempan. Jadi salah satu solusinya mengolesi balsam vaporub ini. Selain lebih berasa hangat di badan dan baunya bisa melegakan napas anak ketika flu dan batuk.

    BalasHapus
  14. Selama anakku batuk pilek kemarin akhirnya aku juga pakaikan balsam vaporub biar ringan dadanya setiap habis mandi, alhamdulillah kebantu juga lho, gak perlu minum obat batuk lagi. Eh tapi ini anakku aja ya. Belum tentu bisa sama seperti anak lain, kalau masih berlanjut ya hubungi dokter

    BalasHapus
  15. Anak sulung saya dulu sering iritasi kulitnya saat bayi dan kambuh sesaknya, karena saya olesi vaporub ini..Memang paling aman digunakan di atas usia 2 tahun ya, Dok.
    Terima kasih informasinya:)

    BalasHapus
  16. Wah iya emang balsam bayi ini jadi salah satu produk perawatan bayi yang wajib ada ya dok
    Namun dalam pemakaiannya harus sesuai petunjuk penggunaan

    BalasHapus
  17. Nah ini juga penting, biasanya kita orang tua memakaikan apa yang biasa kita pakai ke diri sendiri dipakaikan juga ke anak anak kita ya. Alhamdulillah sudah ada jawabanya salah satunya penggunaan vaporub untuk anak anak. Makasih dokter ya untuk ilmunya jadi gak salah salah lagi ini kasih buat anak hehe

    BalasHapus

Posting Komentar