blog dokter taura big ad

ABSES ATAU BISUL: BIKIN RENCANA AMBURADUL

Sudah empat hari ini Gina tidak masuk sekolah dengan alasan sakit. Walaupun tergolong sakit remeh, tapi membuat Gina tak nyaman keluar rumah dan beraktivitas bersama teman-temannya. Tak hanya sekali ini Gina bolos sekolah karena sakit yang tidak berat.

Penderita bisul sering kali menderita fisik maupun mental

Iya, Gina menderita sakit Abses atau bisul. Lokasinya berpindah-pindah. Kadang di ketiak, kadang di area (maaf) pantat, dan terkadang di bagian wajah. Seperti beberapa hari ini, Gina menderita bisul di bagian dahi. Tidak hanya satu, tapi dua!

Setiap menderita bisul, Gina selalu dibawa orang tuanya konsultasi ke praktik saya.

Gina sebenarnya sudah lama tidak kambuh sakit bisulnya. Tapi gara-gara habis makan telur asin kesukaannya, jadilah si bisul itu datang lagi.

Setiap menderita bisul, yang diderita Gina tidak hanya sakit secara fisik, tetapi Gina juga kena mental!
Iya betul, apalagi kali ini bisulnya ada di dahi yang tidak bisa ditutup-tutupi. Walapun sudah disamarkan dengan poni lemparnya, namun tetap saja bisul yang makin membesar itu nongol tanpa permisi.

Alhasil, Gina menjadi korban bullying di sekolah. Gina mengalami kekerasan verbal, dan pelakunya tak lain adalah teman-teman sebayanya yang masih satu sekolahan.

Bullying di sekolah, bagi seorang korban, tak ubahnya KDRT pada wanita dalam sebuah rumah tangga, seperti yang ramai diberitakan di media sosial yang menimpa pedangdut papan atas Indonesia.

Kok bisa?

Iya, karena dampak yang dirasakan korban hampir sama, yaitu korban akan mengalami gangguan kesehatan mental yang bisa memicu terjadinya stress, depresi hingga munculnya keinginan untuk mengakhiri hidup!

Oke, untuk masalah bullying di sekolah, kita bahas lain waktu ya... Sekarang kita fokus membahas masalah BISUL atau bahasa medisnya: ABSES. 

Bullying di sekolah bisa menyebabkan korban stress dan depresi

Definisi Abses

Apa yang Anda pikirkan pertama kali saat mendengar kata Bisul atau "Abses"?

Benjolan? Nanah?

Benarkah Abses identik dengan Bisul? Benarkah Abses selalu berisi nanah? Apa saja gejala dan tanda-tanda Abses? Apakah semua Abses membutuhkan tindakan operasi? Bagaimana cara mengeluarkan mata bisul? Apa saja penyebab bisul?

Abses adalah timbunan nanah di bagian tubuh tertentu yang disebakan karena infeksi bakteri, atau pada beberapa kasus bisa disebabkan karena parasit. Timbunan nanah pada abses selalu diliputi oleh "kapsul" atau lapisan khusus yang melingkupi sekumpulan nanah.

Jadi dikatakan Abses, jika ada hal-hal berikut:

  1. Ada sekumpulan nanah
  2. Dibalut lapisan kapsul
  3. Ada proses infeksi bakteri atau parasit. 
    Tidak sembarang benjolan bisa masuk kategori abses, harus memenuhi syarat tertentu

Abses vs Bisul

Abses bisa terjadi di hampir semua organ tubuh. 

Yang paling sering, terjadi pada jaringan di bawah kulit, yang lazim disebut "bisul"

Jadi, Abses adalah timbunan nanah dibagian tubuh tertentu. Sedangkan Bisul adalah abses pada jaringan di bawah kulit

Selain itu Abses juga bisa terjadi di jaringan otak, hati, paru, ginjal, gigi, tonsil, tenggorokan, payudara, vagina dll. 

Beberapa kepustakaan menyebutnya sebagai deep abscess

Abses Identik dengan Nanah?

Abses sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh akibat adanya benda asing ataupun micro-organisme yang masuk ke dalam tubuh. Reaksi perlawanan tubuh dimulai dengan mengerahkan sel darah putih atau leukosit menuju ke lokasi adanya kuman. Selanjutnya leukosit akan mengeluarkan zat-zat khusus semacam enzim yang tidak hanya membunuh atau melemahkan bakteri, tetapi juga akan merusak jaringan disekitarnya. 

Perlu diketahui bahwa nanah yang terbentuk merupakan hasil akhir dari perlawanan leukosit terhadap kuman. Didalam cairan nanah akan kita temui beberapa materi, yaitu:

  • Leukosit (baik yang masih hidup maupun yang sudah mati)
  • Jaringan sekitar yang mengalami kerusakan
  • Bakteri, ataupun benda asing lain

Gejala Abses

Sebelum terjadi pengumpulan nanah, terjadilah serangkaian proses alamiah yang disebut reaksi inflamasi atau PERADANGAN dengan gejala yang dikenal sebagai: tumor, kalor, dolor, rubor dan functiolaesa.
  • Tumor artinya adanya benjolan baik yang tampak nyata dan teraba, ataupun (terutama pada deep abscess) yang tampak hanya pada pemeriksaan penunjang radiologis seperti USG, CT scan dll
  • Kalor artinya panas atau demam yang terjadi lokal di daerah infeksi maupun sistemik alias demam seluruh tubuh.
  • Dolor artinya nyeri yang terutama disebabkan karena proses desak ruang akibat penambahan massa berupa nanah
  • Rubor artinya kemerahan di daerah terjadinya infeksi
  • Functiolaesa artinya terjadi gangguan ataupun berkurangnya fungsi organ tubuh yang terkena infeksi
Untuk deep abscess, akan menunjukkan gejala khusus sesuai dengan lokasinya. Abses otak akan memberikan gejala kejang, penurunan kesadaran, kelumpuhan pada salah satu sisi kaki/tangan, sakit kepala dll. 

Pada Abses paru, gejala sesak nafas akan dominan. Gejala yang ditimbulkan oleh Abses paru ini mirip dengan Pneumonia

Nyeri gigi yang hebat terjadi pada Abses gigi. 

Demikian juga dengan Abses tenggorokan, akan memberikan gejala nyeri telan.

Bisul bikin Masygul

Pada abses kulit atau abses jaringan di bawah kulit (bisul) tidak memerlukan pemeriksaan penunjang radiologi karena bisul akan tampak nyata dan diperjelas dengan perabaan dokter. 

Biasanya penderita datang dengan keluhan adanya benjolan disertai demam.

Saat ke dokter, bisul bisa dalam kondisi "matang" dimana nanah sudah benar-benar mengumpul dan siap untuk dikeluarkan. Pada beberapa kasus, timbunan nanah bisa meletus spontan dan menimbulkan bekas luka yang tidak beraturan. Selain itu resiko kekambuhan cukup tinggi mengingat nanah yang keluar spontan tidak semuanya mengalir keluar.

Cara Mengeluarkan Mata Bisul

Pada kondisi bisul yang sudah matang dan belum meletus spontan, cara mengeluarkan mata bisul sebaiknya segera dilakukan tindakan operasi kecil yang bernama "incisi abses" dimana abses akan dikeluarkan melalui sayatan kecil di "puncak" bisul, tentu saja dengan didahului prosedur anestesi baik yang bersifat lokal ataupun general.

Jika bisul belum matang, cara mengeluarkan mata bisul yaitu dengan memberikan antibiotik baik itu yang berupa sistemik dalam bentuk syrup ataupun antibiotik lokal berupa salep

Jadi, cara mengeluarkan mata bisul tergantung kondisi bisul pada saat dilakukan pemeriksaan dokter: sudah matang atau belum.

Deep Abscess

Berbeda dengan bisul yang kasat mata, deep abscess memerlukan pemeriksaan penunjang baik laboratoris maupun radiologis berupa USG, CT scan ataupun MRI untuk menegakkan diagnosis dan memperjelas lokasi abses.

Tindakan operasi untuk mengeluarkan nanah kerap kali terpaksa harus dilakukan.

Deep abscess bisa menyebabkan komplikasi yang berat hingga kematian. 

Sepsis (infeksi yang berat di seluruh tubuh) seringkali menjadi fase terminal pagi penderita, oleh karena infeksi sudah menyebar kemana-mana. Selain pemberian antibiotik yang sesuai dengan jenis bakteri penyebab abses, penanganan yang komprehensif di unit perawatan intensif juga sangat diperlukan, meliputi penanganan simptomatis, pemenuhan kebutuhan cairan dan nutrisi, peningkatan daya tahan tubuh dll

Bisul Bisa Dicegah

Bisul atau abses termasuk jenis penyakit yang bisa dicegah.

Dengan mengenali gejala, jenis, bahaya dan penanganan Abses, diharapkan orang tua bisa meningkatkan kewaspadaan dini terhadap terjadinya abses terutama jika terjadi gejala umum peradangan sebagai gejala awal abses (tumor, rubor, kalor, dolor), sehingga diharapkan segera dilakukan pengobatan dan tindakan medis seperlunya sebelum terjadi komplikasi yang lebih berat.

Pencegahan primer tetap diperlukan untuk mengurangi peluang terjadinya abses, antara lain

  1. Menjaga kebersihan pribadi (mandi, sikat gigi, cuci tangan dll)
  2. Memastikan sterilitas peralatan dan instrumen medis jika dilakukan tindakan medis seperti injeksi dll.
  3. Jika ada bagian tubuh yang gatal, sebaiknya segera beri salep sesuai anjuran dokter, karena secara reflek anak akan menggaruk dengan tangannya yang belum tentu bersih. Seringkali garukan ini sebagai pintu masuk kuman
  4. Jika balita anda masih menggunakan popok sekali pakai (disposable diapers), upayakan segera mengganti popok begitu anak pup. Jangan biarkan terjadi kontak yang terlalu lama antara kulit bayi dengan kotoran (pup ataupun urine). Selain beresiko terjadi ruam popok atau diaper's rash, juga bisa memicu terjadinya abses atau bisul di sekitar anus.

Kesimpulan

Abses pada anak, selain bisa menimbulkan rasa sakit secara fisik, juga bisa menimbulkan trauma psikologis akaibat perundungan yang dialami akibat bisul yang menjadi sumber bullying.

Abses adalah timbunan nanah dibagian tubuh tertentu. Sedangkan Bisul adalah abses pada jaringan di bawah kulit

Pada kondisi bisul yang sudah matang dan belum meletus spontan, cara mengeluarkan mata bisul sebaiknya segera dilakukan tindakan operasi kecil yang bernama "incisi abses"

Penyebab bisul adalah suatu infeksi di jaringan di bawah kulit. Bisa infeksi bakteri ataupun parasit



DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

25 komentar

  1. Hai dr.Taura aku jadi ingat lagi masih kecil pernah mengalami bisul ada 2-3x. Yang sangat menderita di pantat (maaf) ya. Ngebetnya ampun deh. Terutama saat mau duduk menderita dan sakit sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi Kak Denise gak jadi korban bullying gegara bisul kan?

      Hapus
  2. Gejala bisul kok bisa kompak berakhiran or semua ya, tumor, kalor, dolor, rubor.

    Saya pernah sekali kena bisul, waktu itu di paha kiri dan memang beneran menyiksa. Sampai harus dilakukan tindakan operasi di poliklinik kantor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, sakitnya tuh kayak menggema gitu... Pake banget lagi

      Hapus
  3. Jadi bisul sama abses tu beda ya, baru paham.
    Familiarnya sih sama bisul yang muncul kalau alergi sesuatu, entah itu karena makanan atau susu sapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alergi makanan bisa memicu terjadinya abses sih... Termasuk alergi telur, susu sapi, ikan laut dll

      Hapus
  4. Jadi setiap benjolan itu berbeda2 ya dok. Jadi paham sekarang.

    Iya memang kalau ada bisul itu rasanya sakit. Tentu kalau di sekitar wajah pasti jd malu. Jadi inget teman waktu SD kalau sehabis makan telur, pasti di bawah matanya selali bisulan. Kasihan sib selalu ditertawakan sama teman2lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, bisul tuh gak hanya sebabkan sakit secara fisik, tapi juga bisa kena mental!

      Hapus
  5. dulu pernah saya bisul di punggung dok
    banyak bisulnya, sampai saya ke dokter untuk konsultasi dan diangkat bisulnya
    seperti kata dokter Taura, penyebabnya kebersihan
    padahal saya selalu mandi 2 x sehari lho
    malah saya gak bisa tidur kalo belum mandi sore/malam
    pernah sampai rumah (dari luar kota) jam 2 pagi, ya saya mandi dulu baru tidur :D

    BalasHapus
  6. Duluu dikampung kalo bisulan obatnya daun kangkung dilemesin trus ditempelin ke bisulnya. Tapi lupa wktu itu manjur apa ngga? haha

    Saya dulu sering di lutut, dok. Kata ibu saya kalo org jawa bilang "udun semat" gitu apa ya...

    Dipake buat solat masyaalllaah sakitnya mpe bengkak merah gitu. Duh jangan lagi deh jangan sampe

    BalasHapus
  7. Ahahaha, aku masih ingat banget pas SD beberapa kali kena bisul. Malu banget kalau munculnya di titik yang bisa dilihat orang lain, soalnya aku perempuan kan. Alhamdulillah udah belasan tahun belum pernah kena bisul lagi, pindah ke muka namanya jerawat. Wkwkwkwk. Thank you informasinya dok.

    BalasHapus
  8. Saya jadi teringat. Saat SMA ada teman lelaki yang sering banget bisulan. Gak enaknya, itu bisul rajin nongol di daerah pantat. Jadi kalau lihat dia suka sering miring-miring duduk, semua sudah tahu deh kalau dia lagi bisulan hahahaha.

    Dari info yang saya dapatkan waktu itu, teman saya ini bilang kalau bisul yang sering dia alami adalah salah satu efek dari "darah kotor". Apa benar begitu sih Mas?

    BalasHapus
  9. Saya pernah bisulan di punggung, rasanya gak enak banget.
    Apalagi yang diamali GIna, bisulnya muncul di area terbuka seperti di wajah, tentunya harus segera mendapat penangan yang tepat. Baik untuk kesehatan fisik dan juga memulihkan kesehatan mental yg dialami dr lingkungan sekolah..

    BalasHapus
  10. Benarkah bisul krna banyak makan protein sperti telur dok? Lalu utk abses yg menyerang organ dalam penyembuhannya gmna dok?

    BalasHapus
  11. Bisulan bisa terjadi karena kena infeksi ya. Dulu sering denger bisulan katanya kebanyakan makan telur. Tapi emang ada yang alergian kayak adekku. Sampe sekarang harus hati2 jaga kebersihan dan pola makan bisa ga kambuhan lagi

    BalasHapus
  12. Kadang-kadang emang bisul yang bernanah itu mengganggu banget. Bisa jadi, kalau anak-anak malah jadi bahan becandaan yang sampai di bullying. Soalnya ada juga anak-anak di sekitar rumah yang begitu.

    BalasHapus
  13. Bisul memang penyakit cetek tapi dampak bagi penderita luar biasa itu ya. Haha ... Alhamdulillah saya dikasih tahu nenek moyang nih, kalau ada tanda tanda bisul, segera olesi oleh kotoran telinga. Jorok ya? Tapi jujur bagi saya itu manjur lho. Entah apa hubungannya sih tapi ya buat saya ada nyatanya

    BalasHapus
  14. Secara kasat mata bisakah seorang awam menyebut bahwa hal tersebut abses atau bisul, Dok?
    Karena sama-sama nanah yang benjol, biasanya kerap diabaikan meletuhs sendiri gak perlu ke dokter.

    Tapi kalau letaknya di dalam organ, mungkin gejalanya bisa segera diperiksakan secara keseluruhan atau Medical check up?

    Haturnuhun ya, dok.
    Artikelnya selalu membuka wacana baru mengenai kesehatan diri sendiri dan keluarga.

    BalasHapus
  15. Pernah banget anakku mengalami bisul dan lama banget sembuhnya, sampai bengkak di dekat matanya karena ada bisul, kasihan banget

    BalasHapus
  16. asliii gak enak banget kalau ada kayak bisul di tubuh kita. berasa ada yang mengganjal dan perih banget.

    BalasHapus
  17. Delly Safira Hedaputri20 November 2022 pukul 08.20

    Sebelum abses menyerang, bisa mulai membudayakan menjaga kebersihan sesuai saran dokter diatas yang sangat sederhana dan sangat mungkin kita lakukan👍🏻

    BalasHapus
  18. setujuu, siapa nih yg pernah kena bisul ? pasti ngga nyaman banget, apalagi kalo kebentok benda keras 😖 yuk lebih jaga kebersihan lagi sesibuk / secapek apapun itu, biar ngga amburadul lagi.

    BalasHapus
  19. jadi teringat 15 tahun lalu pernah bisulan, yang dijaga benar-benar supaya tidak meletus, tapi malah kena tabok si adek jadinya meletus balon hijau. rasanya hm maasyaAllah. yuk sebisa mungkin menjaga kebersihan diri dan sekitar, mengenali gejala alergi apa saja yang kita miliki agar lebih berhati-hati. sebab, kan menjaga/mencegah jauh lebih baik daripada mengobati

    BalasHapus
  20. Ternyata bisul dan abses itu beda ya dok, saya baru tau heheh. Berarti yang disebut dengan "udun" dalam bahasa jawa itu adalah bisul bukan abses. Sebuah penggingat buat temen temen yang malas mandi bahwa ada bisul yang bisa mengancam kulitmu.

    BalasHapus
  21. Nahhh saya pernah merasakan pedihnya abses dok memang bukan main. Ini mungkin karena kurang menjaga kebersihan, jadi sekrang saya lebih menjaga kebersihan diri karwna biar gak kena lagi namanya bisul hehe

    BalasHapus

Posting Komentar