blog dokter taura big ad

PENGGUNAAN LOTION ANTI NYAMUK UNTUK BAYI DAN ANAK

Weekend minggu lalu, kami sekeluarga disibukkan dengan kegiatan menyiapkan perlengkapan camping si bungsu yang masih duduk di kelas 7. Maklum saja, ini adalah kegiatan camping pertamanya dengan teman-teman satu sekolahan di SMP Al Hikmah Surabaya.

Sebagai ayah yang baik dari anak gadis sekaligus anak perempuan satu-satunya, tentu saya juga turut sibuk membantu menyiapkan barang-barang bawaan. Apalagi saat ini memasuki musim penghujan. Tahu sendiri kan, di musim penghujan ini kita harus prepare dengan segala barang untuk melindungi diri supaya tidak kehujanan dan tidak kedinginan, obat-obatan untuk meningkatkan kekebalahn, hingga obat nyamuk untuk melindungi diri dari gigitan serangga di alam bebas.

Lotion anti nyamuk: amakah untuk bayi dan anak?

Kegiatan perkemahan ini merupakan kegiatan wajib di SMP Al Hikmah Surabaya dengan tujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri diri, melatih keberanian siswa, menjalin keakraban dengan teman seangkatan dan tentu saja meningkatkan skill kepramukaan.

Petualangan membantu menyiapkan bekal camping, saya mulai dengan googling beberapa artikel yang berhubungan dengan persiapan camping anak SMP. Ketemulah saya dengan sebuah artikel keren berjudul: "Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Musim Hujan" yang merupakan artikel terbaik dari blogger Lamongan

Mulailah kami menyiapkan beberapa barang yang wajib dibawa, mulai dari peralatan mandi, senter, sleeping bag, sandal gunung, baju hangat hingga beberapa peralatan masak dan beberapa bahan makanan. Sedangkan untuk tenda dan perlengkapannya, sudah disiapkan oleh pihak sekolah.
Dalam daftar barang yang wajib dibawa yang sebelumnya sudah kami tulis, ada satu barang yang membuat saya berpikir keras, yaitu "obat nyamuk"

Ada beberapa bentuk obat nyamuk yang tersedia di pasaran: obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, obat nyamuk listrik dan juga obat nyamuk repellent alias lotion anti nyamuk. Yang manakah dari jenis obat nyamuk yang aman untuk digunakan oleh anak? 

Kegiatan perkemahan di luar kota merupakan kegiatan pramuka yang wajib diikuti oleh siswa SMP Al Hikmah

Yuk, kita bahas bersama... Siapkan kudapan ya, biar makin semangat bacanya, namun ingat! jangan baca sambil nyemil obat nyamuk bakar ya...

Bahaya Gigitan Nyamuk

Gigitan serangga (paling sering nyamuk), selain menyebabkan rasa tidak nyaman bagi bayi dan anak karena rasa nyeri, gatal dan sebangsanya, juga bisa menjadi sumber masuknya mikro-organisme penyebab penyakit menular yang berbahaya. Beberapa penyakit ditularkan melalui gigitan nyamuk, misalnya demam berdarah dengue, malaria, Japanese B Encephalitis dll

Selain kelambu dan “obat nyamuk cap dua telapak tangan” yang relatif bebas efek samping, ada alternatif yang bisa diterapkan, yaitu dengan mengolesi anak dengan lotion anti nyamuk atau disebut “Insect Repellent” 

Apa yang dimaksud dengan lotion anti nyamuk? 

Kandungan aktif apa yang ada dalam produk lotion anti nyamuk? 

Amankah lotion anti nyamuk jika digunakan untuk bayi dan anak? 

Apa saja efek sampingnya? 

Bagaimana tips penggunaan lotion anti nyamuk untuk bayi dan anak?

Lotion Anti Nyamuk

Lotion anti nyamuk adalah bahan aktif yang dapat menolak atau mengusir serangga. Lotion anti nyamuk yang dioleskan pada kulit akan memproduksi lapisan uap yang menyebabkan bau dan rasa tidak enak terhadap serangga. Nyamuk akan berbalik arah jika mencapai <4 cm dari kulit yang baru diolesi lotion anti nyamuk

Jadi, LOTION ANTI NYAMUK bukan insektisida (zat kimia yang bisa membunuh serangga), hanya sebagai penutup/pelindung kulit manusia sehingga tidak terdeteksi oleh serangga.

LOTION ANTI NYAMUK umumnya dipasarkan dalam bentuk krim, lotion, minyak, bubuk, atau emulsi pencuci pakaian.

Keamanan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi

Pada bayi berusia < 2 bulan, TIDAK dianjurkan untuk menggunakan lotion anti nyamuk karena rasio luas permukaan tubuh terhadap massa tubuh lebih besar sehingga lebih mudah diserap dan mudah mencapai konsentrasi tertinggi dalam plasma

Beberapa zat aktif yang terkandung dalam lotion anti nyamuk adalah:
  • DEET (N,N-diethyl-m-toluamide), 
  • Picaridin, 
  • Citronella oil (minyak serai), 
  • Lemon eucalyptus extract dll.

Dari beberapa studi, pilihan pertama formula lotion anti nyamuk adalah DEET yang merupakan repellent spectrum luas paling efektif dalam mencegah gigitan serangga.

Cara Kerja DEET

Bagaimana cara kerja DEET sehingga bisa menghalau nyamuk?

Nyamuk memiliki kemampuan mencari mangsa dengan mendeteksi 1-octen-3-ol yang terdapat pada keringat dan nafas manusia. 

Nyamuk dapat mendeteksi 1-octen-3-ol dalam jarak 2,5 meter. 

DEET akan memanipulasi 1-octen-3-ol sehingga indra penciuman nyamuk tidak berfungsi maksimal dan membuat nyamuk tidak tertarik lagi pada manusia. Saat dioleskan ke kulit, sebagian DEET diserap dan sebagian lagi menguap atau hilang terhapus pakaian. 

DEET yang terserap, sebagian kecil (±9%) masuk ke sirkulasi, mengalami metabolisme di hati dan diekskresikan melalui urine. 

DEET akan tereliminasi secara lengkap dari tubuh setelah 4 jam sejak dioleskan.

Konsentrasi DEET yang berbeda akan mempengaruhi lamanya waktu perlindungan dari bahaya gigitan serangga. 

Kadar DEET 5% melindungi selama 2 jam, kadar 10% melindungi selama 3 jam, kadar 15% melindungi 5 jam, dan kadar 30% melindungi selama 6 jam dan kadar 50% melindungi selama 12 jam.

AAP (American Academy of Pediatrics) merekomendasikan keamanan DEET dengan kadar 10-30% untuk anak-anak tapi tidak direkomendasikan untuk bayi dibawah 2 bulan. 

Tips Penggunaan Lotion Anti Nyamuk

Berikut 11 tips dan trik  penggunaan Lotion anti nyamuk pada anak:

  1. Jangan digunakan untuk bayi dibawah 2 bulan
  2. Gunakan lotion anti nyamuk dengan kandungan DEET maksimal 30%, tergantung berapa lama anak beraktivitas di luar rumah. Hindari pemakaian lotion anti nyamuk dengan kadar DEET > 30%
  3. Untuk usia 2-12 tahun, sebaiknya menggunakan lotion anti nyamuk dengan kadar DEET dibawah 15% dan dioleskan tidak lebih dari 3 kali sehari
  4. Untuk anak usia 6 bulan – 2 tahun hanya boleh digunakan maksimal 1 kali saja dengan kadar DEET maksimal 10%
  5. Gunakan lotion anti nyamuk di kulit dan atau pakaian. Jangan oleskan lotion anti nyamuk di kulit yang terlindungi oleh pakaian
  6. Jangan oleskan lotion anti nyamuk pada kulit yang mengalami luka ataupun exzema
  7. Jangan oleskan lotion anti nyamuk di kulit di sekitar mata dan mulut. Jika terkena mata, akan berpotensi mengganggu fungsi penglihatan anak. 
  8. Gunakan lotion anti nyamuk secukupnya di kulit sekitar telinga jika diperlukan
  9. Jika repellent berbentuk spray, jangan semprotkan langsung ke daerah muka, sebaiknya semprotkan di telapak tangan, baru kemudian dioleskan ke muka
  10. Penggunaan lotion anti nyamuk yang dikombinasikan dengan sun screen (tabir surya), tidak direkomendasikan,
  11. Segera cuci bagian yang diolesi lotion anti nyamuk, dengan sabun dan air mengalir, begitu kegiatan out-door berakhir.

Citronella Oil vs Lemon Eucalyptus

Citronella oil
(minyak serai) dikenal secara luas sebagai minyak oles penghalau nyamuk. Minyak ini dilaporkan efektif selama < 2 jam karena mudah menguap. Citronella oil secara umum dianggap aman tetapi tidak direkomendasikan untuk penggunaan topikal pada anak dibawah 2 tahun karena kurangnya bukti ilmiah.

Minyak lemon eucalyptus memberikan perlindungan terhadap nyamuk setara dengan DEET konsentrasi rendah. Efektivitas lemon eucalyptus 40% setara dengan DEET 7-15%. Tapi produk ini tidak direkomendasikan untuk anak dibawah 3 tahun.

Kesimpulan

Obat anti nyamuk diperlukan untuk mencegah gigitan nyamuk yang notabene merupakan vektor penularan beberapa penyakit yang berbahaya. Prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati, tetap penting untuk diterapkan

Tidak semua lotion anti nyamuk itu aman buat bayi dan anak. Perhatikan kandungan aktif di dalamnya. Pilh yang mengandung DEET (N,N-diethyl-m-toluamide)

DEET aman untuk anak-anak dengan kadar 10-30% tapi tidak direkomendasikan untuk bayi dibawah 2 bulan. 


DokterTaura
I am a pediatrician, writer dan blogger

Related Posts

33 komentar

  1. Wah iya bener dok, lotion anti nyamuk sangat dibutuhkan saat musim hujan seperti ini. Bukan hanya di luar rumah, di dalam rumah pun banyak nyamuk yang ukurannya lumayan besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi di negara tropis seperti Lamonganesia ya bu... Kalau aku sih masih favorit pake obat nyamuk cap doea telapak tangan...

      Hapus
  2. Terimkasih dokter atas informasi yang sangat bermanfat sekali, mengginggat akhir akhir ini mulai memasuki musim hujan, banyak nyamuk yang semakin menjadi jadi. Semoga tips ini bisa menjadi pilihan bagi orang tua untuk memilih obat anti nyamuk yang tepat bagi si kecil, terutama mereka yang masih di bawah usia 2 bulan harus sangat hati-hati dalam pemeberian obat anti nyamuk berbentuk lotion.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, kamu juga jangan jadi nyamuk yang suka gangguin teman-teman mu ya... Bisa aku semprot nanti!

      Hapus
  3. mantapp terimakasih banyak dokter informasinya. saya setuju dengan kalimat lebih baik mencegah dari pada mengobati, namun selain mencari apa saja yang perlu disiapkan untuk mencegah berbagai macam penyakit, jangan lupa untuk mempertinbangkan kelebihan dan kekurangan dari suatu obat, contohnya "obat nyamuk" ini. alangkah baiknya apabila ibu dan anggota keluarga lainnya lebih aware dengan tips² pemakaian obat nyamuk, sehingga lebih memahami batasan² yang boleh dan tidak boleh diberikan pada si kecil.

    BalasHapus
  4. Wahh ini penting banget informasinya dokter. Di musim hujan seperti ini memang perlu sangu lotion anti nyamuk apalagi kalau sering berkegiatan di luar ruangan, setidaknya setelah ini saya kalau beli obat nyamuk mau cek dulu berapa persen kandungan DEET nya heheh. Tapi dokter apakah ada solusi lain untuk bayi yang berusia dibawah 2 bulan agar terhindar dari gigitan nyamuk ? Apalagi di musim penghujan kalau sudah banyak nyamuk banyak bayi yang bentol2 karena nyamuk

    BalasHapus
  5. Delly Safira Hedaputri10 November 2022 pukul 12.42

    Terimakasih banyak dokter atas penjelasannya yang mudah dipahami dan sekaligus bisa memudahkan para pembaca untuk mengedukasi orang-orang terdekat terkait penggunaan lotion nyamuk ini 🙏🏻

    BalasHapus
  6. Sangat dibutuhkan di musim hujan seperti sekarang ini, Dok. Sekolah juga mengingatkan untuk memakaikan lotion anti nyamuk sebelum berangkat. Sebab, nyamuk ada di mana-mana. Lebih baik mencegah sebelum terlambat.

    BalasHapus
  7. oh jadi aman untuk anak2 ya? (kecuali bayi usia kurang dari 2 bulan)
    karena saya parno banget
    saya memilih pakai kelambu dan menanam tumbuhan penghalau nyamuk daripada menggunakan obat nyamuk (termasuk lotion)
    hehehe ternyata gapapa asalkan mematuhi larangan tertentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini saya suka. Tanaman pengusir nyamuk! Alami banget ya... Tapi suka pada bandel tuh nyamuk! Spill dong ambu, tanaman apa saja yang bisa mengusir nyamuk selain lavender

      Hapus
  8. Wah, baru tahu lotion anti nyamuk nggak boleh dipake bareng sunscreen. Berarti harus salah satu aja ya.

    BalasHapus
  9. Ternyata lotion anti nyamuk aman untuk bayi dan anak, kecuali yang dibawa usia 2 bulan. Lotion anti nyamuk ini sangat membantu banget seperti acara camping atau heaking di area hutan. Terima kasih sharingnya, Dok.

    BalasHapus
  10. maasyaAllah lengkap sekali informasinya, dokter. kami jadi mengerti mengapa penggunaan lotion anti nyamuk harus sangat diperhatikan untuk anak kurang dari 2 tahun, karena informasi semacam ini cukup jarang didapatkan namun dalam tulisan dokter dijelaskan dengan gamblang tentang reasoning apa yang boleh dan tidak, serta mengapa alasannya. Terimakasih banyak dokter.

    BalasHapus
  11. Setuju sih dok, lebih baik mencegah daripada mengobati. Mending ngasih lotion anti nyamuk ya, karena saya pasang anti nyamuk elektrik cuman kalau lagi batuk suka nggak tahan. Mau ah stok lotion anti nyamuk di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan ingredient nya ya Bu. Utamakan keamanan anak, baru kenyamanan. Semoga sehat selalu ya...

      Hapus
  12. Wah ternyata g boleh sembarang memilih ya
    Kalau anak anakku saat bayi hingga sekarang masih aku olesin minyak telon yang ada anti nyamuknya dok
    Belum pernah coba pakai yang berbentuk lotion

    BalasHapus
  13. Selama ini belum ada informasi untuk memeriksa kadar DEET di setiap kemasan Repellent nyamuk. Tapi seandainya gak pakai yang lotion, tapi menggunakan gelang yang gak kontak sama sekali dengan kulit, berarti jauh lebih aman yaa, dok?

    BalasHapus
  14. Untuk kegiatan out door memang rawan gigitan nyamuk ya, Dok. Kalau di kamar saya sedia raket nyamuk. Tapi kalau dibawa ke mana-mana agak repot. Butuh lotion anti nyamuk khusus bayi dan anak seperti Deet.

    BalasHapus
  15. Kalau zaman dulu aku bawain anak minyak telon yang ada mengandung sereh itu lho dok yang antinyamuk juga. Tapi sekarang produk lotion antinyamuk yang buat anak kan udah ada jadi pakainya itu. Walau jarang sih. Anak2 seringnya pakai baju panjang kalau keluar rumah hehe.
    Wah anaknya sekolah di Al Hikmah ya, jangan2 rumahnya area Gayungsari-Kebonsari nih hehe :D

    BalasHapus
  16. Bayiku bebas lotion anti nyamuk sampai sekarang Dok. Tapi emaknya yang maniak lotion anti nyamuk wkwk.. Aku suka bau Eucalyptus itu haha. Apa ada jampi-jampinya Dok?

    BalasHapus
  17. ponakanku nggak dibiasain pake lotion anti nyamuk sih. Biasanya iparku mah ngolesin minyak telon doang. Buat nahanin nyamuk. Aku sendiri pake lotion kalau cuma pas ada kegiatan outdoor gitu. Kalau masih di rumah mah nggak pake lotion anti nyamuk. hehehe

    BalasHapus
  18. Waah baru tau kalau lotion anti nyamuk itu ada kandungan yang perlu diperhatian sesuai dengan umurnya. Jujur lupa kapan terakhir pake lotion anti nyamuk, sekarang aku lebih sering pake minyak balur atau body lotion dan cukup ampuh juga buat terhindar dari gigitan nyamuk.

    BalasHapus
  19. Waaah, terimakasih dok jadi menambah pengetahuan ini. Maa shaa Allah menerapkannya pun harus pakai ilmu karena semua ada standar normalnya, ga bisa digeneralkan.
    Sebenarnya jarang banget belanja lotion anti nyamuk, jadi penasaran nanti kalo ke tempat belanja mau intip kandungannya. Kandungan DEET ada di bagian ingredients produk ya dok?

    BalasHapus
  20. Langsung cek komposisi lotion anti nyamuk di rumah dong. Makasih ya, dok, jadi punya pengetahuan baru ni soal lotion anti nyamuk. Ini salah satu hal yg penting bgt kalo ajak anak2 bepergian outdoor.

    BalasHapus
  21. Wah makasih banyak dok. Anakku dari bayi ganti2 lotion anti nyamuk terus karena ga cocok masih digigit nyamuk aja. Kalau yg skrng cocok tapi ga tau ada kandungan DEET nya atau gak ya dok kalau mau lihat atau membedakannya gimana dok?

    BalasHapus
  22. Pantesaan, Dok. Mbak iparku yang perawat say no tenan pake lotion anti nyamuk buat anak2nya. Lebih milih minyak telon sih dok. trnytaa emang g boleh sembrangan pilih ya,

    BalasHapus
  23. Terima kasih rekomendasinya dok. Anak saya kerap digigit nyamuk sampe pusing saban hari ada aja yg bentol hiks

    BalasHapus
  24. Aku tim anti sama lotion nyamuk krna bikin kulit kering nih dok, sedih punya kulit sensitif. Jadi klo aktifitas outdoor seringnya donor darah deh ke nyamuk. Ada rekomendasi lotion anti nyamuk buat kulit sensitif ga dok?

    BalasHapus
  25. Dok, apakah hal sama dengan lotion antinyamuk ini juga berlaku untuk parfum dan krim-kriman wangi untuk bayi? Itu kan juga banyak kandungan zat dengan rantai kimia panjang yang kurang elok untuk bayi. Terima kasih banyak loh dok ini tulisannya sangat edukatif.

    BalasHapus
  26. Wawasan baru buat ku dok, aku bakal ingat, rumus baru buat pilih lotion anak, pokok yang mengandung DEET dan tidak cocok buat bayo usia 2 bulan. JAdi pengen tanya, kalau orang berdarah O apa berpotensi sering digigit nyamuk dok ?, pasalnya serumah dalam atap yg sama, seringnya aku yg dpt gigitan nyamuk paling banyak,kwkwkw

    BalasHapus
  27. Dulu waktu anak-anakku masih bayi, aku gak pernah ngasih lotion antinyamuk. Palingan olesin minyak telon dan kayu putih aja. Walopun kurang efektif. Gak tahu, aku parno kayaknya. Takut kalo kejilat obat nyamuknya. Tapi ada ya yang aman untuk bayi dan anak. Kudu tahu nih para orang tua masa kini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, buat anak gak boleh coba-coba, kan? Ikuti terus blog dokter taura ya

      Hapus
  28. Dokter dan ayah yang care terhadap anak, lotion untuk mencegah gigitan nyamuk saat aktifitas dalam maupun luar rumah diperlukan agar nyaman dari bentol dan gatal. Kegiatan perkemahan menggunakan dan berbekal lotion Deep membantu aktifitas tetap naman

    BalasHapus

Posting Komentar